Dancow Parenting Center

Home / Yuk, Cari Tahu Manfaat Infused Water untuk Si Kecil

Infused Water untuk Si Kecil, Bolehkah?

Jul 30, 2015

Yuk, Cari Tahu Manfaat Infused Water untuk Si Kecil

Share Article ini

Setelah green smoothie, kini manfaat infused water​ atau air putih berisi irisan buah, sayuran, rempah, dan daun herba marak dibicarakan. Rasanya yang segar sangat digemari orang dewasa, bolehkah si Kecil meminumnya?

Infused Water Mencegah Dehidrasi

Mary L. Gavin, MD, ahli kesehatan anak sekaligus Senior Medical Editor di Kid Health Organization, mengatakan dehidrasi termasuk gangguan kesehatan karena kurangnya asupan cairan. Akibat dari dehidrasi diantaranya adalah lemas, pusing, kulit kering, dan pada kasus yang parah dapat membahayakan jiwa.

Salah satu kunci untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari dehidrasi adalah minum banyak cairan, terutama setelah bermain dan berekplorasi di luar rumah. Walau air menjadi pilihan terbaik, anak-anak cenderung malas meminumnya karena rasanya yang tawar. Infused water bisa jadi solusinya, hanya dengan menambahkan buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah, dan bumbu herba pada sebotol air putih.

Cegah Kebosanan

Si Kecil yang sedang berada pada tahapan usia 5+ mudah mengalami kebosanan jika mengonsumsi makanan atau minuman yang itu-itu saja. Infused water bisa jadi alternatif yang baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menunjang proses belajar, tumbuh kembang, serta pengembangan kemampuan kognitif.

Libatkan ia untuk menambahkan irisan tipis buah, sayur, bumbu, atau rempah favoritnya. Kombinasinya tidak terbatas dan bisa berganti setiap hari. Untuk rasa yang lebih kuat, Meagan Moyer, MPH, RD, LD, paktisi gizi masyarakat dari Emory University, sekaligus penulis di Emory Health Care Foundation, menyarankan untuk mempersiapkannya semalam sebelumnya dan simpan di lemari pendingin sebelum diminum.

Nutrisi Tambahan

Terkadang, tanpa disadari konsumsi infused water juga memberikan nutrisi tambahan, yaitu vitamin, mineral, dan antioksidan yang larut dalam air. Meagan menyebutkan beberapa buah seperti jeruk, strawberry, dan kiwi merupakan sumber yang tinggi vitamin C untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jahe segar dan mint memberikan rasa segar dan memberikan perlindungan dari dalam untuk mencegah sakit perut.

Melihat manfaat infused water yang diuraikan di atas, jadi si Kecil boleh kok meminum infused water untuk memenuhi kebutuhan cairan dan memetik manfaat tambahan nutrisinya. Yuk, Bunda, mulai berikan si Kecil infused water.