Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / Si Kecil Rewel saat Salat Ied? Ini yang Harus Bunda Persiapkan

Jun 20, 2017

Si Kecil Rewel saat Salat Ied? Ini yang Harus Bunda Persiapkan

Share Article ini

 

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu umat Muslim sedunia. Begitu pula dengan Ayah dan Bunda, terlebih ini merupakan momen berharga juga untuk mengenalkan perayaan Idul Fitri kepada si Kecil. Namun apakah si Kecil sudah siap untuk diajak melakukan salat Idul Fitri bersama di masjid?

Di usianya yang sudah menginjak 3 tahun, mungkin Bunda cenderung lebih mudah untuk mengarahkan si Kecil bagaimana harus bersikap dan apa yang boleh dan tidak dilakukannya. Namun hal tersebut belum tentu menjamin ia tidak akan rewel saat diajak sholat Ied, terlebih bila sedang dilanda rasa bosan. Lalu apa saja yang perlu Bunda siapkan dan perhatikan bila mengajak si Kecil melaksanakan sholat Ied bersama, simak tips yang dikutip dari buku Mengajak Anak Ke Tanah Suci ini:

1. Tidur Cukup

Karena salat Ied dilakukan pagi hari, pastikan si Kecil tidur tidak larut malam. Cukupkan waktu tidur anak sejak dari malah hari, agar keesokkan pagi ia bisa bangun tepat waktu tanpa terpaksa atau masih merasa mengantuk. Bangun dengan perasaan segar bisa membuatnya bersemangat mengikuti salat Ied di masjid.

2. Perut Kenyang

Sebelum berangkat ke masjid, pastikan si Kecil sarapan terlebih dulu. Tidak perlu sarapan yang terlalu berat, cukup roti dan susu DANCOW Advanced Excelnutri+ kesukaannya atau buah. Bunda juga bisa membawa bekal cemilan kesukaan si Kecil untuk antisipasi bila masih merasa lapar.

3. Membawa Mainan Favorit si Kecil

Mainan bisa menjadi salah satu alat untuk membuat si Kecil merasa nyaman. Pilihlah mainan favorinya, seperti boneka atau mobil-mobilan yang bisa dimainkan saat menunggu Ayah dan Bunda selesai salat Ied.

4. Teman Sebaya atau Lebih Tua

Bila ada saudara yang memiliki anak seusia atau lebih tua dari si Kecil, ada baiknya Bunda melakukan salat Ied berdekatan dengan mereka. Atau bila ada saudara perempuan yang sedang tidak bisa ikut melakukan salat Ied, Bunda bisa meminta bantuannya mengawasi si Kecil. Dengan adanya teman, anak akan lebih mudah mengontrol rasa bosannya dan tidak mudah rewel saat pelaksanaan salat Ied berlangsung.

5. Tetap Ajarkan Si Kecil

Di usianya 3 tahun, seringkali si Kecil belum bisa mengendalikan diri. Meski begitu, Bunda janganlah menyerah untuk tetap mengingatkan dia agar tidak berteriak-teriak, menangis, atau berlarian saat pelaksanaan salat Ied atau ceramah.

Semoga tips diatas bisa membantu Bunda dalam mempersiapkan ketika mengajak si Kecil untuk pelaksaan sholat Ied. Komunikasian dengan baik kepada si Kecil agar mereka mengerti arti penting dari ibadah. Apalagi ini perayaan satu tahun sekali. Semoga berhasil Bunda.

Bunda yuk baca juga artikel mengenai Idul Fitri di artikel “Resep Kue Lebaran Sehat untuk si Kecil”. Selamat Hari Raya Idul Fitri.