Dancow Parenting Center

Home / Optimalkan Cara agar Membuat Anak Cerdas dengan Mengonsumsi Ikan

Optimalkan Kecerdasan Anak dengan Cara Mengonsumsi Ikan Sejak Dini

Aug 13, 2015

Optimalkan Cara agar Membuat Anak Cerdas dengan Mengonsumsi Ikan


Rate Produk ini

Ikan salmon, tuna, bandeng, lele adalah beberapa jenis ikan yang kaya nutrisi dan baik untuk mendukung perkembangan otak si Kecil. Setiap hari, tubuh si Kecil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembang, proses belajar, dan kemampuan kognitifnya. Salah satu cara membuat anak cerdas adalah dengan mengonsumsi ikan sejak dini.

Yuk dukung perkembangan si Kecil agar menjadi anak cerdas dengan memasukkan ikan-ikan ini ke dalam menu makanan balita.

 

Salmon

Salmon dikenal sebagai ikan yang kaya kandungan asam lemak tak jenuh omega-3. Menurut William Sears, MD, ahli kesehatan dari Health System, University of Michigan, sekaligus penulis The Book NDD, untuk si Kecil yang berada pada tahapan usia 2+, dianjurkan mengonsumsi 400 mg asam lemak omega-3 per hari agar anak cerdas.

 

Bunda, baca juga artikel ini: Dukung Kecerdasan Si Kecil dengan Asupan Nutrisi Tepat

Tuna

Selain salmon, ikan yang juga banyak mengandung zat gizi penting agar anak cerdas adalah tuna. Menurut Lembaga Pangan Dunia (FAO) dan WHO, yang sama-sama di bawah PBB, ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan mata. Meski begitu, konsumsi tuna dan salmon perlu dibatasi karena merkuri yang terkandung di dalamnya. Menurut BPOM RI, ikan tuna dan salmon yang layak konsumsi mengandung kadar merkuri tidak lebih dari 1 mg/kg.

 

Bandeng

Makanan yang bergizi tinggi tidak selalu dibanderol dengan harga mahal. Bandeng adalah salah satu contohnya, ikan yang juga kaya omega-3 ini cukup terjangkau dan mudah didapatkan. Berdasarkan Balai pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil perikanan pada tahun 1996, bandeng mengandung 14,2% omega-3, lebih besar dari salmon yang hanya 2,6%.

Selain dari ikan-ikan tersebut, kebutuhan omega-3 dan asam lemak esensial lain juga dapat dipenuhi dari DANCOW EXCELNUTRI+. Susu pertumbuhan ini mengandung minyak ikan yang merupakan sumber DHA, omega-3 (ALA) dan juga omega-6 (LA). Tunggu apalagi Bunda, sajikan olahan ikan kaya omega-3 untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan si Kecil.