Ini Cara Menyajikan Susu Pertumbuhan yang Disarankan untuk Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Ini Cara Menyajikan Susu Pertumbuhan yang Disarankan untuk Si Kecil

11-01-2019

Tips Menyajikan Susu Pertumbuhan Anak

Selain makanan bergizi seimbang, susu pertumbuhan anak juga bisa Bunda berikan kepada Si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Ini karena susu pertumbuhan dilengkapi asupan protein, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan Si Kecil. 

Nah, agar manfaat susu pertumbuhan tersebut dapat diperoleh secara optimal, Bunda perlu tahu bagaimana cara menyajikan susu yang benar untuk Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Bunda perhatikan:

1. Jaga Kebersihan Tangan dan Alat

Sebelum membuatkan Si Kecil segelas susu, Bunda disarankan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik, lalu keringkan tangan menggunakan kain bersih atau tisu. Jangan lupa juga, cuci seluruh alat yang digunakan dengan bersih pakai sabun ya, mulai dari sendok, gelas, dan peralatan lainnya. Kedua hal ini dapat membantu meminimalkan penularan kuman penyebab penyakit dari tangan Bunda dan perangkat minum Si Kecil.

2. Perhatikan Suhu Air dan Takaran Susu

Pastikan air matang yang digunakan untuk membuat susu pertumbuhan anak tidak lebih dari 45oC, Bunda. Ini untuk mencegah kandungan probiotik (bakteri baik) yang terdapat di dalam susu rusak, sehingga dikhawatirkan dapat mengurangi manfaatnya.

Setelah memastikan suhu air yang digunakan sesuai dengan saran penyajian, tuang air ke dalam gelas sebanyak 190 ml. Lalu masukkan susu bubuk sebanyak tiga sendok makan. Bunda disarankan mengikuti takaran yang tertera di kotak susu ya, sebab takaran ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak sesuai usianya. Setelah itu, aduk hingga susu bubuk larut.

3. Segera Habiskan Susu 

Bujuk Si Kecil untuk segera menghabiskan susu, paling lama dalam jangka waktu satu jam setelah dibuat. Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyarankan hal ini, karena dikhawatirkan susu akan terkontaminasi bakteri berbahaya yang dapat membuat Si Kecil sakit.

Agar anak mau minum susu, Bunda dapat menyajikan susu dengan gelas bergambar kartun favoritnya. Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk memilih sendiri gelas untuk minum susunya di pusat berbelanjaan.

4. Simpan Susu dengan Baik

Tutup kemasan susu hingga rapat, lalu masukkan ke dalam toples atau wadah kering yang kedap udara. Simpan di tempat kering dan sejuk, serta habiskan dalam waktu tiga minggu. Ingatlah untuk selalu menggunakan sendok kering dan bersih setiap akan mengambil susu.

 

Yang tak kalah penting, pilihlah susu sesuai usia Si Kecil, sehingga dapat melengkapi kebutuhan asupan nutrisinya. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang mengandung vitamin (A, C, E), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta Lactobacillus rhamnosus untuk membantu optimalkan tumbuh kembangnya. Asupan nutrisi yang cukup bisa membantu menjaga Si Kecil tetap sehat. Jadi, Bunda tidak perlu takut katakan #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.

Yuk, bantu Si Kecil mendapatkan manfaat susu pertumbuhan anak secara optimal, dengan memperhatikan cara penyajian yang tepat!