Dancow Parenting Center

Home / Probiotik, Bakteri Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Probiotik, Bakteri Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Oct 29, 2015

Probiotik, Bakteri Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Share Article ini

Pernahkah Bunda mendengar perihal keberadaan probiotik dalam susu pertumbuhan? Bila pernah, apakah Bunda mengerti apa yang dimaksud dengan probiotik.

Dalam pengertian sederhana, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ditemukan secara alami dalam usus manusia. Bagi usus, keberadaan probitok sangat menguntungkan. Yakni membantu proses pencernaan makanan. Karena memberi keuntungan bagi usus, probiotik pun disebut sebagai bakteri baik.

Satu jenis bakteri baik adalah Lactobacillus rhamnosus. Dalam proses pencernaan makanan, Lactobacillus rhamnosus akan mengubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat. Dengan begitu akan menekan pertumbuhan bakteri merugikan. Sedangkan keberadaan bakteri menguntungkan tetap terjaga dan kesehatan saluran pencernaan menjadi lebih optimal.

Ada pula bakteri baik bernama Bifidobacterium longum. Hidup di dalam saluran pencernaan sejak si Kecil lahir, Bifidobacterium longum bertanggung jawab memfermentasi gula menjadi asam laktat. Sehingga melindungi si Kecil dari risiko diare, gejala alergi, sembelit, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selanjutnya Bunda mungkin akan bertanya, bila secara alami bakteri baik sudah terdapat di saluran pencernaan, mengapa si Kecil harus minum susu pertumbuhan? Jawabannya, karena jumlah bakteri menguntungan di saluran cerna sangat bervariasi dan tidak selalu stabil. Apalagi dalam kondisi kesehatan tertentu, keberadaan bakteri jahat dalam usus si Kecil bisa berkembang dan menekan jumlah bakteri baik.

Satu susu pertumbuhan yang mengandung probiotik adalah DANCOW EXCELNUTRI+. DANCOW1+ EXCELNUTRI+ yang mengandung Bifidobacterium longum dan Lactobacillus rhamnosus.

DANCOW bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi.