Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / Sediakan 5 Buah Ini untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Jun 20, 2017

Sediakan 5 Buah Ini untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Share Article ini

Bunda dan Ayah tentu sudah siap secara lahir-batin untuk menjalani ibadah puasa. Tapi tahukah Bunda dan Ayah bila kekurangan cairan atau dehidrasi bisa terjadi saat menjalankan ibadah puasa? Apalagi untuk si Kecil yang baru saja mulai belajar berpuasa.

Menurut artikel Mempersiapkan Anak Berpuasa yang dipublikasikan situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, penyebab dehidrasi adalah kehilangan cairan yang berlebihan atau kekurangan pemasukan cairan tubuh. Sementara selama puasa, dehidrasi bisa terjadi karena tubuh tidak memperoleh cairan selama hampir 14 jam. Padahal tubuh sangat membutuhkan asupan cairan untuk mendukung aktivitas fisik Ayah, Bunda, dan si Kecil.

Lalu bagaimana agar Ayah, Bunda, dan si Kecil bisa tetap menjalani ibadah puasa tanpa harus mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan? Ketika bersantap sahur, Bunda siapkanlah beragam menu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, Bunda dan seluruh anggota keluarga sebaiknya mengonsumsi menu yang dapat mempertahankan kadar gula darah lebih lama. Contohnya beras merah, ubi, kacang hijau, oatmeal, roti gandum, apel, jeruk, dan pisang.

Sementara saat berbuka puasa, Bunda perlu menyiapkan asupan yang mampu meningkatkan kadar gula dengan cepat dalam waktu singkat, misalnya: manisan buah, buah dalam kaleng, semangka, donat, kentang, nasi dan roti. Nah, agar anggota keluarga bisa menunaikan ibadah puasa dengan kondisi prima dan terhindar dari dehidrasi, Bunda bisa menyediakan lima buah ini:

1.    Semangka
Buah semangka memiliki banyak air yang jbisa mencegah dehidrasi. Selain itu, semangka memiliki serat makanan dan karbohidrat sederhana yang mudah dipecah dan diserap usus. Semangka juga mengandung gula yang berisi berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, sodium dan potasium, yang efektif untuk mencegah dehidrasi.

2.    Mangga
Komponen buah mangga terdiri dari air, karbohidrat (dalam bentuk gula), dan vitamin. Mangga juga mengandung vitamin A, B, C, dan E. Satu buah mangga, menyediakan seperempat vitamin C.

3.    Blewah
Seperti yang dijelaskan dalam situs Self Nutrition Data, blewah merupakan buah yang memiliki banyak kandungan air. Juga mengandung vitamin C, kalsium, dan antioksidan.

4.    Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C dan kaya akan air. Rasanya yang manis dan segar membuat buah jeruk ini wajib dikonsumsi setiap hari selama puasa.

5.    Buah beri
Beragam jenis buah beri, seperti stroberi, rasberi, dan bluberi tidak hanya kaya kandungan air, tapi juga antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa.

Saat berbuka puasa, Bunda bisa menyajikan buah-buahan itu sebagai buah potong, jus, atau es buah. Jangan lupa juga untuk memastikan seluruh anggota keluarga meminum air putih yang cukup, selepas berbuka puasa dan saat sahur. Bunda yuk baca juga artikel mengenai puasa di artikel “Ingin Berbuka Puasa? Sebaiknya Hindari 4 Jenis Sajian Ini

Selamat berpuasa, Bunda!