Home / Ajak Si Kecil Senam Otak untuk Asah Memorinya

Apr 07, 2016

Ajak Si Kecil Senam Otak untuk Asah Memorinya

Share Article ini

Bunda pernah mendengar istilah senam otak?  Senam otak adalah beberapa gerakan yang sederhana yang dimaksudkan untuk menyatukan tubuh dan pikiran. Senam ini juga termasuk ke dalam edukasi kinesiologi, yaitu ilmu mengenai gerak tubuh serta keterkaitan antara postur dan otot, termasuk pengaruhnya atas fungsi otak.

Nah, ternyata senam otak atau Brain Gym juga dibutuhkan oleh anak-anak lho Bunda. Tidak terkecuali si Kecil yang masih berusia di bawah lima tahun. Menurut hasil riset dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Jember berjudul Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK Kartika IV-8, melakukan senam jenis ini secara rutin pada anak-anak akan memberikan beberapa keuntungan berikut ini.

1. Membantu agar otak kanan dan kiri bisa bekerja secara seimbang
2. Membantu meningkatkan fungsi dan kerja otak
3. Meningkatkan keseimbangan, koordinasi gerak otot, dan keterampilan motorik halus
4. Membantu konsentrasi
5. Memperkuat fungsi pendengaran
6. Meningkatkan memori

Dengan senam ini, anak akan menjadi cerdas dan mampu mengoordinasikan fungsi otak dan gerakan tubuhnya dengan baik sehingga gerakan motorik halus dan kasarnya bisa lebih seimbang. Bila mampu mengunakan otak dan tubuh dengan baik, maka ia pun akan sanggup menyelesaikan semua masalah yang dihadapinya.

Nah, berikut beberapa jenis gerakan yang perlu dilakukan. Bunda bisa mengajak si Kecil melakukannya bersama-sama. Yuk, simak cara senam yang disarankan oleh Titi Sularyo dan Setyo Handryastuti dalamJurnal Sari Pediatri berikut ini.

Mengambar dengan Dua Tangan (Double-Doodle)

Berikan si Kecil dua alat tulis di tangan kanan dan kirinya. Kemudian minta dia mengambar sebelah menyebelah secara bersamaan. Cara ini bisa membangkitkan fokus dan kesadaran ruang karena berkaitan dengan diameter tubuh. Gerakan ini secara bersamaan membantu meningkatkan performa kedua belah mata dan mengembangkan keterampilan kerja sama tangan dalam menulis.

Abjad 8 (Alphabet 8’s)

Ajak si Kecil membuat simbol 8 dalam posisi tidur. Bentuk angka 8 ini mewakili dasar pembuatan huruf-huruf yang ada dalam alfabet. Misalnya, untuk membuat huruf "a", "c", "d" dan "e", anak harus bisa lancar membuat bentuk lengkung ke kiri. Sedangkan saat menulis simbol huruf "b", "n", dan "p", dia akan lebih banyak menggores ke arah kanan.

Gerakan yang dilakukan saat membuat angka 8 dalam posisi tidur akan mengasah kemampuan si Kecil dalam menulis. Aktivitas ini juga membantu mempercepat kinerja otaknya dalam berpikir kreatif.

Gerak Diagonal

Bunda bisa menggerakkan kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Gerakkan badan ke depan, ke samping, ke belakang dan arahkan mata ke semua jurusan. Ajak si Kecil untuk menirukan Bunda. Mungkin awalnya dia akan kesulitan untuk mengikuti. Namun Bunda harus bersabar dan melakukan gerakan berulangkali. Gerakan diagonal ini mampu membantu pengembangan fungsi indera pendengaran dan penglihatan, serta kemampuan gerak. Dampak positifnya adalah daya ingat serta kemampuan membaca, mendengar,dan menulis si Kecil juga akan meningkat.

Pernafasan Perut

Ajak si Kecil untuk menaruh tangan di atas perut dan membuang nafas pendek-pendek. Kemudian, tarik nafas dalam-dalam secara perlahan. Pada saat menarik dan membuang nafas, tangan yang diletakkan di atas perut harus mengikuti gerakan perut. Kegiatan ini akan menambah stok oksigen ke seluruh tubuh, khususnya otak, serta mampu meningkatkan keterampilan berbicara dan membaca.

Putar Kepala (Neck Roll)

Tundukkan kepala ke arah depan lalu secara perlahan putar sisi demi sisi. Tengadahkan kepala ke arah belakang kemudian lakukan gerakan putaran ke kanan dan ke kiri. Ulangi gerakan dengan posisi bahu lebih rileks atau diturunkan. Aktivitas ini mudah dilakukan tetapi tetap harus hati-hati. Fungsi gerakan ini yakni untuk meningkatkan pernafasan, merelaksasikan otot leher, mengurangi stres, dan meningkatkan kemampuan berbicara.

Pijat Kuping

Buka daun kuping keluar, lakukan sebanyak tiga kali dari atas ke bawah. Gerakan senam ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja memori dan indera pendengaran. Aktivitas ini mampu meningkatkan kemampuan memori jangka pendek, berpikir, dan mendengar.

Bunda bisa menanamkan kebiasaan ini secara rutin pada si Kecil. Kegiatan ini dapat membuat anak menjadi lebih cerdas. DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.