Dancow Parenting Center

Home / Kreasi Makanan yang Mengandung Protein untuk Si Kecil

May 12, 2016

Kreasi Makanan yang Mengandung Protein untuk Si Kecil

Share Article ini

Pada masa keemasannya atau golden age, si Kecil membutuhkan asupan gizi yang lengkap. Untuk itu, penting bagi Bunda untuk selalu memastikan bila ia mengonsumsi makanan beragam seperti makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan berbagai makanan bergizi. Apalagi anak di atas usia 3 tahun, yang telah mengenal bermacam rasa makanan, kerap menganggap rasa sayuran tidak enak, hingga mereka sering menolak menyantap sayur, atau bahkan sulit makan. Lalu bagaimana cara agar anak mau makan menu bergizi, terutama makanan yang mengandung protein?

Untuk mengatasi anak susah makan, Bunda haruslah cerdik dan kreatif dalam membuat serta menyajikan makanan bergizi. Contoh kreasi santapan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil adalah batagor telur puyuh. Hidangan yang cocok sebagai kudapan sore ini memiliki bahan dasar beragam makanan sehat. Seperti tahu putih yang kaya protein, telor puyuh yang mengandung asam folat, juga bayam yang memiliki kandungan kalsium.

Dalam artikel Anemia Defisiensi Besi pada Bayi dan Anak yang dipublikasikan situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, asam folat penting untuk menjaga anak dari kemungkinan anemia. Sementara kalsium berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan otot dan tulang anak. Adapun makanan yang mengandung protein akan membantu proses pertumbuhan tinggi badan, otak, juga otot si Kecil. Nah, berikut resep batagor telor puyuh yang bisa Bunda sajikan untuk camilan bergizi si Kecil.

Bahan:
1 satu putih ukuran 5 cm x 5 cm x 3 cm
50 gram daging ayam giling
2 sdm jamur kuping cincang
10 lembar daun bayam, iris tipis
25 gram keju cheddar, parut
1 butir telur, kocok rata
1 sdm daun bawang, iris tipis
4 butir telur puyuh, rebus
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
Sejumput gula pasir
1/2 sdt garam

Pelapis
1 butir telur, kocok hingga rata

Cara membuat
1. Panaskan dandang berisi air, dengan api sedang. Siapkan empat mangkuk kecil, lalu oles tipis dengan 1/2 sdt minyak goreng.
2. Remas tahu hingga lumat. Campurkan dengan daging ayam, jamur kuping, bayam, keju, telur, daun bawang, dan bumbu halus. Aduk hingga rata dan dibagi empat.
3. Masukan adonan tahu ke mangkuk. Kemudian sisipkan telur puyuh, yang sudah dikupas, ke tengah adonan hingga setengah tenggelam.
4. Kukus selama 20 menit dan lepaskan batagor dari cetakan ketika masih panas. Lalu diamkan hingga dingin.
5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
6. Celupkan batagor kukus ke telur kocok, goreng hingga kecokelatan. Kemudian angkat, tiriskan, dan si Kecil siap menyantapnya.

Bagaimana Bunda? Mudah bukan untuk membuat makanan untuk anak yang bergizi, sehat, dan lezat? Bunda bisa terus berkarya dengan bermacam bahan pangan yang bernutrisi tinggi. Lalu ciptakan berbagai menu kreatif untuk kudapan si Kecil yang aktif.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.