Stimulasi

4 Aktivitas Simple Rangsang Kecerdasan Si Kecil

05-09-2018

4 Aktivitas Simple Rangsang Kecerdasan Si Kecil

"

Pada tahapan usia 1+, anak-anak mengalami perkembangan paling cepat dalam kehidupannya, sehingga menjadi periode paling ideal untuk memberikan stimulasi. Mardi Lucich, MD, praktisi kesehatan sekaligus penulis konten kesehatan anak di California Childcare Health Program, menyebutkan walaupun memiliki laju perkembangan yang berbeda-beda, semua menunjukkan kemajuan dalam bidang pertumbuhan fisik, kemampuan kognitif, dan pertumbuhan emosional.

Ayah dan Bunda tidak perlu membeli peralatan khusus atau mengikuti kurikulum yang direncanakan, untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Cukup lakukan empat aktivitas sederhana ini aja lho.

Bermain

Si Kecil biasanya mengalami proses belajar yang optimal lewat permainan. Bermain memberikan kesempatan untuk bereksplorasi, mengembangkan daya imajinasi, dan kreativitas yang penting untuk perkembangan kecerdasannya. Menurut Stan Tian, praktisi kesehatan juga penulis banyak artikel kesehatan di Health Guidence Organization, bermain juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan mengatur tingkat emosi. Ayah dan Bunda tidak harus menyediakan permainan yang rumit dan modern, cukup luangkan waktu dan libatkan diri untuk bermain bersamanya.

Membaca Buku

Membaca buku bersama si Kecil biasanya hanya dilakukan sebagai ritual pengantar tidur. memperkenalkan anak-anak sejak dini ke dunia sastra dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kemampuan bahasa, memperkenalkan seni dan budaya, serta mengajarkan nilai-nilai budi pekerti. Walaupun belum bisa mengikuti alur ceritanya, ia akan menyukai gambar-gambar dan suara yang lembut saat membacakan cerita, sehingga menjadi cara yang bagus untuk memperkuat ikatan emosional orang tua-anak.

Ajak Mengobrol

Walaupun kemampuan bahasanya masih terbatas, ajak si Kecil berbicara menggunakan suara lembut, berbagai kosakata, dan banyak ekspresi. Lakukan setiap saat Ayah atau Bunda sedang bersamanya, misalnya saat menyuapi makanan, memandikan, atau berjalan-jalan ke taman. Melalui kata-kata, cerita, dan bahkan lagu akan merangsang kemampuan berbicaranya, menunjukkan bagaimana harus mengatur emosi atau cara bersikap, dan juga mengajarkan kemampuan penyelesaian masalah.

Menyentuh

Menggendong dengan lembut atau berpelukan merupakan salah satu contoh menyentuh si Kecil. Perlu diingat bahwa mandi, mengganti popok, dan memberi makan juga merupakan kesempatan untuk saling bersentuhan dan melakukan kontak mata. Sentuhan penting untuk perkembangan si Kecil, karena menjadi cara pertama untuk mengekspresikan cinta Bunda dan Ayah, serta menjadi sumber kenyamanan.

Cara-cara sederhana ini dapat meningkatkan kedekatan orang tua dan si Kecil, sekaligus mengasah kecerdasannya secara optimal.

"