FAQ FESTIVAL MENGGAMBAR NASIONAL

DANCOW FORTIGRO 2023

A. Syarat Awal Kepesertaan

1. Pertanyaan:

Bila saya merupakan warga negara asing tetapi anak saya bersekolah di Indonesia (bukan sekolah asing), apakah masih diperbolehkan mengikuti kegiatan ini?

Jawaban:

Peserta boleh mengikuti kegiatan ini, jika salah satu orang tua memiliki KTP atau berkewarganegaraan Indonesia. Namun, bila kedua orang tua peserta merupakan warga negara asing, maka tidak boleh mengikuti kegiatan ini.

2. Pertanyaan:

Anak saya berusia 5 tahun, tetapi sudah kelas 1 SD. Apakah anak saya dapat mengikuti kegiatan ini?

Jawaban:

Tidak terdapat batasan umur pada Festival Menggambar Nasional. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini merupakan murid Sekolah Dasar kelas 1-6 atau setara pada saat Periode Pendaftaran (unggah karya) 11 Juli – 30 September 2023.

3. Pertanyaan:

Bila saya sudah memiliki akun Dancow Parenting Center, apakah saya tetap harus membuat akun lagi?

Jawaban: 

Tidak perlu. Bunda/Ayah dapat klik tombol ‘login di sini’ dan memasukkan alamat e-mail dan password yang terdaftar seperti biasa. Setelahnya, Ayah/Bunda dapat mengunggah karya Si Buah Hati.

4. Pertanyaan:

Jika saya memiliki lebih dari satu (1) anak dan keduanya ingin mengikuti kegiatan ini, apakah saya dapat menggunakan akun DANCOW yang sama?

Jawaban:

Ya, Bunda/Ayah dapat menggunakan akun DANCOW yang sama. Pada bagian unggah karya, pastikan Bunda/Ayah mencantumkan nama anak yang sesuai dengan karya yang dibuatnya. Namun, pastikan bahwa kode unik yang diunggah berbeda pada setiap anak dan gambar yang diunggah (1 (satu) kode unik berlaku untuk mengunggah 1 (satu) karya).

5. Pertanyaan:

Selain anggota keluarga, apakah saya boleh mendaftarkan keponakan saya/murid saya sebagai pendamping

Jawaban:

Kami menyarankan agar peserta didaftarkan langsung oleh orang tua peserta. Namun, jika terdapat situasi khusus yang tidak memungkinkan, proses pendaftaran dapat diwakili oleh pendamping yang berusia di atas 18 (delapan belas) tahun yang memiliki relasi dengan peserta, seperti tante, om, guru, dan lain sebagainya. Jika karya Si Buah Hati terpilih sebagai salah satu dari 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik, maka kami akan melakukan validasi lebih lanjut sesuai yang tertera pada Syarat & Ketentuan Bab F “Ketentuan Pemilihan Karya Terbaik” No. 4 (empat). 

B. Periode & Mekanisme Program

1. Pertanyaan:

Kapan periode unggah karya berlangsung?

Jawaban:

Periode unggah karya dibuka dari tanggal 11 Juli - 30 September 2023. Bunda/Ayah tidak dapat mengunggah karya di luar periode yang telah ditetapkan.

2. Pertanyaan: 

Bagaimana cara mendaftar Festival Menggambar Nasional DANCOW FortiGro?

Jawaban:

Untuk mendaftar Bunda/Ayah bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

a. Beli DANCOW FortiGro Cokelat 390/780g kemasan khusus

b. Daftar melalui website dancow.co.id/lombamenggambar

c. Masukan kode unik yang ada di dalam kemasan

d. Unggah hasil karya 

3. Pertanyaan:

Bagaimana saya bisa mengenali DANCOW FortiGro Cokelat 390g/780g kemasan khusus?

Jawaban:

Bunda/Ayah dapat mengenali produk DANCOW FortiGro Cokelat 390g/780g kemasan khusus, dengan cara berikut:A picture containing text, food, beverage, drinkDescription automatically generated

1. Tulisan “Lomba Menggambar Nasional” pada bagian flash ribbon.

2. Panduan 3 Langkah Mudah Pendaftaran pada bagian atas kemasan. 

3. Terdapat kode unik di balik kemasan.

4. Pertanyaan:

Apakah terdapat tema khusus pada Festival Menggambar Nasional?

Jawaban:

Ya. Ketiga kategori memiliki 1 (satu) tema yang sama, yakni “Aku Dan Kau Generasi Sehat, Kuat & Cerdas Berkarakter”, di bawah payung Kampanye Sekolah Sehat oleh Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mengajak anak usia sekolah agar hidup sehat sehingga tercipta generasi Anak Indonesia yang kuat & cerdas berkarakter. Adapun terdapat 3 (tiga) sub-tema yang dapat dipilih:

a) Aku Dan Kau Suka Makanan Bergizi (Sehat Bergizi), yang merujuk pada penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi sebagaimana tercermin pada konsep Isi Piringku.

Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Bergizi”

A picture containing drawing, animated cartoon, cartoon, clipart

Description automatically generated

b) Aku Dan Kau Suka Bergerak (Sehat Fisik), yang merujuk pada usaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal melalui berbagai permainan & olahraga yang dapat menunjang pola hidup sehat.

Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Fisik”

Karya Sehat Fisik

c) Aku Dan Kau Tumbuh Sehat & Kuat (Sehat Imunisasi), yang merujuk pada pentingnya untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap agar tercipta daya tahan tubuh kuat dan terbebas dari ancaman penyakit di masa mendatang.

Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Imunisasi”

A child's drawing of a child

Description automatically generated with medium confidence

5. Pertanyaan:

Apakah saya boleh membantu menyempurnakan karya anak saya?

Jawaban:

Karya yang dikirim merupakan hasil buatan Peserta sendiri tanpa mendapatkan bantuan atau disempurnakan oleh pihak lain (Pendamping, guru, atau pihak lainnya). 

6. Pertanyaan:

Bagaimana juri tahu bahwa karya yang dibuat Si Buah Hati tidak dibantu orang orang lain?

Jawaban:

HelloMotion Academy selaku tim juri dalam Festival Menggambar Nasional 2023 memiliki pengalaman di bidang seni & animasi sejak tahun 2004 dan telah mengurasi lebih dari ribuan karya sehingga dapat mengenali karya yang dibantu oleh profesional. Adapun, jika dibutuhkan, penyelenggara berhak untuk melakukan konfirmasi karya terhadap Peserta. 

7. Pertanyaan:

Apakah pihak DANCOW menyediakan kertas & alat gambar khusus?

Jawaban:

Penyelenggara tidak menyediakan kertas & alat gambar khusus sehingga Peserta dapat menyediakan peralatannya secara mandiri. Pastikan Peserta menggambar pada kertas (lanskap atau mendatar; disarankan menggunakan kertas gambar) dengan pensil warna dan/atau krayon. Peserta tidak diperkenankan menggunakan media gambar lainnya, selain yang sudah ditetapkan oleh Penyelenggara, seperti cat air, cat akrilik, maupun secara digital. Untuk pensil warna jenis watercolour (watercolour pencils) diperkenan untuk digunakan, tetapi pewarnaannya tidak menggunakan teknik cat air.

8. Pertanyaan:

Apa yang harus saya lakukan bila ukuran gambar yang akan diunggah di bawah 1 (satu) MB atau di atas 3 (tiga) MB? Dan apakah terdapat format khusus untuk karya yang diunggah?

Jawaban:

Bunda/Ayah, pastikan gambar yang diunggah terlihat jelas, sebagaimana yang terlihat pada tampilan preview. Apabila ukuran gambar yang akan diunggah lebih dari 3 (tiga) MB, Bunda/Ayah bisa melakukan resize gambar menggunakan aplikasi dan situs mengedit gambar untuk memperbesar dimensi gambar. Apabila foto yang diambil kurang jelas (blur), terlalu gelap, miring, dan terlipat, Bunda/Ayah bisa melakukan pengambilan foto ulang terhadap karya yang akan diunggah melalui kamera/handphone atau melalui scan. Terkait format, file yang diunggah dapat berupa JPEG dan PNG (PDF tidak diperkenankan).

9. Pertanyaan:

Apakah saya boleh mengirimkan lebih dari satu (1) karya?

Jawaban:

Peserta diperbolehkan untuk mengirimkan lebih dari satu (1) karya, dengan memasukkan kode unik yang didapatkan dari setiap pembelian DANCOW FortiGro Cokelat 390g/780g kemasan khusus. Satu (1) kode unik, berlaku untuk mengunggah satu (1) karya.

10. Pertanyaan:

Jika karya sudah diunggah, apakah saya bisa mengganti hasil karya saya dengan hasil karya lain yang saya anggap lebih baik? 

Jawaban:

Karya yang sudah diunggah tidak bisa diganti dengan hasil karya lainnya. Apabila Peserta merasa belum yakin dengan karya yang ingin diungah, karya peserta dapat disimpan terlebih dahulu melalui fitur ‘Draf’, dengan jumlah maksimal Draf 3 karya per akun. Adapun, Peserta yang ingin mengunggah karya lainnya dapat menggunakan kode unik lain yang ada pada setiap pembelian DANCOW Cokelat 390g/780g kemasan khusus.

11. Pertanyaan:

Apabila saya telah mengunggah karya dan menyadari adanya kesalahan penulisan data, apakah saya bisa membetulkannya?

Jawaban:

Karya yang sudah diunggah tidak dapat dibetulkan sehingga pastikan untuk memeriksa kembali data yang akan diunggah.

12. Pertanyaan:

Saya tidak bisa menyimpan karya anak saya sebagai Draf. Apa yang harus saya lakukan?

Jawaban:

Bunda/Ayah, tombol “Simpan Draf” hanya akan aktif jika Bunda/Ayah telah mengisi semua kolom yang ada, kecuali kode unik. Pastikan Si Buah Hati telah memiliki karya yang ingin diunggah dan judul karya yang ingin digunakan, sebelum melakukan proses unggah karya.                   

13. Pertanyaan:

Bagaimana cara mengetahui bahwa karya saya sudah berhasil diunggah?

Jawaban:

Bunda/Ayah akan mendapatkan notifikasi bahwa karya telah berhasil diunggah seperti contoh di bawah. Untuk melihat karya lainnya yang berhasil diunggah, Bunda/Ayah bisa lihat pada bagian “Galeri Karya” pada bagian “Karya yang Sudah Dikirimkan”.

14. Pertanyaan:

Apakah saya perlu menyimpan karya fisik anak saya?

Jawaban:

Ya, pastikan Bunda/Ayah menyimpan karya dalam bentuk fisik hingga akhir periode kegiatan. Apabila Peserta terpilih menjadi salah satu dari 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik, maka Peserta WAJIB mengirimkan bentuk fisik dari karya tersebut ke Jakarta sebagai salah satu syarat lolos tahapan seleksi.

15. Pertanyaan: 

Saya baru membeli DANCOW FortiGro Instant. Apakah saya dapat menemukan kode unik di balik kemasan DANCOW FortiGro lainnya?

Jawaban: 

Untuk mengikuti Festival Menggambar Nasional 2023, Bunda/Ayah hanya dapat menemukan kode unik di balik DANCOW FortiGro Cokelat 390g/780g kemasan khusus. Bunda/Ayah tidak dapat menemukan kode unik pada kemasan DANCOW FortiGro lainnya, seperti pada varian Instant, Full Cream, maupun kemasan Cokelat dalam kemasan Sachet, Box 195g, dan/atau Pouch 1kg.

16. Pertanyaan: 

Apa yang harus saya lakukan bila tidak menemukan DANCOW FortiGro Cokelat 390g/780g kemasan khusus di daerah saya?

Jawaban: 

Bunda/Ayah dapat menghubungi WhatsApp DANCOW (+62 811 1018 062) untuk mengetahui toko-toko terdekat yang menyediakan DANCOW FortiGro Cokelat kemasan khusus atau membeli pada e-Commerce kesayangan Bunda/Ayah pada akun DANCOW Official Store.

17. Pertanyaan: 

Saya tidak bisa mengunggah karya karena kode unik yang saya masukkan tidak valid, apa yang perlu saya lakukan?

Jawaban:

Bunda/Ayah, pastikan kode unik yang Bunda/Ayah masukkan berasal dari kemasan DANCOW Cokelat 390g/780g kemasan khusus (bukan dari kemasan DANCOW 1+, 3+, 5+, atau kemasan lainnya) dan belum terpakai sebelumnya. Jika Bunda/Ayah masih mengalami kendala, Bunda/Ayah dapat menghubungi WhatsApp DANCOW (+62 811 1018 062).

18. Pertanyaan:

Anak saya tidak suka DANCOW FortiGro Cokelat, tetapi ingin mengikuti kegiatan ini. Apa yang perlu saya lakukan?

Jawaban: 

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, Kegiatan Festival Menggambar Nasional 2023 hanya berlaku untuk pembelian produk DANCOW FortiGro Cokelat kemasan khusus 390g/780g dan tidak dapat digantikan dengan varian lain. Namun, DANCOW FortiGro Cokelat masih bisa dikonsumsi oleh anggota keluarga lain yang berusia 6 tahun ke atas. Sebagai informasi tambahan, DANCOW FortiGro Cokelat memiliki rasa yang enak dan bergizi. Selain itu, produk DANCOW FortiGro juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental, serta mendukung proses belajar Si Buah Hati. Yuk Bunda/Ayah, lengkapi nutrisi Si Buah Hati dengan DANCOW FortiGro! 

19. Pertanyaan:

Anak saya alergi Cokelat, tetapi dia ingin mengikuti kegiatan ini karena senang sekali menggambar. Apakah terdapat cara lain agar anak saya tetap bisa ikut kegiatan ini?

Jawaban:

Kegiatan Festival Menggambar Nasional 2023 hanya berlaku untuk pembelian produk DANCOW FortiGro Cokelat kemasan khusus 390g/780g dan tidak dapat digantikan dengan varian lain. Jika Si Buah Hati memiliki alergi Cokelat, produk DANCOW FortiGro Cokelat dapat dikonsumsi oleh anggota keluarga lain yang berusia 6 tahun ke atas. Bunda/Ayah juga dapat mengikuti media sosial DANCOW dan nantikan kegiatan menggambar lainnya dari DANCOW FortiGro!

C. Hadiah Program dan Mekanisme Penjurian

1. Pertanyaan: 

Apa saja hadiah dalam Festival Menggambar Nasional?

Jawaban:

Terdapat beberapa hadiah yang dapat Bunda/Ayah dan Si Buah Hati dapatkan dalam Festival Menggambar Nasional, yakni:

  • Seluruh pendaftar: Sertifikat elektronik.

  • 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari masing-masing kategori: Kelas animasi daring oleh HelloMotion Academy dan kesempatan hadir di Jakarta untuk memajangkan karyanya di Acara Penutupan & Penghargaan bagi 10 (sepuluh) Finalis Terbaik dari masing-masing kategori.

  • Tabungan pendidikan total 50 juta rupiah untuk 3 (tiga) 3 (tiga) Karya Terbaik dari 3 (tiga) kategori dan 1 (satu) Karya Pilihan Publik: Tabungan pendidikan total 50 (lima puluh) juta rupiah, dengan nominal masing-masing sebesar Rp5.000.000,-.

2. Pertanyaan:

Apakah anak saya bisa mendapat lebih dari satu predikat karya teApakah anak saya bisa mendapat lebih dari satu predikat karya terbaik secara sekaligus?

Jawaban:

Tidak. Satu peserta hanya dapat mendapatkan 1 (satu) hadiah utama, kecuali untuk Karya Pilihan Publik yang dipilih berdasarkan voting. Namun, jika Bunda/Ayah memiliki lebih dari 1 (satu) anak yang mendaftar Festival Menggambar Nasional, semuanya tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama. 

3. Pertanyaan:

Bagaimana proses pemilihan Karya Pilihan Publik?

Jawaban:

Pemilihan Karya Pilihan Publik akan dilakukan melalui sistem voting di website DANCOW dan hanya berlaku untuk 30 (tiga puluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari 3 (tiga) kategori. Pemilihan akan dilakukan melalui sistem voting di website dancow.co.id/kegiatanmenggambar pada tanggal 9-14 Oktober 2023 (atau pada tanggal lain yang ditentukan oleh Penyelenggara; tanggal bisa berubah sewaktu-waktu).

4. Pertanyaan:

Apakah biaya akomodasi dan transportasi ke Jakarta (pergi-pulang) ditanggung oleh masing-masing Peserta yang berhasil menjadi 30 (tiga puluh) besar?

Jawaban:

Tidak, pihak DANCOW FortiGro akan menyediakan akomodasi dan transportasi ke Jakarta bagi masing-masing Peserta dan 1 (satu) pendamping. Informasi lebih detail akan diinfokan kepada 30 (tiga puluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari ketiga kategori secara terpisah.

D. Ketentuan Pemenang, Data Pribadi & Lain-Lain

1. Pertanyaan:

Bagaimana proses pengambilan hadiah?

Jawaban:

Untuk sertifikat elektronik, peserta dapat mengunduh langsung pada website DANCOW setelah karya diunggah. Lalu untuk kelas animasi daring akan diinfokan lewat e-mail. Sedangkan tabungan pendidikan akan dikirim melalui transfer bank setelah Acara Penutupan & Penghargaan berlangsung.

2. Pertanyaan:

Apabila Peserta yang terpilih tidak bisa hadir di acara Penganugerahan Hadiah Festival Menggambar Nasional DANCOW FortiGro di Jakarta, apakah tetap berhak menjadi Peserta dengan Karya Terbaik?

Jawaban:

Peserta yang tidak bisa hadir ke acara Penganugerahan Hadiah Festival Menggambar Nasional di Jakarta akan tetap berhak terpilih dan menerima hadiah. Pihak penyelenggara akan menghubungi Peserta untuk proses pengambilan hadiah.

Syarat dan Ketentuan lengkap dapat diakses pada: dancow.co.id/S&K-festivalmenggambar atau jika Bunda/Ayah memiliki pertanyaan terkait pendaftaran, hubungi WhatsApp DANCOW (+62 811 1018 062).