Home / Semua Usia / Mau Menjadi Bunda yang Lebih Baik? Intip Tipsnya di Sini

May 16, 2018

Mau Menjadi Bunda yang Lebih Baik? Intip Tipsnya di Sini

Share Article ini

Santai saja, Bunda. Tak perlu khawatir berlebihan bila saat ini belum bisa menjadi Bunda yang terbaik. Sebagai orang tua yang ingin selalu memberikan hal terbaik bagi Si Kecil, terkadang mencari formula teori pola asuh yang tepat bisa jadi membuat stres. Apalagi, bagi Bunda yang baru saja memiliki momongan. Terkadang, omongan tetangga juga bisa bikin pusing tujuh keliling.

Begitu sulitnya merealisasikan mimpi menjadi yang terbaik bagi Si Kecil, sebagian besar Bunda mungkin merasakan kecemasan, depresi, dan emosi yang luar biasa ketika pola asuh Bunda tidak sesuai dengan pemikiran orang lain. Padahal, justru pemikiran perfeksionis dan harapan yang belum diraih tersebut adalah yang menghambat Bunda menjadi yang terbaik.

Tak Harus Sempurna

Menjadi yang terbaik bukan berarti harus sempurna. Keraguan menjalani peran sebagai Bunda tentu saja akan ada. Hal yang terpenting adalah mencari tahu pola asuh seperti apa yang cocok diterapkan oleh Bunda kepada Si Kecil. Bunda bisa mengetahuinya dari membaca buku pola asuh orang tua atau artikel di DANCOW Parenting Center.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Bunda menjadi orang tua yang lebih baik bagi Si Kecil:

1. Cari Informasi dari Sumber Tepercaya

Sebaiknya Bunda tidak belajar dari sedikit sumber saja, tetapi dengan semua informasi yang masuk, Bunda dapat menyaring mana yang baik untuk diterapkan, dan mana yang tidak perlu. Terkadang saat membaca artikel atau jurnal tertentu Bunda bisa saja merasa bersalah, karena pola asuh yang diterapkan tidak sesuai dengan yang terdapat pada artikel tersebut.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Bunda memilih yang cocok dan melupakan yang memang belum sesuai untuk diterapkan. Hal ini tak bisa dipungkiri, sebab setiap keluarga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

2. Kenali Kepribadian Si Kecil

Setiap anak tentu lahir dengan kepribadian yang berbeda. Sebelum menerapkan pola pengasuhan yang disarankan para ahli, ada baiknya Bunda kenali dahulu karakteristik Si Kecil dan pahami apa yang benar-benar dibutuhkannya. Bisa jadi pola asuh yang direkomendasikan itu tidak sesuai dengan kondisi anak. Jadi, dengan cara ini Bunda dapat memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan pengasuhan yang tepat.

3. Anggap Kritik Sebagai Masukan

Poin satu ini memang sulit. Komentar-komentar sinis dari orang lain seputar teori pola asuh yang Bunda terapkan bisa menjadi pemicu stres dan depresi jika terus diambil pusing. Bisa saja ada orang yang mengomentari Si Kecil yang terlalu kurus sambil berkata, “Bunda, kok anaknya kurus banget?” atau mungkin berkata, “Jangan galak-galak sama anak.” Soal hal tersebut, tak usah ambil pusing. Ambil kritik yang baik sebagai masukan, dan lupakan saja kritik pedas yang kurang sesuai dengan kondisi Bunda.

4. Senyaman Mungkin dengan Keputusan yang Dibuat

Melakukan apa yang Bunda percaya adalah yang terbaik, tidak peduli apakah sesuai dengan pendapat orang lain atau tidak. Ketika Bunda merasa nyaman dengan keputusan yang dibuat, percayalah semua akan baik-baik saja.

5. Berhenti Mengejar Kesempurnaan

Sebaiknya tidak membandingkan Bunda dengan orang tua lain. Inilah yang disebut pertempuran dalam modern parenting. Melihat akun media sosial dari Bunda lainnya mungkin bisa membuat Bunda berpikir untuk mengejar kesempurnaan. Daripada berusaha untuk sempurna, lebih baik Bunda fokus pada apa yang penting, karena yang dibutuhkan Si Kecil adalah Bunda selalu ada di sisinya saat dibutuhkan.
 

Dukung Si Kecil Bereksplorasi

Dalam memutuskan sesuatu itu baik atau tidak untuk tumbuh kembang Si Kecil, terkadang memang tidak mudah. Ada kalanya Bunda menjadi protektif dan membatasi anak untuk bereksplorasi. Padahal, aktivitas ini penting untuk mendukung tumbuh kembangnya, mulai dari melatih perkembangan motorik kasar dan halus, hingga mendukung proses belajarnya.

Jadi, sebaiknya jangan batasi rasa ingin tahu Si Kecil yang sangat tinggi. Hal ini merupakan fase penting bagi anak untuk belajar. Dukung Si Kecil bereksplorasi dengan mengatakan #IyaBoleh, asalkan Bunda memastikan kesehatannya terlindungi. Salah satu caranya dengan memberikan makanan sehat bergizi lengkap seimbang. Susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung vitamin A, C, & D, zat besi, zink, dan Lactobacillus rhamnosus yang jumlahnya tiga kali lebih banyak dari produk sebelumnya, untuk bantu cukupi nutrisi Si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.

Menjadi supermom memang sangatlah menginspirasi. Namun, berupaya terlalu keras untuk menjadi pribadi yang sempurna bisa membuat Bunda depresi dan berisiko mengganggu pertumbuhan Si Kecil. Jadi, terapkan teori pola asuh orang tua hanya yang sesuai dengan kondisi Bunda dan Si Kecil, ya.