Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 5 - 12 tahun / Gizi Seimbang, Dukung Pertumbuhan Optimal

Gizi Seimbang, Dukung Pertumbuhan Optimal

Nov 23, 2015

Gizi Seimbang, Dukung Pertumbuhan Optimal

Share Article ini

Hingga usia lima tahun, si Kecil mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa cepat. Perkembangan fisik dan kecerdasan itu si Kecil tidak hanya dipengaruhi oleh faktor stimulasi yang Bunda berikan, tetapi juga pemberian makanan. Sebab bila si Kecil kekurangan gizi akan berdampak pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Makanan bergizi seimbang ini harus terdiri dari jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.

Memberikan makanan bergizi seimbang pada si Kecil mungkin menjadi tantangan bagi Bunda. Apalagi ketika si Kecil mulai menolak dan hanya ingin makan satu jenis makanan yang itu-itu saja itu saja. Bila begitu, Bunda sebaiknya memberikan makanan dengan mengkreasikan resep dan jenis makanan.

Misalnya, si Kecil tidak mau memakan telur dan susu, Bunda dapat mengolahnya menjadi pancake. Dengan olahan nan berbeda, si Kecil tetap memperoleh asupan nutrisi yang memadai. Untuk membantu si Kecil makan dengan baik, cobalah Bunda memberi satu dari masing-masing kelompok makanan berikut setiap hari:

1. Makanan mengandung karbohidrat

Bunda bisa berikan makanan ini sebagai menu utama atau kudapan si kecil. Yang termasuk jenis makanan ini adalah: beras, sereal, pasta, beras, kentang, dan ubi jalar, ubi.

2. Buah dan sayur-sayuran

Jenis panganan ini sangat penting karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk pertumbuhan si Kecil. Bunda dapat mengkreasikan buah dan sayur dengan bentuk yang menarik seperti kreasi bento agar si Kecil lahap menyantapnya. Biasakan memberikan buah sebagai kudapan untuk si Kecil, sekitar 15 menit usai makan nasi. Jangan terlalu dekat dengan waktu makan utama, agar pencernaannya tidak bekerja berat.

3. Makanan tinggi zat besi dan protein

Si Kecil perlu mendapat asupan yang tinggi protein dan zat besi, dua kali atau tiga kali sehari. Beberapa sumber makanan yang mengandung protein dan zat besi terbaik adalah: daging, ikan, telur, kacang tanah dan produk kacang, seperti selai kacang atau mentega almond.

4. Produk susu

Produk susu mengandung kalsium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Idealnya, si Kecil menyantap tiga asupan susu atau produk olahannya seperti keju dan yogurt. Sementara susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan (sumber DHA), omega 3 (asam α-linoleat), dan omega 6 (asam linolenat) membantu memenuhi kebutuhan gizi si Kecil untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil