Home / Semua Usia / 5 - 12 tahun / 10 Tempat rekreasi untuk si Kecil di Jakarta

Sep 08, 2017

10 Tempat rekreasi untuk si Kecil di Jakarta

Share Article ini

Pentingnya Mengajak Si Kecil Ke Tempat Rekreasi

Menurut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psikolog., mengunjungi tempat rekreasi bersama-sama memberikan manfaat untuk si Kecil, antara lain meningkatkan kualitas waktu bersama keluarga, mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Di tempat rekreasi, juga akan banyak hal baru yang dilihat dan dipelajari si Kecil sehingga memperluas wawasan dan menambah keterampilan sosialnya.

Biasanya anak menjadi sering bertanya pada orangtua. Untuk itu, sebaiknya Bunda sudah mempelajari apa saja yang ada di dalam tempat rekreasi yang akan dituju agar bisa menjelaskan ke anak secara detail.

Momen ini sekaligus dapat membuat si Kecil merasa aman dan nyaman ketika bepergian bersama orangtuanya. Bunda pun juga bisa mengenal anak secara lebih dalam melalui perjalanan rekreasi ini.

Jika tempat rekreasi berupa museum, Si Kecil juga memiliki pengalaman langsung untuk belajar atau experiential learning.

Penjelasan yang juga disampaikan secara visual akan lebih mudah diterima oleh anak daripada hanya dalam bentuk tulisan/lisan saja. Anak menjadi mudah memahami dan mengingat apa yang diberikan ketika melihat benda atau gambarnya secara langsung.

Jika rekreasi ke tempat yang menunjukkan berbagai budaya, secara tidak langsung Bunda sudah menunjukkan ke anak bahwa ada banyak budaya di lingkungannya.

Ini akan membantu anak untuk menerima perbedaan di sekitarnya sebagai hal yang lumrah dalam hidup di tengah bangsa yang memiliki beragam suku. Penerimaan ini akan membuatnya luwes dalam bergaul kelak.

Semakin banyak lokasi yang dikunjungi, maka semakin banyak pula variasi budaya yang diketahuinya. Ajarkan si Kecil bahwa setiap budaya memiliki keunggulannya masing-masing yang harus dihargai. Si Kecil pun akan semakin bangga akan identitas budaya sendiri. (*)

10 Tempat rekreasi untuk si Kecil di Jakarta

Jika selama ini Bunda  lebih sering mengajak anak ke mal untuk shopping sekaligus makan saat akhir pekan, mungkin kini saatnya membawa si Kecil main-main di tempat baru. Banyak taman, museum, dan tempat bermain anak di Jakarta yang nyaman dan patut dikunjungi bersama keluarga. Anak-anak pun suka!

 1. The Playground

Ajak si kecil bermain di taman tengah kota dengan berbagai macam wahana permainan di Playground.  The Playground adalah tempat bermain anak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Anak bayi hingga berumur 10 tahun bebas bermain di sini. Fasilitas yang disediakan antara lain flying fox, area bermain air, dan tempat yang bisa disewa untuk merayakan ulang tahun lengkap dengan meja-kursi.

Alamat: Jl. Kemang Dalam 3B # B6, Jakarta Selatan, telp. 021–719 6962

Jam buka: 08.00-18.00 setiap hari

2. Kidzania

Uniknya di tempat ini, si Kecil bisa belajar memainkan profesi cita-cita mereka di Kidzania. Tempat bermain anak ini di ada di dalam Pacific Place Mall, Jakarta. Arena bermain ini memiliki 71 paviliun tempat anak-anak bisa menjalani peran berbagai profesi.

Alamat: Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53

Jam buka: Sesi 1 pada 09.00-14.00 dan sesi 2 pada 15.00-20.00

3. Pinisi Edutainment Park

Di tempat ini, Bunda bisa mengenalkan si Kecil pada kebudayaan Indonesia. Si Kecil bisa belajar membatik, memainkan wayang, dan menari tradisional dengan dibantu pendamping.

Alamat: Pasaraya Blok M 9th & 10th Floor Jl. Iskandarsyah II No. 2

Jam buka: 09.00-19.00

4. Galeri Indonesia Kaya

Nikmati pertunjukan budaya dengan multimedia secara gratis!

Galeri seni dan ruang pertunjukan multimedia ini cocok buat si Kecil karena bisa belajar tentang kebudayaan Indonesia yang kaya dengan bantuan multimedia serta menikmati pertunjukan budaya dengan gratis.

Alamat: Jln. MH.Thamrin No.1, telp (021) 235 80 701

Jam buka: 10.00-22.00

Tiket masuk: Gratis (harus reservasi dulu lewat http://www.indonesiakaya.com/galeri-indonesia-kaya/kegiatan)

5. Sky Rink

Berseluncur di atas es tanpa harus turun salju, di sini tempatnya.

Tempat bermain ice skating ini sudah lama ada di Jakarta. Di sini, si Kecil bisa bermain seluncuran es layaknya di negeri subtropis yang punya musim salju.

Alamat: Mal Taman Anggrek, Lt. 3

Jam buka: 09.00-21.30

6. Planetarium

Tempat wisata ini sudah lama berdiri dan jadi favorit anak-anak untuk melihat bintang.  Pertunjukan utamanya adalah teater bintang.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No.73

Jam buka: Selasa-Minggu dengan jam-jam tertentu untuk rombongan dan umum (Lihat: planetariumjkt.com/index.php/planetarium/jadwal-pertunjukan.html)

7. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Agar tumbuh dewasa menjadi pribadi yang tertib berlalu lintas, tak ada salahnya si Kecil belajar rambu-rambu lalu lintas di sini. Ayah Bunda juga bisa mengajak si Kecil mengenali dunia lalu lintas di sini. Tersedia mobil-mobilan bagi anak dan juga sepeda untuk mengelilingi taman yang luas ini.

 Alamat: Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur

Jam buka: Senin-Jumat rombongan; Sabtu-Minggu umum

8. Giggle Fun Factory

Biarkan si Kecil bereksperimen di wahana air Giggle Fun Factory. Di tempat bermain yang satu ini, anak-anak bisa bereksperimen dengan air serta bermain di dua arena playground.

 Alamat: fX Lifestyle Xnter, f5 (Lantai 5) Jln. Jend. Sudirman, Pintu Satu Senayan

Jam buka: Setiap hari pukul 10.00–22.00

9. Monumen Nasional (Monas)

Tempat wisata murah meriah di Monas yang sekarang lebih bersih dan rapi. Monas yang telah ditata bisa jadi pilihan anak buat bermain sekaligus belajar sejarah Indonesia.

 Alamat: Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat

Jam buka: Senin 04.00-10.00; Selasa-Minggu 04.00-20.00

10. Ocean Ecopark Ancol

Bila mengajak si Kecil datang ke Ocean Ecopark Ancol waktu malam, ada pertunjukan laser yang keren. Di pagi hari, anak-anak bisa menyesap udara segar sekaligus bermain di taman seluas 33,6 hektare ini.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (bekas Lapangan Golf Ancol)

Jam buka: Setiap hari pukul 08.00-17.00 (acara laser pukul 19.00)

Itulah 10 tempat bermain anak di Jakarta yang patut dikunjungi bersama keluarga. Selain menjadi arena bermain, tempat-tempat itu juga menyediakan wahana yang bersifat edukatif bagi anak-anak sekaligus melatih kecerdasan dan bersenang-senang.

Bunda yuk baca juga artikel mengenai berwisata bersama si Kecil di artikel "Ketika Bunda Membiarkan Si Kecil Bereksplorasi".