Nutrisi

Bunda, Ini Pentingnya Memberikan Susu Sesuai Tahap Perkembangan Anak

12-08-2021

Bunda, Ini Pentingnya Memberikan Susu Sesuai Tahap Perkembangan Anak

Bunda, di masa pembelajaran dari rumah seperti saat ini, bisa jadi membuat Si Buah Hati menghadapi tantangan baru. Nah, untuk terus mendukung proses belajarnya agar ia siap sekolah, Bunda perlu memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Salah satunya, bisa didapatkan dari susu seperti DANCOW FortiGro. Tapi tahukah Bunda, memberikan susu itu harus sesuai tahapan perkembangan anak, lho. Kenapa ini penting? Lantas, kalau begitu susu DANCOW FortiGro untuk usia berapa, ya? Simak info lengkapnya di sini.


Pentingnya Minum Susu Sesuai Tahap Perkembangan Anak

Bunda, kebutuhan nutrisi anak usia Sekolah berbeda dengan anak di usia yang lebih muda. Di usia ini Si Buah Hati butuh asupan nutrisi sebagai pendukung dalam proses belajar juga untuk beraktivitas. Tim peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat, menemukan hubungan antara kurang cukupnya nutrisi dalam tubuh Si Buah Hati dengan kemampuan kognitif, akademis, dan juga kondisi psikososialnya. Ini artinya, Bunda direkomendasikan untuk penuhi kebutuhan nutrisi anak tiap harinya supaya ia siap sekolah. Sejumlah nutrisi tersebut bisa didapatkan dari susu.

 

Susu merupakan sumber Energi, Protein, dan mikro nutrien penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Tapi, disarankan Bunda pilih susu yang sesuai dengan tahap perkembangan Si Buah Hati, ya. Berikut ini adalah beberapa alasannya.


1. Supaya Kebutuhan Gizi Si Buah Hati Tercukupi

Semakin bertambah usia, kebutuhan gizi anak pun akan semakin bertambah. Itu sebabnya, Bunda perlu memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro Si Buah Hati di tahapan usianya. Pada usia Sekolah setidaknya ia membutuhkan asupan Protein sekitar 25 gram, Lemak 50 gram, Karbohidrat 220 gram, dan Serat 20 gram. Sedangkan, untuk kebutuhan mikro nutriennya, anak usia Sekolah membutuhkan Vitamin A sekitar 450 mikrogram, Vitamin D 15 mikrogram, Vitamin E 7 mg, Vitamin K 20 mikrogram, Vitamin B12 1,5 mikrogram dan Vitamin C 45 mikrogram.  Takaran tersebut merupakan kebutuhan gizi harian anak usia sekolah sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI.

 

Nah, semua kebutuhan nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan juga dilengkapi dengan susu. Penelitian dari Nestlé Nutrition Institute mengungkapkan bahwa, anak yang minum susu mendapatkan asupan mikro nutrien yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang tidak minum susu. Di antaranya nutrisi seperti Zat Besi, Zink, Tiamin, Vitamin B6, C, D, dan E. 


2. Dapat Mendukung Aktivitas Si Buah Hati Seharian

Setiap varian susu tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan energi anak Sekolah. Jumlahnya, yakni sekitar 1.440 kkal. Susu untuk anak usia sekolah juga ada yang dilengkapi Vitamin B1, B2, B3, dan Kolin yang dapat mengubah Karbohidrat menjadi Energi. Sehingga, Si Buah hati bisa tetap aktif saat sekolah dan bermain. Informasi tentang kandungan gizi dan kalori/energi pada produk susu dapat Bunda temukan di kemasan bagian samping. Pastikan Bunda mengecek terlebih dahulu, ya!


3. Membantu Proses Belajar Si Buah Hati

image

 

 

 

Susu untuk anak usia Sekolah ada yang sudah dilengkapi dengan Omega 6 dan Minyak Ikan, yang kandungannya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhannya untuk dukung kemampuan berpikir anak saat belajar. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti Zat Besi, Vitamin, dan Mineral, juga sudah disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak Sekolah. Menurut penelitian, kekurangan Zat Besi, Vitamin dan Mineral dapat menghambat kemampuan kognitif dan konsentrasi Si Buah Hati saat belajar.

 

Baca Juga: 6 Kunci Tetap Asyik Belajar di Rumah untuk Si Buah Hati

4. Dukung Si Buah Hati Tumbuh Optimal

image

 

Susu juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak usia Sekolah agar ia dapat tumbuh dengan optimal. Tentu kebutuhan ini tidak sama dengan kebutuhannya sewaktu ia masih di tahap usia sebelumnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, asupan susu dapat memengaruhi tinggi badan anak. Sebab, susu mengandung Kalsium dan Fosfor yang diperlukan dalam pembentukan tulang dan pertumbuhan anak. Adapun, anak usia Sekolah dikatakan pendek bila tinggi badannya kurang dari 106,1 cm untuk anak laki-laki dan 104,9 cm untuk anak perempuan, berdasarkan studi WHO.

 

Nah, itu tadi alasan kenapa Bunda harus pilih susu yang sesuai dengan tahapan usia anak. Untuk bantu penuhi nutrisi Si Buah Hati Bunda dapat memberikannya segelas susu DANCOW FortiGro.

 

DANCOW FortiGro adalah susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia sekolah 6-12 tahun. Karena ketika memasuki usia Sekolah kebutuhan nutrisinya berbeda dibandingkan tahapan sebelumnya. DANCOW FortiGro mengandung Vitamin dan Mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental serta mendukung imunitas anak. Di dalam segelas susu DANCOW FortiGro mengandung nutrisi untuk dukung imunitas seperti Zat Besi, Zink, Vitamin A, C, & D; kandungan nutrisi untuk dukung proses belajar seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, serta Omega 6 dan Minyak Ikan (khusus varian Instant kemasan box); serta kandungan nutrisi untuk membantu pertumbuhan seperti Protein dan Kalsium. Kandungan susu DANCOW FortiGro yang lengkap ini dapat bantu penuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga dan juga aman dikonsumsi. Kini tersedia dalam 3 macam varian yaitu Instant, Cokelat, dan Full Cream. Selain itu juga, DANCOW FortiGro dilengkapi dengan kemasan UHT siap minum rasa Cokelat dan Stroberi yang praktis dikonsumsi ketika di sekolah atau dalam perjalanan.

 

Bunda, semoga dengan membaca info di atas, Bunda lebih paham kenapa harus memilih susu yang sesuai tahapan perkembangan anak dan dapat mencari tahu informasi tentang susu DANCOW FortiGro untuk usia berapa. Yuk Bunda, terus dukung Si Buah Hati siap sekolah!