Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Empat Indikator si Kecil Cerdas Logika

Mar 21, 2017

Empat Indikator si Kecil Cerdas Logika

Share Article ini

Kemampuan si Kecil dalam menghitung termasuk dalam kecerdasan logika-matematika. Cerdas berhitung tidak terbatas membilang. Tapi juga melihat, memahami angka, konsep bentuk, pola, dan menggunakan semuanya dalam memecahkan masalah. Menurut Eny Purwaningtyastuti dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, ada empat indikator kecerdasan logika-matematika ketika anak berusia 4 tahun.

Pertama, si Kecil tergolong cerdas ketika sudah bisa membilang dengan menunjuk benda dan mengenal konsep bilangan 1 sampai 5. Ketika mampu menyusun balok membentuk menara sambil mengurutkan dari yang paling kecil sampai yang paling besar, dia setahap lebih cerdas lagi.

Kedua, si Kecil disebut cerdas ketika bisa menghubungkan lambang bilangan atau angka dengan benda yang berjumlah sama. Rentang bilangan yang sebaiknya sudah ia kuasai adalah 1 sampai 5.

Ketiga, si Kecil memiliki kecerdasan logika-matematika jika mampu mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometrinya. Mulailah mengajarkannya dengan bentuk yang sederhana seperti segitiga, lingkaran, atau persegi.

Keempat, kecerdasan logika-matematika itu akan terlihat jika dia mampu mengategorisasi berbagai barang berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya berat, warna, jenis zat, dan sebagainya.

Nah, untuk merangsang kecerdasan ini, Bunda dapat memberikan stimulasi dengan permainan balok berwarna dan beragam bentuk. Bunda bisa mengembangkan aktivitas dengan mengajaknya mengurutkan, mengelompokkan, atau menyusun balok berdasarkan warna, ukuran, serta bentuk. Selain itu, Bunda bisa mengenalkan si Kecil pada permainan congklak. Dalam eksperimen Muharti, sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Bengkulu, anak usia dini yang bermain congklak mengalami peningkatan kemampuan dalam latihan matematika setelah melakukan permainan itu.

Selain stimulasi, Bunda sebaiknya juga mendukung proses belajar si Kecil dengan memberikannya nutrisi yang baik bagi otaknya. Seperti ikan salmon yang banyak mengandung DHA atau susu pertumbuhan. DANCOW 3+ EXCELNUTRI + merupakan susu pertumbuhan yang dapat membantu proses belajar karena mengandung minyak, Omega-3, dan Omega-6.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi