Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / Ajarkan Si Kecil Berbagi dengan Bermain Peran

Feb 27, 2017

Ajarkan Si Kecil Berbagi dengan Bermain Peran

Share Article ini

Memasuki usia 1 tahun, si Kecil semakin menunjukkan kemampuannya bersosialisasi. Seperti caranya beradaptasi dengan lingkungan baru, berbagi mainan atau makanan dengan teman, kemampuan berkomunikasi kala menginginkan atau tidak menyukai sesuatu hal, maupun menghargai orang lain. Perkembangannya dalam bersosialisasi ini sangat ditentukan oleh pola asuh Bunda dan Ayah di rumah. Kemampuan ini pula yang akan menentukan perkembangan kepribadiannya pada masa depan. Agar ia tak tumbuh menjadi egois, berikut yang bisa Bunda ajarkan padanya:

1. Mengenalkan konsep berbagi
Bunda, sikap egois bisa bermula dari keengganan si Kecil untuk berbagi. Karena itu, penting mengenalkan konsep berbagi kepadanya, sejak dini. Misalnya dengan mengajaknya makan bersama. Lalu berikanlah ia sebagian makanan dari piring Bunda, atau sebaliknya, meminta sebagian makanannya. Ketika melakukan itu, Bunda bisa sambil berkata, "Kita berbagi makanan ya, Dek. Biar kamu bisa merasakan makanan Bunda, Bunda juga bisa cicip makanan kamu." Sehingga ia akan mengerti bila maksud berbagi adalah memberikan kesempatan orang lain untuk merasakan apa yang dimilikinya.

2. Beri pengertian dan jangan memaksa
Ketika si Kecil tengah asyik bermain dan tidak ingin berbagi, Bunda jangan memaksanya. Sebab situasi itu hanya akan membuat ia marah dan semakin mempertahankan apa yang dipunyanya. Lebih baik, Bunda mengajaknya berbicara setelah ia selesai bermain. Tanyakanlah mengapa ia enggan berbagi mainan dengan temannya. Kemudian, jelaskanlah padanya bila bermain akan lebih seru dan mengasyikkan bila dilakukan bersama-sama. Hingga ia tertarik untuk mencoba berbagi dengan temannya saat bermain.

3. Memberi contoh
Children see, children do. Si Kecil akan mencontoh apa yang dilihat, baik dari Ayah, Bunda, dan orang sekitarnya. Termasuk contoh berbagi dengan orang lain. Seperti ketika datang ke tempat beribadah dan ada kotak amal, Bunda atau Ayah bisa menunjukkan padanya menyisihkan sebagian uang ke dalamnya. Ketika melakukan itu, ada baiknya Bunda juga memberikannya pengertian tentang arti berbagi dan manfaatnya bagi orang lain.

4. Bercerita dan bermain peran
Satu cara mengajarkan si Kecil berbagi bisa dilakukan dengan bercerita dan bermain peran. Misalnya waktu bermain masak-masakan, Bunda mengatakan ingin meminjam telor untuk membuat nasi goreng. Lalu setelahnya, berpura-puralah berbagi nasi goreng itu dengannya. Sehingga ia merasa bila berbagi akan membawa kebahagiaan, baik untuknya atau orang lain.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi