Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Nutrisi Rahasia Agar Si Kecil Tidak Mudah Sakit

Mar 15, 2017

Nutrisi Rahasia Agar Si Kecil Tidak Mudah Sakit

Share Article ini

Mampu berjalan sendiri merupakan pencapaian terbesar bagi setiap anak. Setelah tahapan ini terlewati, si Kecil akan semakin aktif. Seperti tidak ada lelahnya, ia akan doyan bermain, berlari ke sana-sini, memegang segala benda, hingga menelusuri tempat baru di sekitar rumah. Namun di usia 1 tahun, daya tubuhnya belum sempurna seperti anak-anak yang lebih tua. Karena itu, Bunda harus terus menjaga asupan gizi dan nutrisi, juga kesehatan saluran pencernaannya. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, adalah:

Kacang-Kacangan dan biji

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang bisa meningkatkan respons kekebalan tubuh. Asupan ini akan merangsang produksi sel-sel pembunuh alami, sehingga mampu menghilangkan sel-sel germinal berbahaya di tubuh si Kecil. Untuk memenuhi kebutuhan akan kacang-kacangan, Bunda bisa memberikannya susu kedelai yang mengandung flavonoid guna menambah daya tahan tubuh.

Madu

Bagi tubuh, madu berfungsi sebagai anti-bakteri dan sebagai antioksidan. Tak hanya itu, madu juga mengandung protein penting yang dapat meningkatkan imunitas dan menjaga stamina tubuh. Bila perlu, Bunda bisa memberikan satu sendok makan madu kepada si Kecil setiap hari.

Brokoli

Seperti madu, brokoli juga mengandung anti-oksidan. Selain itu, sayuran hijau ini juga memuat vitamin C, vitamin K, beta karoten, kalsium, dan kalium. Agar si Kecil mau menyantapnya, Bunda bisa mengombinasikan brokoli dengan sup ayam. Sajian yang warna-warni tentu lebih menarik di mata si Kecil.

Bayam

Sayuran yang kerap dimasak kuah bening ini sarat akan serat, vitamin A dan C, juga asam folat. Bagi pencernaan si Kecil, bayam sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Sementara kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam bayam akan memberikan energi baginya untuk beraktivitas.

Ikan dan telur

Bunda dapat pula menjaga kekebalan tubuh si Kecil dengan memberikannya menu ikan yang mengandung Omega-3 asam lemak. Sementara telur mengandung vitamin A dan D yang juga baik guna menjaga imunitas tubuh.

Buah

Di antara menu sehari-hari, Bunda harus memastikan adanya asupan buah bagi si Kecil. Buah yang mengandung vitamin C akan mampu meningkatkan ketahanan tubuhnya dari infeksi, juga menyembuhkan luka.

Probiotik

Probiotik atau bakteri baik akan angat berguna untuk menjaga kesehatan cerna si kecil. Dalam sehari-hari, Bunda bisa memberikan probiotik melalui sajian olahan seperti yogurt maupun menu makanan semisalnya gandum, pisang, madu, juga kacang-kacangan. Bisa pula memberikannya susu pertumbuhan yang mengandung probiotik, seperti DANCOW 1+ EXCELNUTRI+.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi