Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / 7 Cara Pilih Sepatu untuk Pertumbuhan Kaki Si Kecil

Mar 09, 2017

7 Cara Pilih Sepatu untuk Pertumbuhan Kaki Si Kecil

Share Article ini

Ketika si Kecil lahir, ia hanya memiliki 22 dari 26 tulang di kakinya. Empat tulang sisanya akan berkembang secara perlahan seiring dengan pertumbuhan kakinya sampai ia dewasa. Pertumbuhan kaki si Kecil harus Bunda dukung dengan pemilihan sepatu yang tepat. Tujuannya agar si Kecil merasakan nyaman kala belajar menggunakan sepatu. Lalu apa saja yang perlu Bunda perhatikan ketika memilih sepatu untuk si Kecil?

1. Sepatu bersol lembut

Pada saat mulai belajar berjalan, si Kecil akan lebih merasa nyaman berjalan tanpa alas kaki. Karena itu, sebaiknya Bunda jangan membeli sepatu dengan sol keras dan tidak fleksibel sampai si Kecil bisa berjalan dengan lancar. Karena sol sepatu yang keras dapat membuat si Kecil kesulitan ketika sedang berjalan. Jadi, pilihlah sepatu dengan sol lembut seolah si Kecil tidak merasa memakai sepatu.

2. Sepatu anti-slip

Pilihlah sepatu yang mencegah si Kecil terpeleset di lantai kayu atau ubin. Karena pada saat belajar berjalan, si Kecil masih belajar menyeimbangkan dirinya dan akan sering terjatuh. Sehingga sepatu yang licin akan berbahaya bagi keselamatannya.

3. Sepatu harus melindungi kaki si Kecil

Selain melindungi agar kakinya tetap hangat, sepatu si Kecil juga harus dapat melindunginya dari benda-benda tahan, basah, kotor atau panasnya aspal atau tanah. Sehingga ia merasa nyaman dan tidak kesakitan kala berjalan.

4. Sepatu harus mudah dipakai

Pilihlah sepatu yang mudah dipakai dan dilepas baik oleh Bunda ataupun oleh si Kecil sendiri. Sepatu dengan perekat atau tali elastis bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara sepatu dengan tali juga bisa menjadi pilihan, asalkan dipakai dengan benar dan sesuai dengan kaki si Kecil.

5. Ukuran sepatu harus sesuai di kaki si Kecil

Pastikanlah bahwa Bunda memilih sepatu dengan ukuran yang tepat. Caranya, coba pakaikan calon sepatu ketika si Kecil berdiri. Lalu tekan bagian ujung sepatu. Harus ada cukup ruang untuk semua jari masuk dan bergerak. Selain itu, perhatikan pertumbuhan kaki si Kecil pada setiap bulan. Karena di tahun pertamanya, kaki si Kecil akan berkembang pesat dan mengharuskan mengganti sepatu setiap dua-tiga bulan. Rata-rata si Kecil akan memakai 2 ukuran yang berbeda setiap tahunnya sampai usia 5 tahun.

6. Sepatu tidak harus mahal tapi jangan murahan

Pilihlah sepatu dengan kualitas yang baik, tidak hanya melihat modelnya yang lucu atau warnanya yang menarik. Selain itu, jangan tergoda dengan merek sepatu. Namun pastikan kualitasnya terlebih dahulu dan pastikan cocok di kaki si Kecil ya Bunda.

7. Sepatu dengan sirkulasi udara dan menyerap keringat

Kaki si Kecil biasanya berkeringat dua kali lipat daripada kaki orang dewasa. Pastikan Bunda memilih sepatu dengan bahan yang menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara sehingga kaki si Kecil dapat bernapas. Jangan memilih sepatu dengan bahan plastik atau jelly karena kaki si Kecil tidak akan dapat bernapas, memperbanyak produksi keringan, dan membuat kakinya lecet.

Yuk, Bunda pilih sepatu yang tepat dan nyaman bagi si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya yang optimal. Oh ya Bunda, jangan membeli sepatu di pagi hari ya, karena kaki akan tumbuh sekitar 5 persen pada akhir hari. Ketika mencoba sepatu, biarkan si Kecil memakainya dan berjalannya di toko selama 5 menit untuk memastikan ia benar-benar nyaman dengan sepatu barunya.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi