Stimulasi

Ide Ngabuburit di Rumah untuk Dukung Si Buah Hati #SiapBelajarPuasa

04-05-2021

Dancow Ide Ngabuburit di Rumah untuk Dukung Si Buah Hati #SiapJadiJagoanPuasa

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, ya Bunda. Saat ini kita memasuki bulan Ramadan yang kedua kalinya di rumah. Berpuasa seharian di rumah mungkin bisa terasa membosankan bagi Si Buah Hati. Namun, momen berpuasa di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan pentingnya makna puasa, misalnya sambil ngabuburit bersama Si Buah Hati.

 

Pentingnya Ajarkan Makna Puasa pada Si Buah Hati

Selain Si Buah Hati memang harus diajarkan untuk #SiapBelajarPuasa secara fisik, ia juga harus mengenal apa saja makna puasa dan nilai-nilai kebaikan apa saja yang bisa dilakukan selama Ramadan. Dengan edukasi hal ini, Si Buah Hati bisa belajar menahan godaan, berbagi, menumbuhkan rasa saling menolong, dan saling memaafkan. Yang perlu menjadi catatan adalah, Bunda sebaiknya mengajarkan hal-hal tersebut secara bertahap dan perlahan, tanpa ada paksaan. Pengalaman ini akan membentuk karakternya dari waktu ke waktu.

Kegiatan Seru di Rumah untuk Si Buah Hati

Nah, Bunda bisa mengajarkan makna puasa dengan cara seru lho, yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas seru di rumah yang bisa juga dijadikan kegiatan ngabuburit bersama Si Buah Hati. Mau tahu apa saja? Yuk, cek beberapa inspirasinya di bawah ini.

 

  1. Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri
    Kegiatan saat ngabuburit dapat dilakukan dengan mengajak Si Buah Hati untuk membuat kartu ucapan bisa mengasah kreativitas dan motorik halusnya. Selain itu, melalui kegiatan ini, Bunda juga bisa mengajarkan Si Buah Hati untuk jadi jagoan meminta maaf dan memaafkan kesalahan orang lain.

    Tak perlu bahan banyak untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri, Bunda bisa membuatnya dari barang-barang yang ada di rumah. Sediakan saja kertas HVS dan pensil atau krayon untuk Si Buah Hati menulis. Ajarkan Si Buah Hati dalam menyusun kalimat dan biarkan ia menulis sendiri kartu ucapannya.
     
  2. DIY Parsel Lebaran
    Selain membuat kartu ucapan, kegiatan ngabuburit yang dapat Bunda lakukan yaitu mengajak Si Buah Hati untuk membuat Parsel Lebaran sebagai salah satu kegiatan ngabuburit di rumah saat Ramadan kali ini. Bunda bisa menyiapkan makanan ringan yang bisa disusun sebagai parsel atau juga perlengkapan kebersihan, seperti masker atau hand sanitizer.

    Setelah itu ajak Si Buah Hati untuk membagikannya kepada teman, tetangga, saudara, atau bisa juga diberikan kepada anak-anak di panti asuhan. Selain menyenangkan, Bunda juga bisa mengajarkan Si Buah Hati untuk jadi jagoan dalam menghargai dan menolong orang lain.
     
  3. Membuat Dekorasi Rumah atau Kamar Selama Ramadan
    Supaya waktu berpuasa tidak membosankan dan membuat Si Buah Hati tetap bersemangat, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk membuat dekorasi Ramadan menarik saat kegiatan ngabuburit, dekorasi Ramadan tersebut bisa dipasang di rumah atau kamar tidurnya saat Idul Fitri tiba.

    Ajak Si Buah Hati membuat tulisan “RAMADAN”, dengan kertas warna-warni yang bisa ditempelkan di pintu atau di dinding rumah. Bunda juga bisa membuat hiasan gantung yang berbentuk bintang atau bulan. Kegiatan seperti ini mampu mengasah kreativitas Si Buah Hati. Aktivitas ini pasti akan menyenangkan kalau diagendakan sebagai ide kegiatan ngabuburit bulan puasa Si Buah Hati kali ini, meski hanya di rumah saja.
     
  4. Lakukan Eksperimen Sains Bersama Si Buah Hati
    Bunda, melakukan eksperimen sains sederhana merupakan salah satu cara belajar sekaligus kegiatan untuk mengisi waktu di bulan Puasa yang menyenangkan. Sebagai contoh, ajak Si Buah Hati untuk bermain gelembung sabun. Tidak hanya sekedar menciptakan gelembung, percobaan sains dengan sabun juga dapat membantu Si Buah Hati dalam memahami konsep gaya dorong dan tarik. Bunda bisa memberikan tantangan kepada Si Buah Hati untuk menjaga agar gelembung tetap mengambang di udara selama mungkin. 

 

Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Anak Belajar Puasa?

Selain kegiatan di atas, masih banyak kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa Bunda lakukan untuk ajarkan Si Buah Hati makna dan nilai-nilai kebaikan Ramadan supaya ia #SiapBelajarPuasa. 

 

Agar puasa Si Buah Hati semakin lancar dan menyenangkan, jangan lupa juga dukung Si Buah Hati dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebagai salah satu pilihan, Bunda bisa memberikan Si Buah Hato DANCOW FortiGro dua kali sehari saat sahur dan sebelum tidur. 

 

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Ketika memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak.

 

Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung proses belajar seperti seperti vitamin B1, B2, B3, B6, serta omega 6 dan DHA (khusus varian Instant kemasan box); kandungan nutrisi pendukung daya tahan tubuh seperti zat besi, zink, vitamin A, C, & D; serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti protein dan kalsium.

 

Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat, Stroberi, dan Vanila dengan rasa yang disukai Si Buah Hati. 

 

Nah, Mau dapatkan tips lainnya untuk dukung Si Buah Hati #SiapBelajarPuasa? Yuk, cek di sini!