Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Yuk Bunda, Kembangkan Logika Anak dengan Permainan Tebak Gambar

Nov 01, 2016

Yuk Bunda, Kembangkan Logika Anak dengan Permainan Tebak Gambar

Share Article ini

Meskipun terlihat santai, bermain merupakan sarana tumbuh kembang bagi si Kecil. Bahkan dari permainan pula ia bisa belajar dan mengembangkan kemampuannya secara kognitif, motorik, emosi, maupun sosial. Kala berusia 3 tahun, Bunda bisa mengajaknya bermain tebak gambar untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya, terutama logika. Karena ketika menebak gambar yang ada di hadapannya, sesungguhnya ia tengah membiasakan otaknya bekerja. Lalu, apa saja permainan tebak gambar yang bisa Bunda berikan padanya?

1. Puzzle

Bunda tentu tidak asing dengan permainan tebak gambar yang satu ini. Untuk usianya yang masih 3 tahun, Bunda bisa memberikan puzzle dengan potongan gambar yang cukup besar. Contohkanlah padanya cara memainkan dan menyusun potongan gambar itu. Kemudian, mintalah ia untuk menata sendiri kepingan gambar tersebut.

2. Buku aktivitas

Ketika ke toko buku, Bunda pasti akan menemukan beragam buku yang berisi gambar beragam benda. Biasanya, pengarang buku itu akan menginstruksikan si Kecil untuk membuat garis yang menghubungkan satu gambar dengan gambar lainnya. Ajaklah ia menebak dan membuat garis penghubung. Untuk memacu logikanya, jelaskan pula pada dia mengenai ciri gambar-gambar tersebut. Misalnya, "Kelinci suka makan sayuran berwarna oranye. Ayo, apa nama sayurannya?"

3. Membuat gambar berpasangan

Dalam aktivitas ini, Bunda cukup membuat sejumlah gambar dengan pasangannya. Misalnya, kera dengan pisang, harimau dengan sesuatu yang belang-belang, burung dengan sayap, dan lain-lain. Dengan gambar-gambar itu, logika si Kecil akan lebih berkembang dengan mengetahui bahwa burung selalu terbang karena memiliki sayap. Kera suka makan pisang karena makanan pokoknya adalah buah tersebut.

4. Mencocokkan gambar dengan benda asli

Untuk permainan ini, Bunda memerlukan potongan gambar yang mewakili perabotan atau benda di sekitar rumah. Misalnya dengan menggunting gambar bangku, meja, kasur, atau lainnya dari majalah bekas. Kemudian, mintalah si Kecil untuk menaruh gambar-gambar itu pada benda aslinya.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi