Dancow Parenting Center

Home / Check-list Bunda untuk Perkembangan Motorik si Kecil

Jan 27, 2017

Check-list Bunda untuk Perkembangan Motorik si Kecil

Share Article ini

Bunda, tahukah bila perkembangan motorik kasar dan halus anak berbeda-beda di setiap tahap umurnya? Motorik kasar dan halus tidak cuma berpengaruh pada gerak fisik si Kecil, melainkan pula cara berpikir, beraktivitas, hingga proses mencerna makanan.

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Sementara motorik halus berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu, melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, serta memerlukan koordinasi yang cermat.

Menurut dokter spesialis anak Widodo Judarwanto, beberapa anak memiliki perkembangan motorik kasar yang baik namun tidak begitu pada perkembangan motorik halusnya. Mereka pada umumnya memiliki kemampuan olahraga yang sangat baik. Sedangkan anak dengan perkembangan motorik halus yang lebih baik, memiliki kemampuan pada bidang yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Misalnya, bagaimana cara melakukan pewarnaan gambar yang rapi dan tidak keluar garis.

Salah satu tahapan perkembangan motorik yang paling penting terjadi pada tahap golden age atau masa emas tumbuh kembang si Kecil, 3–4 tahun. Di momen ini, si Kecil mengalami puncak tumbuh kembang yang sangat pesat di otak dan selnya. Karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui perkembangan motorik kasar dan halusnya.

Untuk motorik kasar, si Kecil di usia 3 tahun biasanya sudah dapat melakukan beberapa aktivitas seperti:

1. Berdiri dengan satu kaki
2. Melompat dengan satu kaki
3. Berjalan menyusuri papan dengan seimbang
4. Menangkap bola besar
5. Mengendarai sepeda roda tiga
6. Melompat sejauh satu meter
7. Menangkap bola besar dengan kedua tangan
8. Berdiri dengan hanya bertumpu pada tumit
9. Serta membawa sesuatu di atas baki

Sedangkan perkembangan motorik halusnya ditandai kemampuan:

1. Menggambar manusia
2. Mencuci tangan sendiri
3. Membentuk benda dari plastisin atau lilin mainan
4. Membuat garis lurus serta lingkaran yang rapi
5. Mampu membuka menutup kotak
6. Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus, zig zag, dan melengkung
7. Menggambar sesuatu yang diketahui, bukan yang dilihat

Agar motorik halus dan kasar si Kecil berkembang dengan baik, Bunda haruslah memberikan stimulasi dan pendampingan kepadanya. Seperti menemaninya bereksplorasi di halaman rumah, bereksperimen dengan adonan kue, bermain air dan busa sabun kala mandi, maupun mengajaknya belajar menggunakan alat tulis. Dengan dampingan Bunda, perkembangan motorik si Kecil pun akan optimal.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi