Dancow Parenting Center

Home / Ketahui Variasi Resep Makanan Sehat untuk Anak

Ketahui Variasi Makanan Anak yang Tepat dan Sehat

Apr 07, 2015

Ketahui Variasi Resep Makanan Sehat untuk Anak

“Gak enak ikannya, aku maunya makan ayam aja”, “Aku gak mau sayur, maunya sosis aja”. Hmmm apakah si Kecil seperti ini Bunda? Kadang kita suka jengkel sendiri ya kalau si Kecil maunya makan yang itu-itu aja. Biasanya si Kecil lebih suka lauk daging, ayam atau telur dan tidak mau mengkonsumsi makanan anak dengan jenis lainnya seperti sayur-sayuran. Nah, kalau sudah seperti ini gimana dong? Padahal kan makanan sehat dan juga makanan bergizi untuk anak itu penting?

Si Kecil rentang usia 3 hingga 5 tahun umumnya memang hanya mau mengkonsumsi makanan anak lain yang itu-itu saja. Wajar gak sih? Wajar kok Bunda karena ini memang fase si Kecil sedang susah-susahnya makan. Sedih ya rasanya, karena akibatnya asupan nutrisi yang ia konsumsi tidak tercukupi dengan baik. Solusinya?

Selalu biasakan menyajikan menu makanan untuk si Kecil yang bervariasi. Banyak resep makanan sehat untuk anak di situs-situs memasak yang bisa Bunda coba hidangkan untuknya. Jangan kalau Bunda memberinya makan dengan lauk telur, ya sudah telur aja. Sajikan dengan sayuran lain, misal tumis brokoli atau jagung muda dengan tambahan udang atau daging. Selain itu, dalam seminggu, sebaiknya Bunda juga memasak makanan sehat untuk anak yang bervariasi. Jangan hanya karena si Kecil sukanya nugget dan nasi goreng, tiap pagi Bunda hanya membuatkannya menu itu-itu saja.

Bunda, baca juga artikel ini: Semakin Mudah Menghafal Berkat Makanan Bergizi

Dengan membiasakan memasak makanan rumah yang beragam, Bunda sudah menerapkan pola makan yang baik untuk si Kecil. Selain itu, kebutuhan nutrisi si Kecil juga tercukupi melalui menu-menu makanan sehat yang Bunda buatkan setiap harinya. Jangan sampai si Kecil tidak mendapatkan zat gizi yang diperlukan untuk tubuh. Karena jika si Kecil kekurangan salah satu zat gizi saja, dapat mengganggu sistem metabolisme yang akhirnya bisa menghambat pada pertumbuhan dan kesehatannya.

Nah, setelah tahu pentingnya menyajikan variasi makanan sehat untuk anak, yuk sekarang siapakan menu-menu baru untuk santapan si Kecil hari ini!