Home / Semua Usia / 14 Resto Pilihan yang Menarik Dikunjungi Bersama Si Kecil

Jan 22, 2018

14 Resto Pilihan yang Menarik Dikunjungi Bersama Si Kecil

Share Article ini

Makan di luar rumah bersama anak-anak menjadi salah satu cara Bunda dan Ayah untuk mengatasi kebosanan sekaligus memberikan pengalaman baru. Meski demikian, agar waktu makan jadi menyenangkan, dibutuhkan trik-trik khusus.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, MPsi., menyarankan Bunda dan Ayah sudah memilih restoran mana yang dituju. Perihal memilih restoran ini penting sebab tidak semua restoran dapat dikunjungi oleh anak-anak. Misalnya restoran yang tempat duduknya tidak nyaman untuk anak, berbau asap rokok, atau terlalu ramai.

   Pun jika Bunda dan Ayah ingin makan di restoran yang lebih formal dan punya table manner yang baik, lebih baik berpikir ulang, sebab restoran yang terlalu formal membuat anak jadi lebih rewel. Lebih baik memilih restoran yang sudah dikenal sebagai restoran keluarga karena dekorasinya mungkin dipenuhi warna dan juga mungkin banyak objek yang bisa menarik perhatiannya.

  “Lebih baik lagi kalau dilakukan reservasi dulu untuk menghindari antrean panjang atau waktu tunggu. Sebab anak-anak kalau disuruh menunggu umumnya mood-nya akan rusak. Bila sudah begini, mereka akan cenderung jadi rewel.”

   Sebagian besar kekhawatiran orangtua kalau mengajak anak-anaknya terutama yang usia batita, saat pertama ke restoran adalah masalah etika. “Memang hal ini menjadi tantangan ketika kita hendak mengajarkan si Kecil bagaimana bersikap yang baik di restoran. Untuk itu, orangtuanya perlu memberi tahu soal rencana makan di luar bersama keluarga. Beri pengertian padanya bahwa restoran adalah tempat umum. Tak ada salahnya melakukan role playing/bermain peran di rumah sebelumnya. Misalnya saat makan malam di rumah, berpura-pura seperti di restoran. Lalu Bunda bisa menerangkan sikap seperti apa yang diharapkan dari si Kecil.”

   Ketika di restoran, pesanlah makanan yang familiar atau minimal mirip dengan makanan yang sudah pernah dimakan si Kecil sebelumnya. “Wisata kuliner dengan mencicipi makanan yang mungkin kategorinya ‘aneh-aneh’ mungkin hanya cocok untuk orangtua. Sebaliknya, anak- anak kurang tepat bila diajak mencoba berbagai makanan asing, sebab mereka cenderung menolak makanan yang belum pernah mereka makan sebelumnya.”

Vera juga menyarankan, mengajak makan di luar tetap memerhatikan jenis menu dan nutrisinya. “Tidak direkomendasikan untuk ke junk food restoran. Jadi meskipun ke restoran, anak tetap harus mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang. Jangan asal enak dan kenyang.”

Terakhir, Vera berpesan, waktu makan di luar bersama keluarga adalah waktu berharga karena merupakan ajang berkumpul. “Maka jangan sampai Bunda dan Ayah sibuk dengan gadget apalagi memberikan gadget itu pada anak agar tidak rewel. Hal ini akan membuat waktu makan keluarga tidak menjadi pengalaman yang berharga untuk anak.” (*)

10 RESTO PILIHAN

  1. Restoran Remboelan / Jakarta Selatan

Ingin mengenalkan masakan Indonesia dalam suasana restoran keluarga? Remboelan bisa menjadi pilihan karena suasananya nyaman untuk anak-anak. Dekorasi ruangannya sangat unik. Begitu pula dengan sajian makanannya, terlihat sekelas hotel berbintang. Sebagai perhatian Bunda Ayah, di restoran ini tidak tersedia aneka fasilitas bermain. Namun tidak ada salahnya mengajak anak ke sini, untuk mengenal cita rasa masakan Indonesia.

Alamat: Plaza Senayan, Lantai 4

Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan

Jam buka: 10.00-21.00

  1. De Saung HK Resto / Bogor

De Saung HK Resto bisa dijadikan tujuan untuk makan sekaligus bersantai bersama keluarga. Letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Salak, membuat atmosfer udara nya sejuk, membuat kita nyaman menghabiskan waktu disini. Rasa bosan dan penat di kota pasti akan segera tergantikan dengan pemandangan yang asri disini.

Untuk menu makanannya, tersedia makanan Indonesia, terutama dari Jawa Barat. Terutama menu ikan bakar dan pepesnya.

Alamat: Jl. Taman Sari Ciapus, Bogor Selatan

Jam Buka: 10.00 – 22.00

  1. Gili – Gili Bogor Restaurant/ Bogor

Di restoran Gili – Gili Bogor ini bisa kita cicipi makanan khas Sunda yang lezat dan menunya pun beragam. Lokasinya yang strategis membuat restoran Sunda ini mudah untuk ditemukan.

  Dengan konsep restoran keluarga, sangat tepat sekali jika membawa keluarga makan disini. Di restoran ini anda bisa memilih mau duduk di kursi dengan meja biasa  atau ingin berlesehan.

   Ada pula saung untuk lebih santai. Banyaknya pepohonan membuat suasananya sejuk ditambah adanya kolam ikan membuat Gili – Gili semakin nyaman. Anak-anak, sembari menunggu makanan, dapat bermain di aneka permainan yang tersedia di taman, seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dan tiang palang.

Alamat: Jl. Raya Pajajaran no. 69 Bogor, 0251 – 8340 – 111

Jam Buka: 10.00 – 21.00

  1. Ah Poong / Sentul City, Cibubur

Ingin mengajak si Kecil merasakan sensasi serasa makan di perahu yang mengapung seperti di Banjarmasin atau di Bangkok? Restoran Ah Poong di Sentul City ini perlu dicoba. Restoran ini sebenarnya berkonsep foodcourt. Setiap anggota keluarga dapat menikmati berbagai macam makanan yang tersedia sambil menikmati angin pegunungan yang sejuk dan pemandangan yang indah. Setelah makan, kita dapat berbelanja langsung aneka kudapan dan souvenir dari perahu-perahu yang menjajakan buah dan sayuran di sungai. Saat ini Ah Poong termasuk restoran keluarga yang sedang populer.

Alamat: Jl. Raya Sentul City / sebelah Hypermart

Jam Buka: 10.00 – 21.00

  1. Nanny’s Pavillon Terrace, Bintaro, Tangerang Selatan

Nanny’s Pavillon adalah restoran keluarga di Jakarta dan Bandung yang memiliki tema interior berbeda untuk setiap cabangnya. Kali ini kami pilihkan yang bertema teras, karena lokasinya strategis yaitu berada di Bintaro Trade Centre,  Tangerang Selatan. Bunda dan Ayah dapat memilih area di dalam ataupun di luar untuk menikmati menu andalan berupa pancake yang pastinya disukai anak-anak. Restoran keluarga ini interiornya dibuat seperti taman yang penuh dengan daun-daun dilengkapi dengan kursi-kursi taman berwarna putih.  Restoran ini lebih banyak menyajikan menu barat.

Alamat:    Bintaro Entertainment Center, Lantai 1, Jl. Rasuna Said, Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang

Jam Buka: 10.00-21.00

  1. Tamani Kafe Kids, Kemang, Jakarta Selatan

Berbeda dengan Tamani Kafe lainnya, restoran ini dilengkapi dengan arena bermain anak-anak yang luas. Berlokasi di Kemang, restoran ini termasuk restoran keluarga di Jakarta yang sering digunakan sebagai tempat pesta ulang tahun anak- anak. Orang tua dapat bercengkrama sambil menikmati santapan, sedangkan anak-anak bila sudah makan bisa bermain sepuas hati di sana.

Alamat: Kemang Square, Jl. Kemang Raya No. 5.

Jam Buka: 11.00 - 20.00

  1. Holy Smokes/ Jakarta Selatan

Holy Smokes merupakan salah satu tempat makan untuk acara keluarga di Jakarta yang bisa dikunjungi. Sebuah restoran yang mengusung konsep sederhana ini rupanya mampu memberikan rasa nyaman dan tenang kepada siapa saja yang mengunjungi. Susunan kursi yang disediakan pun menggunakan metode susunan kursi keluarga karena restoran ini memang dibuat untuk disajikan kepada keluarga yang ingin bersantap ria di luar rumah.

  Untuk sajian makanan yang ada di restoran ini di antaranya makanan olahan ayam, makanan olahan daging sapi, dan camilan ringan lainnya.

  Alamat: Jl. Wolter Monginsidi No. 27, Senopati, Jakarta 12180

Jam buka: 10.00-21.00

  1.  Jun Njan/ Jakarta Pusat

Jun Njan merupakan tempat makan yang menyediakan hidangan laut dan juga masakan Cina. Ada pun beberapa olahan spesial yang bisa dipesan bersama keluarga tercinta antara lain sajian udang, sup, kepiting, cumi, ayam, lobster, daging sapi, dan berbagai macam olahan ikan laut.

Alamat:  Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, West Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta

Jam buka: 10.00-22.00

  1. Kitty’s Corner, Jakarta Utara

Dari interiornya sudah terlihat bahwa konsep yang diusung resto ini adalah bertema tokoh kartun Hello Kitty. Suasana serba merah jambu pastinya akan disukai, terutama oleh anak perempuan. Beberapa menunya dikreasi  seperti bentuk wajah Hello Kitty, sehingga semakin menambah selera anak terutama yang susah makan. Di dekat pintu masuk, pengunjung cilik juga dapat berfoto bersama boneka-boneka Hello Kitty yang dipajang.

Alamat: Ruko Metro Broadway, Blok A No. 6, Jl. Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Jam buka: 10.00-22.00

  1.  Marche / Jakarta Pusat

Dekorasi restoran Marche disesuaikan dengan gaya pasar tradisional Swiss yang sangat menarik. Menunya ramah dan tergolong sehat bagi anak-anak. Mereka juga akan merasakan sensasi seperti berbelanja terlebih dulu sebelum makanannya dimasak.

   Tersedia area bermain bernama “Heidi House” sehingga Bunda dan Ayah tidak perlu kuatir untuk berlama-lama di sini. Untuk yang memiliki bayi, tidak perlu kuatir, ada ruang ganti popok juga di restoran ini.

Alamat: Plaza Senayan Lantai 5 Unit CP 500, Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta

Jam buka:  10.00-22.00 (*)

  1. One Eighty Coffee (Bandung)

Tempat yang baru dibuka pada tahun 2016 ini merupakan restoran yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, karena kita bisa bersantap di tengah-tengah kolam, sementara anak-anak asyik bermain air.

   Ke dalaman air di area kolam adalah sedikit di atas mata kaki. Jadi kalau mau mencoba makan di sini, sebaiknya mengenakan sandal dan celana pendek. Dan jangan lupa bawa pakaian ganti untuk si Kecil!

   Meja-meja makan di sini diletakkan di tengah-tengah kolam yang dangkal! Secara desain, restoran ini mengusung konsep industrial, dengan sentuhan dinding bata serta dominasi unsur kayu.

  Hidangan Indonesia dan Western merupakan menu andalan di restoran ini. Baik Iga Garang Asam, Aglio Olio, sampai English Breakfast-nya semuanya begitu menggugah selera.

Alamat: Jl. Ganesha No. 3 Bandung 40132

Telepon: 0822 1800 0155

Jam Operasional:  08.00 – 23.00 (hari biasa dan Minggu) | 08.00 – 24.00 (Jumat – Sabtu)

  1. Piknik di kebun : Le Delice Café (Bandung)

Le Delice tergolong tempat baru di Bandung. Mereka mengusung konsep di mana kita bisa sekalian mengajak seluruh anggota keluarga untuk piknik di kebun!

   Kita tidak perlu repot membawa apa-apa, karena semua perlengkapan piknik sudah tersedia di sini – dari keranjang makanan, alat-alat makan, sampai sepeda cantik yang akan membuat Anda di foto seolah-olah sedang piknik di Central Park!

  Makanan yang disajikan bisa dinikmati anak-anak. Aneka macam pasta dan menu pencuci mulut dengan tampilan yang cantik-cantik tersedia di sana. Tersedia juga aneka roti dan pastry untuk camilan.

 Tempatnya yang cukup luas juga memungkinkan anak-anak berlari ke sana ke mari, namun tetap berada di bawah pengawasan . Untuk anak-anak perempuan, mereka bisa bermain anjang-anjangan atau rumah-rumahan menggunakan properti yang ada.

Alamat: Jl. Guntur no. 22 Bandung

Telepon: 022-730 0155

Jam Operasional: 09.00 – 21.00

  1. KoenoKoeni (Semarang)

 Ada playground tiga lantai di ruangan khusus.  Konsepnya cafe gallery. Banyak benda antik dipamerkan, mulai dari motor, berbagai peralatan rumah tangga, hingga kamera kuno. Kalau malam, pemandangan di bagian outdoor cukup cantik karena terlihat kelap-kelip lampu kota.

   Untuk masuk playground, dikenakan biaya Rp 20.000 per anak (pengantar gratis). Playground hanya dibuka pukul 12.00-15.00 dan 18.00-21.00.  Meski batas usia maksimal 7 tahun, tapi kadang ada anak usia 8-9 tahun ikut main di playground-nya. Makanan yang disediakan makanan Asia dan Eropa

Alamat : Jalan Tabanan no.4

Candi Baru – Semarang

  1. Lakers Club (Semarang)

Tempat ini merupakan club house suatu perumahan. Selain resto dan outdoor playground, juga ada kolam renang. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya empat! Dua kolam anak, satu kolam dewasa, dan satu whirlpool. Terakhir ke sana, biaya berenang kalau tidak salah ingat adalah Rp 30.000 per orang (sudah termasuk sewa handuk dan loker). Ada fitness center juga. 

   Disediakan beberapa otopet yang bebas dimainkan di satu spot. Udaranya segar, tempatnya luas. View-nya juga meneduhkan mata—banyak pohon dan di seberangnya ada danau. Lokasinya di BSB, agak jauh dari pusat kota Semarang. Makanan yang disediakan adalah makanan Indonesia.

Alamat: Jl. RM Hadi Subeno Sasrowardoyo

BSB – Semarang

Bunda, yuk  baca juga artikel tentang makan bersama si Kecil di artikel "Pentingnya Kebiasaan Makan Bersama untuk Si Kecil".