Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 5 - 12 tahun / Cara Ajarkan Si Kecil Belajar Membaca kala Bunda Sibuk Bekerja

Feb 01, 2017

Cara Ajarkan Si Kecil Belajar Membaca kala Bunda Sibuk Bekerja

Share Article ini

Menyediakan waktu untuk si Kecil buat sebagian orang tua bisa jadi merupakan masalah pelik, terutama bagi mereka yang keduanya bekerja dan tinggal di kota besar. Masalah utama mungkin bukan di faktor pekerjaan tetapi kemacetan yang kian parah.

Bagaimana tidak, untuk mengakali kemacetan, Bunda harus berangkat pagi-pagi sekali dan ketika pulang kantor terpaksa menghabiskan waktu berjam-jam di jalanan. Sesampainya Bunda di rumah, si Kecil sudah mengantuk atau sudah tidur. Kalau sudah begitu, bisa jadi Bunda hanya memiliki waktu di akhir pekan untuk mendampingi si Kecil dalam proses belajar dan tumbuh kembangnya.

Jika deskripsi di atas merupakan santapan Ayah dan Bunda sehari-hari, tidak perlu merasa bersalah. Tetapi bukan pula bisa menjadi alasan Ayah dan Bunda untuk menyerahkan tanggung jawab mendampingi proses belajar si Kecil ke orang lain, seperti pengasuhnya. Sebab Ayah dan Bunda masih bisa lho mendampingi si Kecil, hanya saja dalam prosesnya memerlukan bantuan pihak lain.

Apalagi kala si Kecil sudah memasuki usia lima tahun. Ini adalah usia yang cukup penting bagi si Kecil, sebagai masa persiapan sebelum masuk sekolah. Meski kemampuan membaca bukan milestone yang harus dicapai pada umur 5 tahun, ini adalah momen pre-reading skills buat si Kecil. Dengan mengenalkan abjad pada si Kecil, proses belajar membaca pun bisa menjadi lebih cepat dan mudah. Bunda perlu pula mencari tahu gaya belajar si Kecil. Sehingga bisa memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, bagaimana caranya memperkenalkan abjad dan mengobservasi gaya belajar si Kecil jika waktu Ayah dan Bunda habis di jalan? Berikut beberapa tips yang bisa menjadi solusi:

1. Membaca papan jalan

Manfaatkan waktu di jalan untuk mengajak si Kecil memperhatikan situasi lalu lintas termasuk billboard dan spanduk di jalan. Kala itu, Bunda bisa memperkenalkan si Kecil akan bentuk-bentuk abjad dari berbagai tulisan di billboard, spanduk, poster dan sebagainya.

2. Mengobrol tentang suasana di jalanan

Jika terjebak kemacetan di jalan, Bunda bisa mengajak ngobrol si Kecil. Deskripsikan situasi sekitar dengan bahasa yang menarik sehingga bisa mengembangkan kemampuan berbahasa serta kosakata si Kecil.

3. Sediakan buku bergambar di kendaraan

Jika si Kecil bosan saat di jalan atau dengan kemacetan, Bunda dapat membacakan cerita atau mengajak si Kecil melihat-lihat gambarnya. Setelah itu, Bunda tanyakanlah apa yang menarik di buku tersebut.

4. Manfaatkan gadget

Ayah dan Bunda dengan menginstal aplikasi edukatif yang bisa mengembangkan ketertarikannya untuk belajar membaca, misal aplikasi tentang pengenalan abjad, mengeja kata sederhana, menghubungkan antara gambar dan huruf, dan sebagainya.

Meskipun waktu yang Ayah dan Bunda miliki mungkin tidak sepanjang pekan, tetapi masih mempunyai quality time bersama si Kecil. Menjalin ikatan atau bonding dengan si Kecil tetap dapat Bunda lakukan dengan memanfaatkan quality time tersebut, sebaik-baiknya. Tinggal manfaatkan keadaan sekitar sekreatif mungkin, termasuk menjadikan gadget, buku, dan mainan sebagai alat bantu.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi