Home / Semua Usia / 3 - 5 tahun / 5 Cara Agar si Kecil Tidak Mudah Sakit

Jan 11, 2017

5 Cara Agar si Kecil Tidak Mudah Sakit


Rate Produk ini

Kini si Kecil semakin besar, sudah pintar dalam memilih sesuatu termasuk makanan yang mereka suka dan tidak suka. Ditambah maraknya jenis makanan yang beredar, semakin membuat si Kecil pintar dalam meminta apa yang mereka anggap menarik. Padahal tidak semua makanan yang dijual itu baik untuk kesehatan si Kecil. Hingga tidak pelak ia terjangkit penyakit.

Jenis penyakit yang ditimbulkan pun beragam, seperti infeksi saluran, batuk, alergi, demam, dan lain sebagainya. Tapi tidak perlu cemas, selama Bunda bisa memberikan asupan nutrisi yang baik, ia pun tidak mudah sakit. Berikut strategi yang bisa Bunda lakukan:

1. Nutrisi lengkap dan seimbang

Bunda pasti ingat dengan kalimat “mencengah lebih baik daripada mengobati”. Inilah yang menjadi kunci bagi Bunda untuk bisa tetap menjaga si Kecil agar terhindar dari berbagai virus penyakit. Cara yang paling sederhana dan mudah adalah selalu memberikan asupan nutrisi yang baik bagi si Kecil. Masaklah semua makanan sendiri agar terjaga kualitas nutrisi, juga kebersihannya.

Pastikanlah menu makanan yang Bunda berikan mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan si Kecil. Seperti sayuran dan buah kaya vitamin C dan A, dan juga protein yang bisa Bunda peroleh dari susu serta daging. Sementara karbohidrat kompleks dapat Bunda penuhi dari biji-bijian seperti beras merah dan gandum utuh.

2. Pastikan jam tidur yang cukup untuk si Kecil

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk membuat sistem kekebalan tubuh si Kecil lebih kuat sehingga mencegahnya dari penyakit. Ketika mengalami kesulitan tidur dan kualitas tidurnya terus menurun, ketahanan tubuh si Kecil pun akan melemah. Sehingga kuman penyakit bisa lebih mudah menginfeksi tubuhnya.

Untuk itu, pastikan si Kecil selalu tidur yang cukup setiap harinya. Secara kuantitas, si Kecil memerlukan waktu tidur sekitar 10-11 jam sehari. Sementara dari segi kualitas, ia mesti tertidur lelap dalam kondisi ruangan yang tenteram dan tidak banyak sinar atau suara.

3. Tidak berlebihan dalam menjaga kebersihan si Kecil

Tahukah Bunda, ada beberapa pola asuh yang bisa menurunkan daya tahan tubuh si Kecil, sehingga tubuhnya tidak terlatih untuk melawan penyakit. Misalnya, Bunda over protective atau melarang si Kecil untuk tidak bermain kotor-kotoran karena takut terkena bakteri jahat. Padahal sesungguhnya si Kecil membutuhkan beberapa paparan bakteri baik dan virus untuk berlatih memerangi bakteri jahat, yang mana hal ini merupakan cara kerja antibodi. Perhatikan juga cara penggunaan produk antibakteria, seperti anti-septik atau sanitizer, pada si Kecil. Karena hal tersebut bisa saja membunuh bakteri baik yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh si Kecil.

4. Jauhkan si Kecil dari paparan asap rokok

Seperti Bunda ketahui, asap rokok banyak mengandung zat kimia yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh orang yang menghirupnya. Bayangkan jika si Kecil yang terpapar asap rokok. Tubuh mereka yang belum memiliki imunitas sempurna pun akan lebih rentan terkena beragam penyakit dan infeksi pernapasan.

5. Mengajak si Kecil rutin berolahraga

Olahraga yang cukup bisa membuat si Kecil semakin sehat dan kuat. Terlebih bila dilakukan bersama Bunda. Tidak perlu mengajaknya melakukan olahraga yang mahal. Bunda cukup mengajak si Kecil untuk sekedar ber-jogging setiap pagi di sekitar kompleks rumah. Dengan berolahraga, si Kecil akan mendapat manfaat Vitamin D yang baik untuk tulang. Sehat dan menyenangkan kan Bunda.

DANCOW Bisa Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi