Dancow Parenting Center

Home / Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Diare pada Anak

Pertolongan Pertama pada Si Kecil Saat Diare

Aug 28, 2015

Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Diare pada Anak

Share Article ini

“Bunda, perutku mulas. Ingin pergi ke belakang terus”

Saat diare pada anak menyerang, tak tega rasanya melihat si Kecil kesakitan. Eits, jangan berkecil hati dulu ya, Bunda. Cinta terkadang tidaklah mudah, namun cinta berarti mengajarkan mereka untuk berani menghadapi dunia.

Ambillah hikmah, bila diare yang dialaminya kali ini sebagai pelajaran agar tidak lagi makan sembarangan atau tidak bersih. Sebab, diare tidak hanya menghambat aktivitas bermain dan bereksplorasi, tapi juga mengganggu proses belajar dan tumbuh kembangnya. Apalagi jika hal itu terjadi berlarut-larut. Maka dari itu, simak cara mengatasi diare pada anak, termasuk dengan memanfaatkan probiotik berikut ini.

Kenali Penyakit Diare

Agar dapat melakukan perawatan dengan tepat, disarankan untuk mengenali penyakit diare dengan lebih baik. Sebagian besar diare distimulasi oleh infeksi saluran pencernaan, yang biasanya disebabkan oleh virus. Anak-anak pada tahapan usia 1+ mudah mengalaminya lewat kontaminasi air minum atau makanan. Misalnya saja, proses memasak yang tidak higienis atau tidak rutin mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.

Walau bukan tergolong penyakit serius, diare dapat menyebabkan kehilangan cairan, garam, dan mineral yang berujung pada risiko dehidrasi. Selain sering air besar dan feses encer, gejala lain yang ditimbulkan saat terserang diare bisa bervariasi, mulai dari kram perut, demam, kehilangan nafsu makan, lemas, hingga mengalami dehidrasi.

Carilah Perawatan Medis

Apabila si Kecil terserang diare, hindari pemberian makanan pedas, digoreng, atau mengandung tinggi serat yang dapat memperparah penyakit ini. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan air putih, susu, atau hidangan berkuah. Bawalah segera ke dokter jika mereka mengalami diare berat yang berkepanjangan, mengalami demam tinggi, muntah, menolak untuk minum, nyeri perut hebat, dan feses mengandung darah atau lendir.

Lakukan Tindakan Pencegahan

Alangkah baiknya jika dapat mencegah daripada mengobati si Kecil akibat terserang diare. Dukung stimulasi anak-anak untuk mencuci tangan dengan baik dan rutin, terutama setelah menggunakan toilet atau setiap akan menyentuh makanan. Tunjukkan aksi cerdas dengan mencuci buah dan sayuran hingga bersih sebelum dimakan. Selain itu, lindungi si Petualang Kecil dari kontaminasi bakteri dengan menyediakan air minum dan bekal makanan yang dibuat sendiri di rumah.

Selain melakukan pencegahan terhadap diare, Bunda dapat memberikan dukungan dalam melindungi kesehatan si Kecil dengan memberikan susu pertumbuhan DANCOW 1+ yang mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus & Bifidobacterium longum, Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, E, mineral Selenium, dan Zink. Dengan tubuh yang sehat, Bunda pun tidak khawatir membiarkan si Kecil bebas bermain. DANCOW Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi.