Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 5 - 12 tahun / 6 Cara Jaga Kesehatan si Kecil Kala Bunda Sakit

Mar 16, 2017

6 Cara Jaga Kesehatan si Kecil Kala Bunda Sakit

Share Article ini

Ketika terserang flu, pasti Bunda merasa sedih sekali. Sebab Bunda harus membatasi interaksi dengan si Kecil. Apalagi kekebalan tubuh si Kecil belum terlalu kuat. Sehingga ia lebih mudah terserang penyakit jika ada kuman dan bakteri di sekitarnya.

Nah selama sakit, Bunda harus tetap menjaga si Kecil agar tidak tertular flu. Berikut caranya:

1. Menjaga jarak

Saat sakit, Bunda haruslah harus menjaga jarak dengan si Kecil. Sebab, virus flu yang menjangkit Bunda bisa terbang dalam radius satu hingga dua meter. Selama itu, biarkan si Kecil bermain bersama Ayah atau Nenek dan Kakeknya sementara waktu.

2. Memalingkan Wajah dan Menggunakan Masker

Kala berdekatan dengan si Kecil, tutuplah bagian hidung dan mulut Bunda. Terutama kala Bunda batuk atau bersin, palingkan wajahlah. Agar lebih aman, sebaiknya Bunda juga menggunakan masker. Sehingga tidak menyebarkan virus kepada lingkungan sekitar si Kecil.

3. Mencuci Tangan

Pada waktu tertentu, terkadang Bunda harus tetap bersentuhan dengan si Kecil, meski sedang sakit. Misalnya saat si Kecil minta diantar ke toilet atau dibantu mengambilkan barang. Karena itu, Bunda harus sering mencuci tangan setelah batuk, bersin, atau akan memegang benda yang berhubungan dengan si Kecil. Pastikan Bunda mencuci tangan dengan benar. Gunakanlah sabun, lalu gosokkan tangan secara berulang kali selama 15-20 detik. Sehingga kuman bisa hilang dari tangan Bunda.

4. Olahraga

Olahraga adalah senjata terbaik untuk melawan flu. Agar Bunda lekas sembuh dan ketahanan tubuh si Kecil terus terjaga, ajaklah ia berolahraga. Berjalan kaki keliling kompleks atau senam ringan di halaman rumah pun bisa Bunda lakukan bersamanya. Latihan tersebut berfungsi memindahkan darah ke seluruh tubuh serta menggerakkan sel darah putih untuk mencari dan melawan infeksi.

5. Tidur Cukup

Istirahat yang cukup menurunkan risiko terkena flu. Karena itu, Bunda harus memastikan tidak kurang tidur, sekitar 10 jam sehari. Selain itu, tidur si Kecil pun harus berkualitas. Sehingga ia dapat benar-benar beristirahat. Ketika si kecil tidur, Bunda pun harus beristirahat cukup. Agar Bunda cepat pulih dan dapat bermain lagi bersama si Kecil.

6. Membuka Sirkulasi Rumah

Beberapa Bunda memutuskan menutup rumah rapat-rapat kala sakit. Alasannya, biar angin tidak mudah masuk dan tubuh tidak merasa kedinginan. Tapi sebaiknya Bunda menghindari hal ini. Menutup sirkulasi udara ke dalam rumah, seperti jendela atau pintu, malah akan membuat virus dan kuman penyakit menetap di dalam rumah. Baiknya, biarkan sinar matahari dan udara segar masuk ke seluruh ruangan.

7. Makan Santapan Bernutrisi

Selama sakit, Bunda harus tetap memperhatikan menu makanan yang tersedia di rumah tetap mengandung gizi dan nutrisi seimbang. Menurut dokter spesialis anak, Hindra Irawan Satari, pemberian makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sangat berperan dalam mempertahankan kekebalan tubuh.

“Tidak ada makanan khusus, sepanjang si Kecil suka dan makanan dimakan secara proporsional, maka efek yang diharapkan akan tercapai,” kata Hindra. "Bunda pun bisa memperbaiki sistem imun dari dalam, dan lekas sembuh."

Kepada si Kecil, Bunda bisa pula memberikan DANCOW 1+ EXCELNUTRI+. Susu pertumbuhan ini dilengkapi prebiotik dan probiotik yang membantu menjaga saluran cerna untuk perlindungan bagi si Kecil. Selain itu, DANCOW 1+ EXCELNUTRI + mengandung vitamin A,C,E mineral selenium, dan zink. Juga Lactobacillus rhamnosus NCC 4007 & Bifidobacterium longum NCC 3001, kombinasi prebiotik dan probiotik yang memberikan efek baik pada kesehatan.

DANCOW Lindungi si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi.