Dancow Parenting Center

Home / Cara Mengatasi Anak Susah Makan lewat Kreasi Makanan Sehat Bergizi

May 12, 2016

Cara Mengatasi Anak Susah Makan lewat Kreasi Makanan Sehat Bergizi

Share Article ini

Si Kecil membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun tak jarang, Bunda harus berjuang keras agar dia bersedia untuk menghabiskan makanan yang sudah siapkan dengan susah payah. Nah, untuk mengatasi anak susah makan, cobalah mulai melibatkan anak untuk membuat kreasi makanan anak yang bergizi. Yuk, simak langkah-langkah menyiapkan kreasi makanan seru tapi tetap bernutrisi untuk anak sebagai cara mengatasi anak susah makan.

Pilih Menu Praktis

Libatkan si Kecil untuk merencanakan kreasi makanan bernutrisi sejak awal. Biarkan dia mencoba resep masakan kesukaannya. Bunda hanya perlu membimbingnya saat menentukan keputusan. Arahkan pilihan tersebut pada menu makanan yang praktis, tidak rumit dalam proses pembuatannya. Pastikan hidangan yang akan dibuat mengandung nutrisi seimbang, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan serat. Setelah itu, ajaklah dia berbelanja.

Gunakan Bahan Berkualitas Baik

Pada saat berbelanja, Bunda bisa mengajarkan si Kecil cara memilih bahan makanan yang baik. Bahan pangan berkualitas prima harus segar, bersih dan tidak ada bagian yang rusak atau kedaluwarsa. Berikan contoh pada anak, dengan memperlihatkan dua jenis bahan pangan yang segar dan layu atau busuk.

Seusai berbelanja, jangan lupa untuk mencuci bersih bahan-bahan seperti sayuran dan buah. Mencuci bahan seperti sayuran akan membersihkan dari kotoran, telur cacing dan bakteri. Tunjukkan pada si Kecil cara membersihkan bahan pangan yang benar, misalnya mencuci sayuran dengan air mengalir.

Memasak dengan Seru

Ajak si Kecil pada proses pengolahan makanan. Bunda bisa mulai dengan membagi tugas memasak. Minta dia menyiangi bahan pangan yang mudah. Sementara Bunda bisa mengambil alih pekerjaan rumit yang harus menggunakan pisau dan kompor.

Pada saat proses memasak inilah, Bunda bisa mengenalkan kandungan nutrisi makanan pada anak. Misalnya, sambil mengupas, memotong dan mencacah sayur, Bunda bisa menceritakan kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan pangan tersebut. Beri tahu dia tentang vitamin apa yang ada di dalam sayuran itu. Lalu jelaskan alasan mengapa sayuran itu baik untuk tubuh.

Bentuk Semenarik Mungkin

Bunda bisa memperluas peran si Kecil saat menata dan menghias hidangan. Biarkan dia berimajinasi saat membentuk makanan sesuai dengan selera anak, misalnya bentuk kendaraan atau binatang. Tahap ini terbilang mudah, karena sekarang Bunda bisa memperoleh beragam cetakan nasi atau roti tawar. Alat-alat tersebut juga aman bila digunakan oleh anak-anak.

Dengan berlatih membuat kreasi makanan bergizi, anak susah makan akan belajar menghargai setiap hidangan yang tersaji di hadapannya. Sebab, dia merasakan sendiri bagaimana sulitnya memasak makanan. Nah, sekarang makanan dan minuman sehat karya Bunda dan si Kecil sudah tersaji di meja makan. Bunda bisa mengajak anak makan bersama. Berikan anak semangat agar menghabiskan hidangan tersebut hingga suapan terakhir.

Selain dapat mengatasi anak susah makan, latihan membuat kreasi makanan juga mendatangkan dampak positif lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan di TK Darul Ulum, Kudus, kegiatan berkreasi dengan makanan membuat anak mengenal gizi yang terkandung pada buah dan sayur, mengajarkan anak tentang makanan sehat, dan mengembangkan kreativitas.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.