Si Kecil Mogok Minum Susu? Bantu dengan Tips ini | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Si Kecil Mogok Minum Susu? Bantu dengan Tips ini

09-12-2018

Kiat Agar Anak Tidak Bosan Minum Susu Formula

 

Saat berusia lebih dari satu tahun, Si Kecil sudah mengenal beragam makanan dengan berbagai rasa baru nan unik. Meski telah memperoleh banyak asupan, sesungguhnya ia tetap membutuhkan konsumsi susu pertumbuhan. Terutama untuk menunjang pertumbuhan tulang, gigi, dan otaknya. Namun seringkali, Si Kecil menjadi cenderung picky alias pilih-pilih. Bisa jadi ia mulai bosan minum susu. Lalu, bagaimana cara agar anak minum susu formula?

Jangan Memaksakan Si Kecil Minum Susu

Menurut Dr. Ray Basrowi, MKK, Bunda sebaiknya tidak memaksakan Si Kecil untuk meminum banyak susu, bila asupan makanan padatnya tercukupi. Sebab, susu pertumbuhan merupakan pelengkap asupan gizinya. "Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Bunda juga disarankan memberikannya susu pertumbuhan yang mengandung probiotik," kata Basrowi. "Apalagi sudah banyak penelitian yang menunjukkan probiotik dapat membantu meningkatkan kolonisasi bakteri baik di saluran cerna."

Tips Menyajikan Susu untuk Si Kecil

Nah, tentu Bunda sudah mengetahui bahwa manfaat susu untuk anak itu penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Agar Si Kecil tidak bosan minum susu yang rasanya cenderung hambar, Bunda bisa memberikannya dalam bentuk penyajian berbeda. Bunda hanya perlu sedikit berimprovisasi sehingga Si Kecil juga lebih bisa menikmati susu tanpa merasa terpaksa.

  • Menyisipkan Susu Pertumbuhan dalam Makanan Si Kecil

Ini adalah salah satu cara agar anak minum susu formula . Bunda bisa menambahkan susu pada makanan kesukaan Si Kecil. Misalnya bila Si Kecil menyukai agar-agar dan puding, Bunda bisa menambahkan susu pada agar-agar tersebut. Selain rasanya lebih nikmat, Si Kecil juga dapat dengan mudah memperoleh asupan susu tanpa merasa terpaksa.

  • Berikan Produk Olahan Susu

Ada banyak produk olahan susu yang bisa diberikan kepada Si Kecil yang bosan minum susu. Misalnya saja keju, es krim, mentega, dan yogurt. Meskipun nilai kandungan gizinya tidak sebesar susu, tetapi Si Kecil tetap bisa merasakan manfaatnya. Sebelum memberikan produk olahan susu, baiknya Bunda berkonsultasi ke dokter untuk memastikan perut Si Kecil cocok dengan produk olahan susu tersebut.

  • Campur Susu dengan Buah

Jus buah dengan susu rasanya lebih lezat dan Si Kecil pasti suka. Tidak ada salahnya membuat jus pisang dengan campuran susu atau stroberi, alpukat, dan lain-lain. Selain enak, campuran ini akan lebih segar dan mengoda selera. Si Kecil bukan saja mendapat manfaat susu, tetapi juga asupan serat.

  • Kreativitas Bunda

Penyajian susu dalam makanan yang penuh kreativitas biasanya akan membuat Si Kecil tertarik menikmati susu. Misalnya menghidangkan susu dengan aneka makanan lain, seperti sereal cokelat. Bunda juga bisa membuat makanan dengan bahan susu dan memberinya nama superhero kesayangannya, sehingga Si Kecil mau menikmati susu tanpa terpaksa.

  • Cari Tempat Seru untuk Minum Susu

Lokasi minum susu yang monoton bisa jadi membuat Si Kecil merasa bosan minum susu. Jadi seringlah berganti tempat untuk menciptakan mood minum susu pada Si Kecil. Tidak ada salahnya Bunda membawa Si Kecil ke teras rumah atau duduk di taman sambil minum susu. 

Nah, beberapa cara di atas bisa Bunda coba untuk membantu Si Kecil menghabiskan segelas susunya. Dengan begitu, Si Kecil bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap hari. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  adalah susu pertumbuhan untuk Si Kecil yang telah berusia 1-3 tahun. Susu pertumbuhan hasil inovasi Nestlé Research Centre ini dilengkapi dengan vitamin A, C, E; selenium, zink, minyak ikan, omega 3, omega 6, dan Lactobacillus rhamnosus, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. 

Memastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi sesuai kebutuhannya, penting untuk membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatannya. Hal ini bisa membuat Bunda makin yakin membebaskan Si Kecil bereksplorasi di luar ruangan rumah, dengan mengatakan #IyaBoleh .

Yuk, Bunda! Dukung Si Kecil menyukai minum susu setiap hari, dengan melakukan beberapa cara agar anak minum susu formula di atas.