Nutrisi

Ragam Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

15-06-2022

Ragam Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

Si Buah Hati yang berusia 1-3 tahun sedang dalam masa eksploratif. Di usia ini, ia akan lebih sering ‘bersentuhan’ dengan berbagai mikroorganisme yang dapat membuatnya sakit.

Itu sebabnya penting bagi Bunda untuk memberikan makanan bernutrisi lengkap dan seimbang, terutama nutrisi untuk daya tahan tubuh untuk melindunginya dari serangan penyakit.

Jenis nutrisi seperti apa yang ia butuhkan untuk daya tahan tubuhnya dan bagaimana cara mendapatkannya?

Pentingnya Sistem Imun untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Status nutrisi si Buah Hati yang kurang baik menjadi faktor risiko baginya untuk rentan terjangkit infeksi. Imunitas tubuh erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan nutrisi anak yang berpengaruh langsung terhadap status gizi dan daya tahan tubuhnya.

Jika asupan nutrisiya tidak cukup dan seimbang, maka sistem imun tubuh tidak berfungsi dengan baik. Si Buah Hati menjadi sering sakit, bahkan dapat terjangkit penyakit menular berbahaya yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Ini pentingnya ia mendapatkan nutrisi untuk kekebalan tubuh dalam asupan makanannya sehari-hari.

Baca Juga: Makanan untuk Balita Tak Boleh Asal Kenyang, Harus Tinggi Gizi!

Nutrisi Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Guna memperbaiki status gizi si Buah Hati, berikan asupan makanan dengan komposisi gizi yang tepat dari segi jumlah, jenis, maupun frekuensinya. Pemberian gizi perlu mencakup asupan zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral). Berikut zat gizi yang untuk mendukung fungsi sistem imun si Buah Hati:

  • Zink. Meningkatkan imunitas tubuh dan membantu melawan penyakit menular berbahaya seperti diare, pneumonia, dan malaria.
  • Zat besi. Selain memiliki tugas untuk mendukung sistem tubuh, zat besi juga sangat penting dalam perkembangan motorik dan kognitifnya. Anak-anak dan ibu hamil umumnya rentan mengalami kekurangan zat besi.
  • Vitamin A. Berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mendukung fungsi sistem imun. Anak dengan defisiensi vitamin A dapat mengalami kebutaan dan ancaman meninggal akibat penyakit menular berbahaya seperti campak atau diare.
  • Vitamin C. Berperan melawan infeksi dan sangat penting dalam pembentukan sel-sel saraf di otak, juga kolagen, protein penting yang ada di kulit.
  • Vitamin D. Meningkatkan fungsi sistem imun serta membantu penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.
  • Prebiotik. Sumber makanan bagi bakteri baik yang tumbuh di dalam saluran cerna si Buah Hati. Prebiotik adalah karbohidrat yang tak dapat dicerna oleh tubuh dan dimanfaatkan oleh bakteri baik untuk berkembang biak.

Sumber Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh

Pada usia toddler, si Buah Hati umumnya mengalami masa sulit makan atau melakukan GTM (gerakan tutup mulut). Untuk mengatasinya, Bunda perlu memberikan menu makanan bervariasi, baik dari segi tampilan maupun rasa, tapi tetap memperhatikan aturan makan yang benar. Berikut adalah beberapa sumber makanan dengan nutrisi untuk daya tahan tubuh si Buah Hati:

  • Zink: tiram, kepiting, kacang polong.
  • Zat Besi: tiram, kacang putih, bayam.
  • Vitamin A: hati, susu, ikan, sayuran kaya akan karotenoid seperti wortel, ketela, dan bayam.
  • Vitamin C: buah-buahan sitrus, paprika, sayuran hijau.
  • Vitamin D: selain pada sinar matahari, vitamin ini dapat ditemukan pada minyak ikan dan susu (fortifikasi).
  • Prebiotik: banyak ditemukan pada buah-buahan (seperti apel, pisang, buah berry), sayuran (asparagus, sayuran hijau lainnya, bawang), serta biji-bijian utuh (whole grains). 

Bunda juga dapat memberi si Buah Hati susu pertumbuhan yang telah diperkaya dengan berbagai nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh Si Buah Hati. Dancow 1+ Nutritods adalah susu yang diformulasikan untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium dan protein, minyak ikan, Omega-3 dan Omega-6, serat pangan inulin, mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus. Oleh karena itu, yuk, bantu lindungi langkah ekspolasi Si Buah Hati!

Bantu perkuat sistem imun si Buah Hati dengan memberinya nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh, serta selalu memastikan kebersihan diri serta lingkungannya selalu terjaga.