Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Ajarkan Si Kecil Disiplin Waktu Sejak Dini

Feb 28, 2017

Ajarkan Si Kecil Disiplin Waktu Sejak Dini

Share Article ini

Sebagai balita, hal utama si Kecil adalah belajar, bermain, dan bereksplorasi. Tapi bukan berarti ia tidak memerlukan disiplin. Justru di tahun-tahun pertama kehidupannya, penting untuk mengenalkan dan membiasakan dia hidup disiplin, terutama mengenal waktu. Dalam buku 8 Tahun yang Menakjubkan, Lely Noormindhawati mengatakan bila Bunda bisa melatih jadwal harian yang rutin sejak ia berusia 1 tahun. Sehingga ia mengerti pembagian waktu dan mengerti disiplin. Berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda lakukan:

Pengaturan jam tidur
Secara rata-rata, kebutuhan waktu tidur si Kecil sekitar 12-14 jam per hari. Jumlah tersebut bisa Bunda bagi menjadi aktivitas tidur siang dan malam. Agar ia paham pembagian waktu, Bunda harus mulai membiasakannya tidur pada jam yang sama. Misalnya pada pukul 12.00 ia sudah terlihat mengantuk, maka ajaklah tidur siang. Lakukan hal yang sama pada hari-hari berikutnya. Sehingga ia terbiasa tidur siang pada jam tersebut.

Bunda perlu pula memberikan perbedaan antara waktu siang dan malam. Buatlah kondisi agar si Kecil merasakan lewat kelima indranya bahwa ada beda antara siang dan waktu tidur di malam hari. Misalnya, buat kondisi di siang hari cukup ramai, aktif, dan terang. Kebalikannya, di malam hari buat kondisi tenang, temaram, dan nyaman.

Untuk waktu tidur siang, tidak perlu dibuat kondisi seperti malam hari. Agar ia tidak kebablasan tidur hingga malam. Biarkan saja ia tertidur alami, sehingga waktu tidur siangnya cukup 2-3 jam dan lebih banyak bermain. Harapannya, ia akan lebih lama tidur di malam hari.

Jam makan
Di usia satu tahun, jam makan si Kecil sudah mirip orang dewasa. Karena itu, Bunda bisa menjadwalkan waktu makannya saat sarapan sekitar pukul 08.00, kemudian makan siang pada pukul 12.00, dan makan malam pada pukul 18.00. Ritme santapan yang selalu sama ini akan berpangaruh pada jam metabolismenya juga. Sehingga tanpa Bunda paksa, pada jam-jam tersebut ia sudah merasa lapar dan ingin makan.

Mandi dan berpakaian
Untuk urusan mandi, Bunda juga perlu jadwal yang teratur. Misalnya mandi pagi sebelum sarapan dan mandi sore sebelum bermain atau setelah bangun tidur siang. Dengan kebiasaan ini, lagi-lagi Bunda tidak perlu memaksanya mandi. Karena ia sudah terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Agar si Kecil tertarik untuk mandi, Bunda bisa menciptakan rasa aman dan nyaman ketika di kamar mandi. Misalnya dengan mainan saat mandi. Pastikan pula memeriksa suhu air, apakah terlalu dingin atau panas. Sehingga tubuhnya siap menerima guyuran air.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi