Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / 6 Cara Hadapi Si Kecil yang Suka Banting Barang

Feb 23, 2017

6 Cara Hadapi Si Kecil yang Suka Banting Barang

Share Article ini

Setelah menginjak usia 1 tahun, kemampuan si Kecil untuk menunjukkan apa yang diinginkannya semakin meningkat. Tetapi kemampuan bicara yang masih terbatas membuat ia menunjukkan emosi dengan berteriak atau menangis, kala keinginannya tak terpenuhi. Hal ini dilakukannya sebagai manifestasi atas rasa kesal yang ia rasakan. Ketika si Kecil marah lalu membanting atau melemparkan barang, Bunda bisa memberikannya stimulasi emosi yang membuat si Kecil merasa nyaman. Seperti dengan pelukan, ciuman, atau pun belaian. Lalu, jangan biarkan si Kecil marah atau menangis terlalu lama, segera berikan respons atas luapan emosinya. Beberapa tindakan berikut bisa Bunda lakukan untuk membantu si Kecil meredam emosinya:

1. Bantu si Kecil mengenali dan mengatur emosinya

Kemampuan si Kecil untuk mengenali dan mengatur emosinya adalah bagian dari kecerdasan emosional. Kemampuan mengenali ini akan membuatnya tahu ketika merasa sedih, senang, marah, atau pun kesal. Dengan demikian, ia akan terlatih untuk lebih peka sehingga bisa pula mengenali emosi orang lain, hingga dia memiliki rasa empati. Dengan kemampuan mengatur emosi, si Kecil bisa mengendalikan perasaannya sehingga emosinya tidak meledak-ledak. Ia pun akan menjadi lebih sabar.

2. Mengetahui apa yang menyebabkan si Kecil marah

Terkadang si Kecil meluapkan emosinya bukan karena marah atau sedih. Bisa juga sebab lapar, bosan, suasana lingkungan yang tidak mendukung atau lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Bunda dapat mencegah kemarahan si Kecil.

3. Menunjukkan contoh sikap tenang kepada si Kecil

Pada fase ini, si Kecil mempelajari sesuatu dari apa yang dilihat dan didengarnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu menunjukkan sikap tenang sehingga secara emosional si Kecil akan melakukan hal yang sama. Sebaliknya, jika lingkungan sekitar selalu menunjukkan emosional yang meledak-ledak, ia akan menganggap ini adalah hal yang wajar.

4. Memberikan pelukan dan rangkulan

Si Kecil akan menjadi lebih tenang ketika menerima pelukan. Ketika melakukannya, Bunda tidak perlu memeluknya terlalu erat, sebab bisa jadi ia malah menolak. Cukup pelukan yang memberikannya kenyamanan di saat ia sedang marah.

5. Ajak bicara

Di saat sudah tenang, ajak si Kecil untuk menceritakan apa yang menyebabkannya marah hingga membanting atau melempar barang. Berikan pengertian bahwa tindakannya melempar atau membanting barang tidak baik dan bisa merusak serta membahayakan. Yang pasti, jangan pernah menghakimi si Kecil karena apa yang telah dilakukannya. Bagaimana pun, ia masih dalam proses belajar dan butuh bimbingan.

DANCOW Lindungi si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi.