Parenting

Kapan Waktu Tepat Anak Belajar Puasa?

29-10-2020

Makan Bersama

Kapankah waktu tepat bagi Si Buah Hati belajar berpuasa? Tak ada ilmu yang pasti mengenai itu. Ada orang tua yang ingin anaknya belajar puasa sedini mungkin, namun tak sedikit yang takut dan kasihan jika anaknya belajar puasa di usia dini karena khawatir dengan pertumbuhannya. Berikut ada beberapa hal yang dapat membantu Ayah dan Bunda mempertimbangkan kapan sebaiknya Si Buah Hati mulai belajar berpuasa.

Saat Buah Hati Sudah Siap

Siap yang dimaksud adalah bahwa ia sudah siap secara fisik yaitu sehat dan tidak sedang sakit, serta siap psikis di mana Si Buah Hati sudah menunjukkan minat dan keinginan untuk mencoba berpuasa mengikuti teladan Ayah dan Bunda.

Mengikuti Ketentuan Agama

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa seorang anak tidak wajib berpuasa sampai ia balig atau cukup umur. Biasanya seorang anak baru balig di sekitar usia 10-13 tahun. Namun begitu, alangkah baiknya jika Si Buah Hati belajar berpuasa jauh sebelumnya, karena dengan begitu ia sudah terbiasa dan paham dengan baik makna dan pentingnya berpuasa Ramadan saat waktunya tiba.

 

Berpatokan Pada Usia

Kisaran usia yang cocok bagi Si Buah Hati untuk belajar berpuasa adalah usia 5-6 tahun, yaitu bersamaan dengan usia Si Buah Hati mulai sekolah. Di usia tersebut diharapkan ia sudah menunjukkan 10 Tanda Siap Sekolah dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sehat secara fisik, mengenali konsep dasar, memiliki minat belajar dan mampu mengendalikan emosi.

Saat tiba waktunya Si Buah Hati belajar puasa, pastikan Bunda selalu memberikannya DANCOW FortiGro yang mengandung nutrisi lengkap dengan rasa nikmat dan gula 25% lebih rendah agar Si Buah Hati lebih kuat menjalani ibadah puasa pertamanya.