Home / Ini Dia Cara Mengatasi Anak Susah BAB

Apr 02, 2015

Ini Dia Cara Mengatasi Anak Susah BAB

Share Article ini

Duh, siapa sih Bunda yang nggak sedih melihat si Kecil rewel saat ia susah bab atau buang air besar dan melihatnya kesakitan? Sembelit pada si Kecil memang bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang sering dikeluhkan sejak si Kecil diperkenalkan dengan makanan padat. Biasanya, sampai usia si Kecil 2 tahun pun, sembelit menjadi gangguan yang sering membuat orangtua khawatir. Memang apa sih yang menyebabkan anak susah buang air besar?

Penyebab Sembelit pada Si Kecil

Ternyata nih Bunda, sembelit yang mengakibatkan susah bab pada si Kecil berumur kurang dari 2 tahun bisa disebabkan oleh kurangnya pemberian air minum atau kurangnya konsumsi buah dan sayuran. Selain itu, takaran susu yang berlebihan (membuatkan susu terlalu kental) juga bisa menyebabkan anak susah bab, lho. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana ya cara mengatasinya, selain dengan obat pencahar yang bisa bikin si Kecil kesakitan dan trauma?

Bagaimana Mencegah Sembelit pada Si Kecil?

Bisa kok Bunda, yaitu dengan memberikan asupan makanan yang cukup serat, seperti buah dan sayuran, minum air putih dalam jumlah cukup. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan asupan makanan yang mengandung bakteri probiotik. Bakteri probiotik? Apa ya itu? Yuk kenali lebih jauh. Istilah probiotik terdiri atas kelompok kata "pro bios" yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “untuk kehidupan”. Nah, untuk lebih gampangnya, kita sebut probiotik ini mikroorganisme hidup yang secara alami ada di dalam setiap tubuh untuk melindungi saluran pencernaan.

Dari mana saja bakteri baik ini bisa diperoleh?

Tidak perlu pusing Bunda, probiotik biasanya ditambahkan dalam produk susu pertumbuhan, yoghurt, dan hasil olahan susu lainnya. Salah satu contohnya adalah  susu yang ditambah bakteri probiotik, seperti yang ada dalam susu DANCOW EXCELNUTRI+, yang mengandung kombinasi Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum untuk membantu menjaga saluran cerna si Kecil.

Jika asupan serat dan minum air putih cukup, serta ada dominasi probiotik dalam saluran cerna si Kecil, maka proses pencernan dalam tubuhnya akan berlangsung dengan baik dan sembelit pun bisa dicegah. Nggak perlu cemas si Kecil rewel lagi karena sembelit kan, Bunda? Dengan pencernaan yang terlindungi, si Kecil bisa tumbuh menjadi si Kecil yang sehat dan cerdas.

Yuk, Bunda, ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengoptimalkan manfaat probiotik agar sembelit pada si Kecil bisa terhindari.