Dancow Parenting Center

Home / Konsultasi / Arsip / Menanamkan Rasa Cinta Untuk Bunda pada Si Kecil itu Penting Lho! Simak...

Menanamkan Rasa Cinta Untuk Bunda pada Si Kecil itu Penting Lho! Simak Tipsnya di Sini!

Comment
Lia Falianti

Assalamualaikum,selamat siang dra.ratih Ibrahim,MM. Psi.Saya Memiliki 2 anak cowok yang besar usia 2 tahun yang kecil 6 bulan. Apa yang harus saya terapkan pada anak saya agar mempunyai rasa sayang ke ibunya? Dengan memiliki anak dengan

Ratih Aremania

siang doc,saya ibu dari Alfath (3tahun 9bulan), kami sekeluarga baru pindah dari malang ke madiun kurang lebih ^bulan, sejak pindah anak saya juga berubah dari pola makan, pola tidur, menjadi gampang marah dan menurut saya jadi manja (sebelumnya mandiri dan pemberani), awlnya sekolah mandiri tp sekarang minta ditungguin dan jadi cengeng,awalnya saya pikir memang utuh penyesuaian tapi kok sampai sekarang belum ada progress ke arah yang lebih baik, apakah anak saya stress berkepanjangan (karena dia mengutarakan jika suka tinggal di malang) bagaimana agar jagoan kecil saya bisa kembali ceria dan berani belajar dan mengeksplorasi lagi? trims doc

Erni Fatmawati

Selamat siang dokter, Saya ibu dengan 2 orang putri, 6tahun dan 2tahun.Si kakak, ingin selalu diperhatikan, bahkan ia sering membuat saya mudah marah dengan tingkahnya, untuk mencuri perhatian saya. Menurut saya, ini karena sekarang sudah ada adik, dan perhatian saya mau tidak mau harus dibagi. Sebenarnya mungkin memang perhatian saya agak berkurang, karena saya mengurus pekerjaan rumah sendiri sambil mengurus 2 anak. Jadi tentu saja jika kecapaian saya pun mudah marah. Bagaimana ya dokter, agar si kakak tahu bahwa saya tetap menyayanginya dengan situasi saat ini. Apa yang harus saya lakukan agar si kakak paham? Terimakasih sebelumnya.

liza mussadiyah

Siang bu Ratih.Anak saya perempuan usia 15bulan. Di rumah kami hanya bertiga (saya, si kecil, & suami). Tiap mau tidur saya biasakan untuk cium ayah & bunda. Tapi mengapa si kecil maunya nempel ke saya terus ya? Kalau di gendong ayah sebentar saja sudah gak mau, minta ke saya lagi.Bagaimana cara menanamkan cinta yang benar dari usia dini ? Dan juga agar cinta kepada ayah & bundanya sama.

Lia Falianti

Assalamualaikum,selamat siang dra.ratih Ibrahim,MM. Psi.Saya Memiliki 2 anak cowok yang besar usia 2 tahun yang kecil 6 bulan. Sebaiknya penerapan rasa sayang ke bunda dimulai sejak anak usia berapa bu? Apa yang harus saya terapkan pada anak saya agar mempunyai rasa sayang ke ibunya? Demikian pertanyaan saya. Terima kasih banyak atas waktunya. Selamat siang.

Meisalinda Hardynawati

Siang Bu Ratih. Anak saya berumur 4 tahun dan masih duduk di bangku TK.Dalam kesehariannya dia bersama saya di rumah sepanjang hari.Sikap sangat menyayangi mamanya sangat kental terasa.Hanya saja baru2 ini ada fenomena baru,dimana dia akan lebih manja ketika sang ayah ada dirumah dan tiba2 seperti melupakan saya mamanya.Seperti tidak akrab dan cenderung seperti marah.Itu dilakukan tiap kali ada ayahnya,tapi begitu sang ayah tidak ada dan hanya bersama saya dirumah maka sikapnya kembali normal spt biasa.Sebetulnya apa yang sedang terjadi pada si kecil?apakah ini bentuk cinta juga? Terima kasih.

Chandra Dewi Sulistyo, SE,. MS

Asalammualaikum... selamat siangdra. Ratih Ibrahim, MM. PsiAnak saya yang pertama 4 tahun dari kecil dimomong sama neneknya selagi saya berangkat kekantor... jadi kurang dekat dengan saya walaupun sehabis kerja saya selalu menyempatkan diri untuk mendekatkan dengan anak saya yang pertama.., tapi mungkin itu kurang ya dok... anak saya merasanya meskipun saya kalau weekend saya selalu habiskan waktu bersama anak saya yang pertama sehari penuh... yang saya tanyakan terkadang saya merasa ingin sekali dia bermanja manja dengan saya tapi itu tidak bisa dikarenakan anak saya lebih dekat dengan neneknya ketimbang saya apa apa maunya terkadang neneknya yang diminta anak pertama kami yang membuatkan minum susu DANCOWnya meskipun anak kami sudah bisa sendiri membuat susunya... saya salud setiap anak saya berbuat salah pasti dia minta maaf tapi aneh sepertinya hal itu pasti diulang lagi setelah dia berbuat salah dan meminta maaf... apalagi setelah anak kami yang kedua lahir sekarang anak kami yang kedua 5 bulan anak pertama kami sepertinya jeles sama dedeknya dan perasaan sayang saya selalu tertuju kededeknya meskipun saya juga menyayangi anak pertama kami dengan rasa sayang yang tidak dibedabedakan... meskipun saya tahu Menanamkan Rasa Cinta Untuk Bunda pada Si Kecil itu Penting tapi mengapa perhatian saya lebih tertuju ke dedeknya ya bund... terima kasih

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

ah kamu.tentu anakmu jadi cemburu dengan adik.waktu dia kecil, bundanya bekerja dan dia lebih banyak waktu dengan nenek. tentu si kakak jadi lebih dekat dengan nenek, karena nenek adalah figur yang familiar untuk dia. meski demikian, jangan salah, anak menyimpan kerinduan yang besaaaaaarrrr akan bundanya. hanya kagok saja, lantaran ketemunya hanya saat weekend. jika bund abilang saat dia bayi diurus bunda, si kecil kan masih terlalu kecil. dia belum mampu mengingat momen itu. sekarang saat dia mulai besar, dalam kangen kepada bunda, dia melihat bunda lebih care kepada adiknya. jadi sekarang bunda mengerti kan, mengapa si kakak cemburu pada adiknya.nah, cara menanamkan cinta kepada keduanya, adalah dengan menunjukkan cinta yang lembut itu bagaimana. sapa dong anakmu dengan sering, anak butuh dipeluk dan merasa sungguh dia disayang bundanya. anak butuh merasa dia berharga di hati bundanya. ajak anak untuk telibat bareng bersama adiknya. saat bunda menggendong adik, kakak datang, panggil kaka, peluk sekaligus bersama. dengan begitu kakak belajar, bahwa bundanya sayang juga kepada dia, dan sayang itu sama dengan kepada aidknya.

Hartaty Angzelina

Siang dra.Ratih Ibrahim mm,Psi..saya seorang ibu dengan putri 19 bulan..seiring bertambah usia dan makain pintar .Anak saya sangat dekat dengan papanya..terlebih papanya agak suka memanjakannya..Tapi akhir akhir ini saya merasa makin tersingkir..Seperti saat berangkat kerja dia gk akan mau salim jika bukan papanya duluan yang disalim..kebetulan memang kami berangkat kerja bareng..Saat ditelepon juga dia suka gk mau bicara saat saya yang telepon..tp sama papanya cerewet banget semuanya diceritain walaupun kosa katanya berantakan..Saat pulang kerja..yang disambut papanya duluan sambil lompat lompat..Tadinyasih gak begitu banget..Padahal saya sayang banget sama si kecil..bahkan untuk menambah momongan juga saya berpikir takut rasa sayang saya berkurang sama dia..Yang mau saya tanyakan kenapa ya dia lebih exited saat bersama papanya ? Bagaimana soulusi supaya dia juga berbagi sama mamanya ..? ‪#‎LIVECHATDANCOW

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

hihihijadi cemburu sama papanya ya. tenang bunda, tenanggggggg.....biarkan saja, si kecil itu dekattttttt dengan ayahnya. malah kebetulan. ajari si ayah untuk menjadi ayah super bagi putrinya. itu adalha wujud cinta bunda yang tulus kepada si kecil dan ayahnya. ayah yang dekat dengna putrinya, tidak bakalan kemana-mana. karena ia akan selalu rindu pulang ke rumah.saat mereka sedang berdua, nimbrunglah tenang-tenang. tidak perlu membangun "drama" lho ya. tapi boleh bilang ke suami, untuk mengingatkan si kecil agar syang bunda juga. lama2 dia akan senanggggggg berada bersama ayah dan bundanya dalam waktu yang bersamaan.

Hartaty Angzelina

Begitu ya bu..setelah makin mengert dia jadi pemilih..apa apa pa..gendong papa..alan alan ama papa..sampe manasin motor sama papa..Kalau untuk jadi ayah supersih sudah bu..Bersyukur punya mereka berdua..Makasih sarannya bu..

Stella Inkiriwang

Selamat siang dok, sy ibu satu org anak yg berusia 3,5thn...kalau dia nakal kadang sy suka membentaknya meskipun ngga terlalu sering. Stlh agak lama baru sy nasehati dan sy bilang kalo sy marah krn sy sayang. Sy juga sering skali memeluknya dan bilang i love you lalu dia bls. Tp kadang dia kalo melakukan kesalahan yg tidak disengaja suka agak takut dan bilang"im sorry"dgn muka menyesal, senyum kecut dan agak takut sy marah. Tp sy cm senyum dan blg gpp. Bgm menyikapinya, sy khawatir dia jd takut sm sy.. dan belakangan ini dia sering memeluk sy bbrp kali dlm sehari..apa itu maksudnya agar sy tidak suka memarahi dia ya?

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

bunda. begini ya, yang namanya balita itu memang sedang umurnya bereksplorasi, menjelajah dunia di sekitarnya. dia akan terus coba-coba, bahkan melakukan hal-halyang sudah kita larang, atau membuat jantung kita rasanya mau copot. dibutuhkan ibu yang sungguh kenal karatkeristik balita. dengna demikian bunda bisa jadi bunda yang cool.bunda yang cool, karena kenal siafat dan kondisi balitanya, akan lebih sabar dan tenang.saat anak minta maaf, beri pelukan yang hangat dong. dengan demikian anak tahu bundanya pemaaf. bukan hanya polisi galak yang hobinya memarahi dia.dia sering memeluk bunda karena dia sayang pada bundanya. jawablah cintanya dengna cinta juga, yang tulus!

Chandra Dewi Sulistyo, SE,. MS

Asalammualaikum... selamat siangdra. Ratih Ibrahim, MM. PsiSaya ibu dari 2 orang anak, yang pertama 4 tahun yang kedua 5 bulan, sebelum lahir anak ke dua saya perhatian saya selalu tertuju dengan si kakak maklum si kakak belum ada dedeknya, tapi akhir akhir ini perhatian saya terbagi 2 antara si kakak dan si dedek namun mengapa antara perhatian saya kekakak menjadi kurang ya dok... saya sepertinya lebih memperhatikan sidedek, entah merasa apa tidak ya.. si kakak setiap saya semisal membeli apa untuk si dedek pasti sikakak bertanya mama untuk mamas mana meskipun saya juga membelikan untuk kakaknya... sepertihalnya sewaktu ayahnya menggendong dedeknya yang kecil si mamas bilang ayah mamas mau gendong.. jadi saya gedong dedeknya meskipun saya lagi repot mengurus rumah tangga jadi saya sambi menggedong dedeknya... lantaran si kakak sepertinya merasa kayak tidak disayang tapi kami memberikan rasa sayang itu tidak dibedabedakan... seperti tadi pagi saya sebelum berangkat kekantor saya menyempatkan diri untuk mandikan dulu si dedek dan memberi MPASI maklum sudah 5 bulan lebih jadi saya kasi MPASI meskipun ASI saya juga saya berikan... jam sudah hampir siang saya rencananya bergegas kekantor ech.. si kakak bilang mama mamas mau mandi sama mama jadi saya bingung... jadilah saya tadi berangkat kerja jam 07:52 kekantor untuk kasih mandi sikakak dan memberi makan dulu sebelum kekantor meskipun ada ayahnya di rumah... maklumlah ayahnya berangkat siang kekantor...meskipun saya tahu Menanamkan Rasa Cinta Untuk Bunda pada Si Kecil itu Penting tapi mengapa perhatian saya lebih tertuju ke dedeknya ya bund... terima kasih

Hapsari Rias Diati

Selamat Siang,Saya memiliki anak laki-laki berusia hampir 2 tahun. Akhir-akhir ini ia memiliki sifat mudah marah, apabila marah ia selalu menangis keras sambil menyelonjorkan badanya ke lantai. selain itu, ia selalu mengikuti kemanapaun saya pergi dan tidak mau diajak orang lain sekalipun kakek dan ayahnya. pertanyaan saya1. Apakah sikap seperti ini datang karena saya selalu menuruti keinginanya dan selalu bersikap lembut padanya (tidak pernah marah ataupun bersikap tegas)2. Wajarkah apabila anak seusia ini masih selalu mengikuti saya kemanapun sampai2 saya kadang sulit ke toilet karena ia selalu berteriak memanggil nama saya3. Saat ia sedang marah, berteriak, menangis keras, dan mengguling2kan badanya, apa yang sebaiknya saya lakukan untuk berkomunikasi dan memberikan pengertian kepada dia tanpa harus marah dan bersikap tegas.4. Apakah baik apabila saya sedang marah saya berkata "nanti mama bilangin ayah lho.. nanti ayah marah lho.. " dsb.Mohon dapat diberikan jawaban dan penjelasan untuk memperkaya pengetahuan saya.Terimakasih

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

itu namanya tantrum, bunda. tantrum adalah hal yang lumrah pada anak balita. sabar saja. memang begitulah balita. saat dia tantrum, diamkan saja. bunda tetap cool. yang penting diat tidak memebahayakan dirinya. hindarkan dari benda2 berbahaya. nanti jika dia sudah tenang, baru bunda sapa dan panggil. peluk, tenangkan, jelaskan "capek ya marah2 seperti itu, elbih enak dan asik kalau tenang begini". tanya baik2 "kamu minta apa? begini cara minta yang benar kepada bundam dst dst". dengna dmeikian anak beajar untuk makin lama makin mampu mengelola emosinya secara benar.anak mengikuti bunda kemana-mana? wahhhh..... senang. itu memang umurnya mengikuti bunda. lantaran dia bukan hanya ssayang, dia butuh bundanya. karen abunda adalah segala sumber rasa aman dia. jadi tenang dan terimalah gembira. saat bunda harus ke belakang, tinggalkan anak setelah bunda yakin dia aman. jangan lama2 di kamar mandi. saat bunda keluar, bilang "na, bunda sudah kembali kan?"sudahhhh, jangan mengancam menggunakan ayahnya. bunda menghilangkan kewibawaan bunda sendiri di mata dia.

Dina Ekawati

Asslm.. selamat siang dokSaya ibu 2 org anak, yg pertama 5 thn yg kedua 3 thn kurang 3 bln. Ketika hamil anak kedua usia anak pertama 1,5 thn dan sepertinya masih ingin bermanja2 dgn minta gendong ttp krn hamil jd tdk dituruti begitu juga asi yg langsung terhenti. Dan setelah adiknya lahir awalnya terlihat sayang walopun kdg nerasa aneh krn sekama ini sendiri lalu ada adik yg menurutnya lebih disayang. Karena saya juga bekerja terkadang ketika lelah dan sedikit emosi aplgi melihat mereka bertengkar lalu saya marah..Namun setelahnya saya lalu mikir setiap selesai marah saya takut itu berpengaruh pda pribadi anak, yg takut dan jauh dgn saya. Apa yg mesti saya lakukan ya dokTrima kasih

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

sekarang belajar untuk jadi bunda sabar. bunda sabar yang ikhlas menjadi bunda untuk anaknya. jika jengkel sekali, masuk kamar mandi. bikin time out. kalau perlu mandi sambil berdoa agar tenang dan pikiran menjadi jenrih kembali. baru kembali kepada si kecil berdua saat bunda sudah tenang dan "waras". baruuuuulah, anak2 dua itu bunda beri nasehat.sy mengerti mengurus anak itu melelahkan. tapi yang kepingin punya anak kan bunda sendiri. jadilah bunda yang sehat. makanyang betul, istirahat diupayakan cukup. libatkan asisten rumah tangga, untuk menbatu, jangan lupa libatkan bapaknya. turunkan standar sedikit agar bunda tidak frustrasi oeh standarmu sendiri. dan jadilah bunda yang lebih ceria.masa balita itu cuma sbentar. ini saatnya menorehkan warna ceria dalan hidup anakmu

Ika Nursamsiah

Selamat siang,saya ibu dari Zidan ( 3 tahun ) . Seperti apakah rasa cinta anak untuk bunda itu? Jika dirumah Zidan nempeel terus sama saya. Jika ditinggal kedapur saja diikutin. Ke kamar mandi kadang masih menangis. Dia hanya bisa lepas ketika main sama teman-temannya atau ayahnya. Apakah masih wajar seperti itu,padahal saya sudah memberi pengertian padanya. Terima kasih.

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

itu wajarrrrrrrrrrrrr....sudah, biarkan saja anaknya ikuttttt, jadi buntut bunda kemana-mana. anak sedang belajar membangun attachment kepad abundanya. diisi saja dengan sayang dan penuh pemahaman akan karaktereistik balita yang memang seperti itu. sbentar lagi dia besar, dia akan lebih sibuk dnegna teman2nya. nanti giliran bunda yang galau, karena si kecil sudah tidak mau dengna bunda.

Marianne Martasapoetra

ass.dokank sy 16bln.ahr2 ini sering mnangis kncang bila ingn sesuatu.klo sy gendong kdg smkin kencang nangis ny.gmn cara mnyikapi ny y.sy takut ank sy jd tkut kpd sy. trmksh

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

saya mengerti betapa bingungnya bunda.caranya mudah sebetulnya, bunda.gendong saja anaknya dengan tenang. bunda tenang2 saja, meskipun dia menangis keras dan kejer. bunda yang tenang akan membuat anak jadi tenang.cek, apakah dia haus, atau sakit, atau demam.yang penting bunda tenang..agar tenang : berdoa. agar segala yang baik melindungi si kecil dan sekeluarga

ratika elsa

Assalamualaikum wr.wbselamat siang doksaya mau konsultasi hal yg mgkn sebenarnya sepele tapi cukup mempengaruhi karakter anak nantinyaBagaimana menyikapi seorang anak kebetulan dia adalah anak tetangga saya yang berumur 4tahun yang suka berlebihan/berbohong tentang yang terjadi (dialami). Padahal mayoritas anak anak selalu jujur..trims

dra. Ratih Ibrahim, MM. Psi

well, mungkin sebetulnya dia bukan berbohong, tetapi berkhayal. daya imajinasinya sedang berkembang luar biasa. dengan tenang, diajak bicara saja, tanya2 saja sampai kita mengerti daya imajinasinya berkembang ke mana saja. bergembiralah berkhayal bersama dia

semesta alamia

Assalamualaikum...selamat siang...Saya ibu dari 2 anak,anak pertama saya sekarang 2 th yg kedua 6 bulan. Sejak hamil anak kedua,waktu itu usia anak pertama saya 1 tahun,sejak itu perlahan lahan anak pertama dipisahkan tidur dari saya oleh neneknya karena lepas ASI dikarenakan hamil (pisah rumah). Sampai masa kehamilan saya jarang tidur sama anak pertama saya dan jarang main alasannya neneknya biar ga terbiasa sama ibunya ato minta gendong soalnya lagi hamil kasian. Saat itu saya tidak berfikir macam2,tapi sejak saya melahirkan saya ngrasa anak pertama saya kayak jauh gitu sama saya, kalo dinasehatin bundanya kadang ga didengar ato pas lagi mau tidur juga ga mau mintanya sama neneknya,kadang saya ngrasa sedih,dan lagi sekarang ada adiknya kadang dia suka gigit ato mukul adeknya karena mungkin dia iri ato kurang perhatian dari saya. Yang mau saya tanyakan, bagaimana agar anak pertama saya bisa dekat lagi dengan saya sebagai bundanya dan adiknya?walaupun skarang saya sudah berusaha mencurahkan perhatian ke dia,terima kasih...

elva dhona

Assalanualaikum...Saya ibu dari 2 orang anak,anak yg besar laki-laki usia 3,6 th dan anak kedua saya usia 6 blan...Sblm si adik lahir,cinta dan kasih sayang saya hny tercurah utk ny,tp sejak ad si adik saya harus berbagi kasih sayang yg sama besarny...Ttp terkadang si kakak blum bs mnerima kl skrg dia tlah mmpunyai seorang adik,terkadang saya memarahiny ketika sifat manjany atw rasa iri kpd si adik muncul...Yg ingin saya tnyakan bagaimana sikap saya kepada si kakak agar dia sedikit lbh mngerti kalau dia skrang tlh mnjadi seorang kakak tnp mengurangi rasa cinta dan sayang saya kpd ny...Trimakasih sblumnya...