Dancow Parenting Center

Home / Simsalabim, Cara Membuat Kaos Kaki Jadi Boneka Tangan Lucu!

Apr 07, 2015

Simsalabim, Cara Membuat Kaos Kaki Jadi Boneka Tangan Lucu!

Share Article ini

Boneka tangan memang disukai si Kecil untuk dimainkan. Selain dapat melatih imajinasi dan kreativitasnya, permainan edukatif untuk si Kecil ini juga bisa membantu perkembangan bahasa dan berbicaranya lho Bunda. Hayo, siapa yang tidak mau si Kecil tumbuh cerdas dan pandai bicara?

Nah, pastinya mau kan perkembangan si Kecil selalu mendapat dukungan serta stimulasi yang tepat dari Bunda maupun Ayah? Kali ini, yuk Bunda ajari si Kecil cara membuat boneka tangan. Permainan edukatif untuk si Kecil nggak selalu harus mahal dan membeli di toko kok, Bunda. 

Sebelumnya siapkan dulu ya bahan-bahan berikut ini untuk membuat boneka tangan dari kaos kaki bekas di rumah.

Bahan:

  1. Dua kaos kaki bekas (polos dan bermotif)
  2. Empat buah kancing bekas
  3. Dua gulung benang wol warna kuning dan coklat
  4. Gunting
  5. Lem

Setelah bahan-bahan di atas sudah Bunda siapkan, sekarang saatnya mengajak si Kecil untuk melihat dan ikut serta dalam pembuatan boneka tangan ini. Siap?

  1. Ambil kaos kaki bekas yang masih dalam keadaan bersih. Kemudian di ujung (tepatnya di bagian jari kaki, pasang dan tempelkan dua buah kancing bekas untuk membuat mata boneka menggunakan lem.
  2. Ambil benang wol, ukur dan sesuaikan panjangnya untuk digunakan sebagai rambut boneka. Misalnya potong benang wol dengan ukuran 12 cm sebanyak 50 helai atau sesuai selera. Kemudian satukan dan ikat di tengahnya.
  3. Tempelkan benang wol yang sudah diikat menjadi satu di bagian atas sebagai rambut.
  4. Minta si Kecil menempelkan bagian mata atau rambut boneka dan membantu Bunda menyelesaikan boneka tangan ini.
  5. Lakukan hal yang sama pada kaos kaki sisanya.

Setelah Bunda menunjukkan cara membuat boneka tangan dari kaos kaki bekas kepada si Kecil, sekarang saatnya Bunda menunjukkan kepadanya bagaimana seolah-olah boneka itu bisa berbicara. Masukkan tangan Bunda ke dalam kaos kaki. Ajak si Kecil memainkan boneka tangan satunya dan dorong ia untuk memainkannya. Misalnya saja, dimulai dengan berkenalan, minta ia memberi nama kedua boneka tangan itu sesuai imajinasinya.

Selain itu, Bunda juga bisa melatih kemampuan sosialisasi dan mandirinya lho lewat permainan edukatif untuk si Kecil ini. Caranya? Minta ia memainkannya dengan teman-temannya selain bermain sendiri. Bagaimana Bunda? Hanya dengan memanfaatkan bahan bekas, banyak manfaat bisa Bunda perolah kan? Yuk lihat ide selanjutnya dari kami biar permainan ini bisa lebih menyenangkan untuk si Kecil.