Dancow Parenting Center

Home / Main di Luar Rumah Bisa Ajarkan Kecerdasan Emosional Anak

Aug 29, 2016

Main di Luar Rumah Bisa Ajarkan Kecerdasan Emosional Anak

Share Article ini

Sebagian besar keluarga muda di kota besar seperti Jakarta akan memilih pusat perbelanjaan sebagai tempat rekreasi di akhir pekan. Alasannya, mal menyediakan beragam kebutuhan bagi setiap anggota keluarga. Mulai dari supermarket, toko hobi, arena bermain, pameran, toko buku, hingga tempat makan.

Tapi bermain di mal bisa membuat anak cenderung konsumtif. Karena itu, ada baiknya Bunda mencari alternatif kegiatan bersama keluarga selain di mal. Misalnya dengan mengajak anak bereksplorasi di luar ruangan. Menurut penelitian Rosdiana dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, bermain di alam berpengaruh positif terhadap kecerdasan anak, sebab bisa menambah wawasannya. Jika aktivitas tersebut dilakukan bersama Ayah dan Bunda, maka dapat pula mempererat ikatan di antara anggota keluarga dan meningkatkan kecerdasan emosional. Berikut beberapa tempat yang bisa dijadikan arena bermain.

1. Halaman Rumah

Ketika akan mengajak si Kecil bermain di luar rumah, Ayah dan Bunda tak perlu memikirkan arena bermain yang terlalu jauh. Ajaklah ia ke halaman depan rumah. Taman depan rumah minimalis yang sempit bisa menjadi menyenangkan jika Bunda bisa menciptakan permainan yang kreatif. Seperti membuatkan racikan air sabun agar dia bisa bermain gelembung. Bunda juga bisa membiarkannya ikut terlibat dengan kegiatan berkebun di pekarangan. Jangan khawatir ia akan sakit karena bermain dengan tanah, pasir, dan lumpur. Asalkan Bunda selalu ingat untuk membersihkan tubuhnya setelah dia bermain.

2. Taman di Perumahan

Untuk mendapatkan lokasi permainan yang lebih luas dari halaman rumah, Bunda bisa mengajak anak bermain di taman sekitar perumahan. Selain berbagi kebersamaan dengan Bunda, kegiatan ini juga bisa mempererat tali atau silaturahmi dengan ke tetangga. Sehingga membantu Bunda melatih kemampuan psikososial anak. Dia pun akan mudah bergaul dengan orang-orang di lingkungan sekitar.

Jika sudah akrab dengan tetangga, mungkin sekali waktu dia akan main ke luar rumah tanpa ditemani Bunda. Maka Bunda harus mengajarkannya untuk membatasi diri dari orang yang belum dikenal. Misalnya ajarkan anak untuk tidak menerima barang dari orang lain selain Ayah dan Bunda. Juga harus mengatakan "tidak" pada orang asing yang ingin mengajaknya pergi.

Biasakan pula agar dia berpamitan kalau hendak pergi bermain dan menjelaskan bermain dengan siapa saja. Bunda juga harus memberi penegasan padanya untuk tidak bermain ke tempat berbahaya, seperti kolam atau sungai tanpa pengawasan orang dewasa.

Taman Kota

Sekali waktu di akhir pekan, Bunda dan Ayah bisa mengajak anak ke taman kota. Apalagi beberapa taman di kota besar sudah dipercantik sedemikian rupa dengan desain apik sebagai ruang terbuka hijau untuk kepentingan publik. Selain itu, Ayah dan Bunda juga dapat mengajak si Kecil ke tempat rekreasi yang berbasis alam. Seperti kebun binatang, kebun raya, pantai, bukit, dan gunung.

Jadi sekarang bukalah pintu rumah Ayah dan Bunda agar si Kecil bisa bermain di luar rumah. Jangan takut akan bahaya kuman dan penyakit yang mengancam. Bunda bisa memberikannya DANCOW 5+ EXCELNUTRI+. Susu pertumbuhan ini mengandung probiotik Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum yang melindungi pencernaan anak. Jika bakteri baik di saluran cerna bertambah, maka sel-sel daya tahan tubuh bisa lebih maksimal.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.