Home / Mari Belajar Berhitung Sambil Bermain

Belajar Berhitung Sambil Bermain

Jul 29, 2015

Mari Belajar Berhitung Sambil Bermain

Share Article ini

Mengajarkan si Kecil untuk menghitung angka pada tahapan usia 1+ akan mempersiapkannya untuk lebih sukses di bidang matematika saat mulai bersekolah, demikian yang ditunjukkan penelitian dari University of Missouri. Kemampuan kognitif yang dimiliki sejak TK akan memengaruhi keberhasilannya saat melalui tingkat sekolah yang lebih tinggi.

Berikut tips-tips untuk membantu Bunda memahami kesiapan si Kecil dan cara belajar berhitung sambil bermain.

Melihat Tanda-Tanda Kesiapan Si Kecil

Memaksakan suatu keterampilan saat anak kurang siap tidak akan memberikan hasil yang diinginkan, dan malah membuatnya merasa tertekan dan stres. Menurut penulis spesialis kesehatan dan parenting, Kristin Stanberry, lewat situs Get Ready to Read, ada beberapa tanda yang ditunjukkan untuk mengetahui apakah anak telah mengembangkan kemampuan memori dan atensi untuk mulai belajar berhitung. Seperti keingintahuan untuk menghitung angka, dapat menghitung setidaknya 5 obyek, menambah dan mengurangi sejumlah benda kecil, menempatkan angka 1-5 dalam urutan yang benar, melafalkan angka 1-10 dengan tepat, dan memahami konsep lebih atau kurang.

Sisipkan Berhitung Saat Bermain

Louis mengingatkan orang tua bahwa mengajarkan anak-anak berhitung dapat dilakukan dengan bermain. Saat membacakan buku, ajak si Kecil untuk menghitung benda atau hewan yang ada dalam gambar.

Bernyanyi bersama seperti lagu Balonku dan Satu Satu Aku Sayang Ibu juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Bunda juga bisa menggunakan balok-balok permainan berbahan kayu atau barang bekas seperti botol plastik atau tutup botol untuk mengajarkannya berhitung.

Pergunakan Kesempatan Saat di Dapur

Mengajak si Kecil turun ke dapur tidak hanya meningkatkan nafsu makannya tapi juga dapat mengasah kemampuannya berhitung. Bunda dapat memberikan sayuran atau buah untuk dihitung, mengetahui jumlah wortel yang ada di supnya, atau melatihnya melakukan pengurangan dan penambahan sederhana menggunakan bahan-bahan dapur. Kegiatan ini juga dapat melatih kemampuan bahasanya, lho.

Bereksplorasi di Luar Rumah

Bereksplorasi tidak harus dilakukan di dalam rumah. Sesekali ajak si Kecil untuk pergi ke taman dan menghitung daun yang jatuh ke tanah atau bunga yang tumbuh. Bunda dan Ayah juga bisa mengajaknya pergi ke supermarket dan mengajaknya menghitung kotak susu yang dapat membuatnya sibuk dan tidak rewel.

Hindari memaksakan kemampuan berhitung pada si Kecil agar tidak memberikan tekanan berat, sekaligus mengasah proses belajar yang baik bagi tumbuh kembangnya.