Home / Cara Mudah Menghafal dengan Dukungan Makanan Bergizi

Semakin Mudah Menghafal Berkat Makanan Bergizi

Aug 27, 2015

Cara Mudah Menghafal dengan Dukungan Makanan Bergizi

Share Article ini

Kemampuan dan cara mudah menghafal diperoleh dari seberapa sering membaca dan belajar. Selain itu, asupan nutrisi juga bisa membantu meningkatkan daya ingat. Beberapa pilihan makanan bergizi penunjang daya ingat Si Kecil, dapat disimak berikut ini.

Jika ada yang mengatakan sarapan adalah makanan terpenting sepanjang hari, itu tidak salah. Terril Bravender, PhD, profesor medis di Duke University menekankan perlunya sarapan untuk membantu proses belajar, meningkatkan kemampuan memori, dan atensi. Asupan nutrisi membantu meningkatkan daya ingat si Kecil. Yuk, kenali makanan apa saja yang dapat menunjang kemampuan menghafal di sekolah.

Alpukat

Mulailah setiap hari dengan campuran makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi dan lemak yang bermanfaat untuk memberikan energi agar dapat beraktivitas sepanjang hari. Alpukat yang disajikan dengan susu dan produk olahannya seperti yogurt, menyediakan asam lemak tak jenuh yang menstimulasi kelancaran peredaran darah.

Biji-Bijian

Cobalah memasukkan biji bunga matahari atau biji wijen ke dalam menu harian si Kecil. Bunda dapat melakukan aksi cerdas dengan memanfaatkannya sebagai kudapan sehat, mencampurkannya dalam smoothies, atau menaburkannya di atas salad. Selain mengandung banyak protein, lemak baik, dan vitamin E, biji-bijian juga kaya antioksidan dan magnesium, mineral.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki nutrisi seperti protein. Selain itu, sejumlah serat dan lemak baik, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat komplek yang dipecah perlahan menjadi glukosa, sehingga menjamin ketersediaan energi untuk bermain dan bereksplorasi sepanjang hari. Tubuh si Kecil yang bertenaga tentunya dapat menyerap pelajaran dengan lebih baik dan mampu mengasah kemampuan memori. Jadikan kacang-kacangan sebagai kudapan bergizi atau taburkan di atas oatmeal, salad, maupun pasta yang membuat citarasanya makin lezat.

Tuna

Selain menjadi sumber omega-3, tuna menyediakan kandungan vitamin B6 yang berkaitan langsung dengan peningkatan daya memori dan menjaga kesehatan otak jangka panjang. Bunda dapat menyajikan sajian tuna ini dalam bentuk hidangan lezat dan bergizi. Penggunaan rempah-rempah yang lebih banyak, dapat meningkatkan cita-rasa hidangan tuna, sehingga bisa memikat minat si Kecil agar lebih semangat menyantapnya.

Tomat

Tidak hanya dikenal dapat melindungi tubuh dari risiko kanker kulit, kandungan lycopene pada tomat berperan penting untuk otak dan membantu mencegah demensia atau kepikunan. Uniknya, senyawa ini justru aktif setelah melalui proses pemasakan, jadi konsumsi pasta tomat, saus tomat, dan sop paling direkomendasikan.

Variasikan makanan-makanan ini ke dalam pola makan si Kecil sebagai salah satu pendukung cara mudah menghafal, untuk membantunya mendapatkan prestasi terbaik di sekolahnya.