Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Belajar Sopan Santun Sejak Dini Lewat Bermain Rumah-rumahan

Belajar Sopan Santun Sejak Dini Lewat Bermain Tamu-Tamuan

Jun 29, 2015

Belajar Sopan Santun Sejak Dini Lewat Bermain Rumah-rumahan

Share Article ini

Sopan santun pada anak memang perlu diajarkan sejak dini. Salah satu cara yang dapat Bunda ajarkan adalah dengan bermain rumah-rumahan bersama si Kecil. Biasanya permainan akan dimulai melalui percakapan seperti “Tok.. tok.. tok. Nina-nya adaaa?”

Sapaan itu juga akan sering terjadi saat sosialisasi anak semakin terpupuk dengan teman-temannya. Hari ini si Kecil bermain ke rumah Nina, esoknya Nina mungkin yang akan berkunjung ke rumah yang lainnya. Apakah Bunda was-was si Kecil akan berperilaku baik di rumah Nina?

Ragam pertanyaan masalah kesopanan tersebut memang mengkhawatirkan. Bunda ingin si Kecil bersenang-senang dengan temannya, tapi juga ingin ia bertingkah laku sopan menghormati orang tua temannya, dan tidak membuat rumah mereka berantakan. Proses belajar anak untuk memahami etika kesopanan ini bisa dimunculkan dengan bermain rumah-rumahan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang manfaat dari permainan rumah-rumahan bagi si Kecil

Mengajarkannya Untuk Lebih Hormat

Mengajak si Kecil bermain rumah-rumahan sekaligus dapat mengajarkannya untuk lebih sopan dan hormat. Cobalah mengajarkan kepadanya untuk membiasakan diri berkata tolong, permisi dan terima kasih dengan baik dan benar. Sehingga, permainan tamu-tamuan selain menyenangkan, juga dapat menjadi proses belajar si Kecil untuk lebih hormat dan sopan kepada orang lain.

Mengajarkannya Cara Menyambut Tamu

Selain menyenangkan, permainan Rumah-rumahan ini juga dapat mengajarkannya bagaimana berperilaku sopan. Salah satunya adalah cara membuka pintu. Ajarkan pada si Kecil untuk membuka pintu dan menyambut tamu dengan ramah. Hal ini tentu dapat meningkatkan aksi cerdas seiring dengan tahapan usianya, khususnya untuk selalu bersikap sopan pada orang lain.

Mengajarkannya Bertutur Kata yang Lembut dan Sopan

Ajarkan pada si Kecil untuk menatap mata orang lain saat berbicara dan tersenyum saat berinteraksi dengan orang lain. Sikap sopan santun saat berbicara ini tentu sangat mempengaruhi proses belajarnya agar terbiasa bersikap sopan dan ramah pada setiap orang yang ditemui.

Mengajarkannya Agar Tidak Menginterupsi Pembicaraan

Melakukan permainan  Rumah-rumahan ini juga dapat memberikan kesempatan pada Bunda untuk mengajarkan agar tidak menginterupsi pembicaraan apabila orang lain sedang berbicara. Ajarkan pula pada si Kecil untuk merespon pembicaraan lawan bicaranya sebagai bentuk sopan santun saat berinteraksi dengan orang lain.

Terakhir, mengajak si Kecil bermain  Rumah-rumahan juga dapat membuatnya memahami dan mengerti bagaimana cara bertamu di rumah orang lain dengan baik dan sopan.