Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 5 - 12 tahun / Mengatasi Si Kecil yang Sering Tidur Terlalu Malam

Feb 20, 2017

Mengatasi Si Kecil yang Sering Tidur Terlalu Malam

Share Article ini

Bunda, dalam masa pertumbuhan, si Kecil membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam di malam hari. Meskipun begitu, ada pula anak yang mengalami kesulitan tidur. Sehingga jam tidurnya menjadi terlalu malam dan tidak wajar baginya.

Bila ini terjadi, si Kecil pun menjadi kurang tidur. Akibatnya, ia akan rewel, sulit diatur, lesu, bahkan malas beraktivitas. Padahal tidur malam sangat penting bagi si Kecil. Selain beristirahat, sel-sel tubuh juga berkembang dan memperbaiki diri ketika si Kecil tidur pada malam hari. Proses ini tidak terjadi ketika ia tidur siang.

Biasanya, si Kecil mengalami kesulitan tidur malam karena beberapa hal. Seperti:

1. Kelebihan energi

Pada usia 5 tahun, si Kecil memang memiliki energi yang sedang banyak-banyaknya. Fisiknya kuat dan keinginan kuat untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar terkadang memaksanya menahan rasa kantuk. Dan tanpa disadari, ia berusaha selalu terjaga agar tidak kehilangan kesempatan untuk bereksplorasi. Ia pun merasa belum mengantuk meskipun sudah larut.

2. Merasa takut

Beberapa anak mengalami ketakutan akan ditinggal sang ibu ketika tidur. Perasaan cemas ini akan membuatnya sulit tidur. Biasanya, si Kecil mengalami kekhawatiran seperti ini karena kekurangan waktu bersama Bunda atau sering ditinggal pergi tanpa Bunda pamit terlebih dahulu padanya.

3. Terlalu lama tidur siang

Jam tidur siang yang terlalu lama juga bisa menyebabkan si Kecil tidur terlalu malam, karena belum mengantuk dan masih menyimpan banyak energi. Terkadang ia juga sulit tidur karena menonton televisi. Film seru yang ditonton akan membuatnya senang dan teringat terus, apalagi jika menontonnya menjelang waktu tidur. Begitu juga dengan film yang menakutkan. Si Kecil akan takut sehingga otaknya akan terus waspada.

Bunda, untuk mencegah si Kecil tidur terlalu malam, Bunda harus memperhatikan penyebabnya. Untuk menonton televisi, sebaiknya Bunda membatasi waktu kegiatan ini. Misalnya mematikan TV minimal 2 jam sebelum waktu tidur malam si Kecil.

Lalu, batasi pula jam tidur siang si Kecil, sekitar 1-2 jam saja. Jika si Kecil sudah tidur selama 3 jam, Bunda bisa membangunkan perlahan-lahan. Agar ia mudah tidur malam dan suasana hatinya tetap terjaga.

Bunda pun disarankan memperbanyak waktu bersama si Kecil, agar dia tidak merasa takut ditinggal ketika tidur. Kebersamaan Bunda dengan si Kecil akan membuatnya lebih percaya dan tetap tenang saat tidur. Sehingga, ia akan relaks dan tidur tepat waktu.

Menjelang tidur, buatlah kegiatan yang nyaman. Ajak si Kecil mencuci kaki, sikat gigi, dan mengganti baju. Bacakan pula buku yang membuatnya senang atau memperdengarkan lagu berirama lembut. Kegiatan ini akan membuat si Kecil menenangkan diri, sebagai jeda setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Dengan tubuh yang nyaman dan pikiran tenang, ia akan mudah mengantuk dan akhirnya tertidur.

DANCOW Bisa Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi