Home / Semua Usia / Tips dan Trik Memilih Fashion untuk Si Kecil

Jan 19, 2018

Tips dan Trik Memilih Fashion untuk Si Kecil

Share Article ini

Model yang menarik, belum tentu memberikan kenyamanan ketika di gunakan oleh si Kecil. Oleh karena itu, sebelum Bunda memilih baju si Kecil, sebaiknya ketahui dulu beberapa hal yang menyangkut busana untuk si Kecil.

Sekarang ini banyak model-model baju anak yang lucu. Bukan hanya dijual di toko-toko di mal, tetapi juga lewat online shopping. Banyaknya ragam model dan corak, membuat Bunda bingung.

“Wajar kalau sebagian besar Bunda menjadi bingung ketika harus berbelanja pakaian untuk anak-anaknya. Selain banyaknya model yang harus dipilih, memilih baju si Kecil memang tidak segampang memilih baju untuk orang dewasa. Ada banyak kriteria semisal bahannya harus nyaman dan modelnya tidak membatasi gerak si Kecil,” jelas Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, MPsi.

Vera lalu menambahkan, sejatinya sebelum membeli baju untuk si Kecil, Bunda menggunakan panduan dalam memilih baju seperti yang dijelaskan di bawah ini;

1.          Memilih berdasarkan bahan

Ketika Bunda memilih baju untuk si Kecil, hal utama yang harus di perhatikan adalah bahan apa yang bisa membuatnya nyaman ketika memakai. “Untuk si Kecil yang aktif atau yang tinggal di tempat tropis, kita bisa memilih bahan katun yang memang bisa menyerap keringat ketika si Kecil beraktivitas. Akan tetapi, jika musim hujan tiba atau hendak bepergian ke tempat dingin, Bunda bisa memilih jenis bahan yang bisa memberikan kehangatan untuk si kecil, misalnya dari bahan wol.”

2.         Memilih model baju

Ingat, si Kecil bukanlah miniatur kita, orang dewasa. Oleh sebab itu dalam memilih model baju, sesuaikan dengan usia si kecil. Jika memungkinkan, maka Bunda bisa mengajak si Kecil untuk memilih baju yang ia sukai.

3.         Menentukan ukuran baju

Biasanya anak-anak akan tumbuh dengan sangat cepatnya, maka dari itu jangan memilih ukuran baju yang ketat, karena hal ini bisa membuat baju tidak bisa lagi di gunakan untuk beberapa waktu ke depannya. Bunda bisa bisa memilih ukuran baju yang longgar, karena baju yang longgar akan memberikan kenyamanan ketika si Kecil bergerak.

4.         Memilih motif baju

Bunda bisa memilih baju si Kecil yang memiliki motif layaknya anak-anak, seperti tokoh hewan, atau bahkan tokoh kartun yang ia sukai. Motif yang ada di dalam baju bisa menampilkan si Kecil yang ceria, manis bahkan menggemaskan.

5.         Memilih warna baju

Anak-anak merupakan simbol dari kebahagiaan, oleh karena itu Bunda bisa memilih baju si Kecil dengan warna yang cerah. Di usia batita, Bunda sudah bisa bertanya kepada si Kecil ketika akan memilih warna baju kesukaan mereka.  Begitu pun modelnya. Namun demikian, Bunda dapat memandunya dengan menunjukkan model-model yang simpel dan tidak menghambat gerak. Bunda, yuk baca juga artikel tentang pakaian si Kecil di artikel " Pilihan Bahan Pakaian Nyaman dan Aman Buat Si Kecil" (*)