Parenting

Yuk, Dukung Kemampuan Bicara Si Kecil di Tahun Pertamanya!

27-08-2018

Yuk, Dukung Kemampuan Bicara Si Kecil di Tahun Pertamanya!

Salah satu tahapan penting dalam tumbuh kembang Si Kecil adalah belajar bicara dalam tiga tahun pertamanya, yakni saat otak anak berkembang dengan pesat. Perkembangan ini juga bisa jadi salah satu cara deteksi tumbuh kembang anak. Lalu, di usia berapa biasanya Si Kecil mulai mengucapkan kata? Apa kira-kira kata pertamanya? Nah, Bunda bisa mendapatkan infonya di artikel ini. Sudah siap menyimak?

Kata Pertama Si Kecil

Menurut ahli tumbuh kembang anak dari Divison Chief of Hearing and Speech at Children’s National Health System, Amerika Serikat, pada umumnya Si Kecil akan mulai mengucapkan kata pertamanya di sekitar usia 12 bulan saat ia belajar jalan.

Kata apa yang akan diucapkan Si Kecil? Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Indiana University dan Georgia Institute of Technology, menunjukkan bahwa kata-kata pertama anak terkait dengan pengalaman visual mereka, yakni apa yang paling sering dilihat Si Kecil dalam keseharian. Jadi, tak heran bila setiap hari Si Kecil selalu melihat Bunda berseliweran, ia akan mengucapkan kata “mama” sebagai kata pertamanya. Selain itu, menurut informasi dari situs parenting tepercaya Amerika Serikat, BabyCenter, memasuki usia 12 bulan, biasanya Si Kecil mampu mengatakan dua suku kata berulang seperti “dada” dan “mama”.

Saat Anak Terlambat Berbicara

Leslie Rescorla, Ph.D., Direktur Child Study Institute di Bryn Mawr College, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa sekitar satu dari empat anak mungkin saja mengalami gangguan tumbuh kembang, seperti keterlambatan bicara. Salah satu tandanya adalah di usia 2 ½ tahun ia masih berbicara dalam satu suku kata. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil, Bunda disarankan berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional untuk melakukan deteksi tumbuh kembang anak.

Melatih Si Kecil Berbicara

Membantu Si Kecil untuk mengucapkan kata pertamanya bisa dilakukan dalam berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda terapkan untuk membantu Si Kecil berbicara.

1. Bicara dengan Pelan & Jelas

Ucapkan kata per kata dengan pelan dan jelas, agar Si Kecil lebih mudah mencernanya. Cara ini cukup efektif untuk membantu Si Kecil memahami dan fokus pada kata-kata individual. Jadi, saat Bunda membacakannya sebuah buku atau menggambarkannya sesuatu misalnya, pelankan ritme dan tetap lakukan dengan perlahan.

2. Gunakan Nama untuk Menunjukkan Kepemilikan Benda

Untuk memberitahu kepemilikan benda, sebaiknya Bunda menyebutkan nama si pemilik, seperti “gelas Bunda” atau “buku Ayah”, daripada “gelasku” atau “bukunya”. Penyebutan nama ini lebih mudah dipahami dan sekaligus membantu Si Kecil mengingat orang-orang yang ada di sekitarnya.

3. Bacakan Dongeng

Mengajak Si Kecil membaca dongeng sejak kecil dapat membantunya lebih mudah mengenal dan mengingat kata-kata. Selain itu, aktivitas ini juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mendorongnya tumbuh menjadi anak yang gemar membaca.

Beberapa tips di atas bisa Bunda terapakan untuk membantu mengucapkan kata pertama Si Kecil. Untuk mendukung kemampuan bahasa buah hati, selain memberikan stimulasi sesuai dengan usianya, Bunda disarankan memberikan Si Kecil makanan sehat dan bergizi seimbang. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung protein, kalsium, minyak ikan, omega 3 & 6, dan Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang optimal.

Perlu dicatat, setiap anak bisa jadi mengalami tahapan perkembangan yang berbeda, termasuk kemampuan bicara. Supaya ia bisa tumbuh dan berkembang sesuai tahapan usianya, pastikan Bunda memantau dan melakukan deteksi tumbuh kembang anak dengan rutin memeriksakan ke Posyandu atau dokter. Yuk Bunda, dukung perkembangan Si Kecil sejak dini!