Dancow Parenting Center

Home / Jangan Sepelekan Manfaat Tidur Siang agar Si Kecil Tumbuh Optimal

Apr 02, 2015

Jangan Sepelekan Manfaat Tidur Siang agar Si Kecil Tumbuh Optimal

Share Article ini

Bermain bola, melompat-lompat, main sepeda, main mobil-mobilan atau boneka? Hmmm, melihat tingkah pola si Kecil yang aktif memang menyenangkan ya Bunda. Tapi, apakah Bunda pernah khawatir saat si si Kecil susah diajak tidur siang? Padahal manfaat tidur siang untuk si Kecil mampu mengembalikan energi yang habis terbakar untuk aktivitasnya. Selain itu tidur, siang juga penting untuk proses tumbuh kembangnya lho, Bunda.

Kok bisa? Ini jawabannya. Sebuah studi oleh Medical Harvard University menunjukkan selama tidur siang, terjadi pelepasan hormon pertumbuhan (human-Growth Hormone, h-GH) ke dalam darah. Hormon inilah yang merangsang pertumbuhan tubuh si Kecil. Hormon pertumbuhan secara alami diproduksi oleh otak sejak ia lahir. Seiring dengan bertambahnya usia si Kecil, hormon ini akan semakin menurun fungsinya dan akan berhenti setelah mencapai usia pubertas. Oleh karena itu Bunda, alangkah baiknya bila si Kecil mendapatkan kesempatan untuk tidur siang secara optimal, tentunya untuk mendukung pertumbuhannya pula.

Penyebab Si Kecil Susah Tidur Siang

Si Kecil sudah terlihat lelah beraktivitas, tapi tetap saja masih belum mau diajak tidur siang. Bagaimana ini? Tenang Bunda, tidak perlu panik. Yuk, kita cari tahu penyebab si Kecil susah tidur siang. Coba perhatikan bahan makanan yang dikonsumsinya. Karena ternyata makanan yang mengandung kafein dapat menyebabkan si Kecil susah tidur. Bukan itu saja, kebiasaan main game atau menonton film horor juga bisa jadi penyebab lain si Kecil susah tidur siang. Hal ini karena mereka keasyikan main game sampai akhirnya ketagihan dan lupa waktu. Manfaat tidur siang yang seharusnya mereka dapatkan pun hilang begitu saja. Perhatikan juga tontonan televisinya ya Bunda. Jangan sampai ia takut tidur hanya karena baru saja melihat tayangan yang menakutkan.

Si Kecil di usia 3 tahun memang sedang gemar-gemarnya bermain. Padatnya aktivitas inilah yang kadang membuat si Kecil menganggap tidur siang tidak lebih penting dari bermain. Atau, bisa jadi si Kecil susah tidur siang karena belum terbiasa. Bahkan, kalau terlalu dipaksa si Kecil suka kabur dari kamar karena enggan tidur siang.