Dancow Parenting Center

Home / Jembatan Keledai: Cara Menghafal Cepat dengan Mudah untuk Si Kecil

Jembatan Keledai untuk Memudahkan Si Kecil Menghafal

Aug 27, 2015

Jembatan Keledai: Cara Menghafal Cepat dengan Mudah untuk Si Kecil

Share Article ini

Menghafal merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan saat si Kecil mulai memasuki bangku sekolah. Untuk mempermudah proses belajarnya, biasanya para guru memberikan cara menghafal cepat yang lebih bisa dimengerti. Salah satunya adalah cara menghafal cepat dengan mudah menggunakan Jembatan Keledai atau Mnemonic. Teknik menghafal ini dilakukan dengan cara membuat singkatan-singkatan unik dan mudah diingat, untuk memudahkan mengingat informasi penting dengan cara yang menyenangkan.

Secara lebih lengkap berikut ini penjelasan tentang jembatan keledai.

Dasar Jembatan Keledai

Aplikasi mnemonic atau jembatan keledai sebenarnya di dasarkan pada penggunaan akronim atau singkatan, kata-kata kunci dan juga rima untuk menghafalkan sesuatu. Menurut Adolescent Literacy Organization, seiring dengan perkembangannya jembatan keledai juga memanfaatkan gambar dan objek lain seperti tangan yang selanjutnya dikenal sebagai mnemonic visual.

Aplikasi Jembatan Keledai dengan Singkatan

Ingat MeJiKuHiBiNiU? Singkatan ini merupakan salah satu contoh aplikasi jembatan keledai untuk mempermudah menghafalkan warna-warna yang ada dalam pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu. Bunda juga bisa memanfaatkan metode ini mengenalkan singkatan-singkatan yang lazim ditemui kepada si Kecil. Misalnya, SD singkatan Sekolah Dasar, WC singkatan Water Closet, TK singkatan Taman Kanak-Kanak, Angkot singkatan Angkutan Kota dan seterusnya. Manfaatkan jembatan keledai ini untuk mengenalkan beberapa singkatan penting, agar wawasan si Kecil terus berkembang sejalan dengan tahapan usianya.

Aplikasi Jembatan Keledai dengan Rima

Selain singkatan, jembatan keledai juga bisa diaplikasikan dengan rima atau sajak berirama. Biasanya, guru-guru di sekolah menerapkannya dengan cara mengajak si Kecil bernyanyi. Contoh yang paling mudah adalah notasi atau tangga nada DoReMiFaSoLaSiDo. Dengan rima yang pas, kata-kata tersebut lebih mudah diucapkan sekaligus diingat dengan mudah oleh si Kecil. Di Taman Bermain (playgroup), para guru justru memanfaatkan sajak berirama dalam bentuk lagu. Misalnya, untuk mengenalkan tentang delman, para murid diajarkan lagu “Naik Delman (Pada Hari Minggu)”. Jika para murid lupa, guru tinggal menyuruhnya mengingat dengan cara bernyanyi.

Aplikasi Jembatan Keledai secara Visual

Pada perkembangannya, jembatan keledai ini tidak hanya untuk menghafal informasi penting dalam bentuk huruf. Hadirnya mnemonic visual juga turut membantu si Kecil dalam menghafal sebuah huruf atau berhitung. Misalnya, memanfaatkan buku jari untuk mengingat nama-nama bulan dalam kalender tahunan, seperti Januari, Februari, Maret dan seterusnya. Mnemonic visual yang paling umum dikenalkan dengan bentuk gambar. Untuk membedakan siapa ayah, ibu, anak, kakak, adik, kakek dan nenek, si Kecil akan lebih mudah menghafal dan memahaminya jika dikenalkan dalam bentuk gambar.

Meski begitu, perkembangan otak setiap anak berbeda satu sama lainnya. Selain bergantung dari pola pengajaran, juga asupan gizi seimbang yang diterima si Kecil sehari-hari. Di samping dari menu makan yang bergizi, Bunda juga dapat melengkapi nutrisi seimbangnya dengan susu pertumbuhan DANCOW ExcelNutri+.

Dengan metode jembatan keledai, si Kecil dapat lebih mudah menghafal. Bagaimana Bunda, sudah siap mengajarkan cara menghafal cepat ini pada si Kecil?