Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Wah Si Kecil Sudah Bisa Jalan, Simak Cara Mengajari Anak Bicara Yuk!

Wah Si Kecil Sudah Bisa Jalan, Sekarang Ajari Bicara Yuk!

Jun 08, 2015

Wah Si Kecil Sudah Bisa Jalan, Simak Cara Mengajari Anak Bicara Yuk!

Share Article ini

Setelah setahun berlalu si Kecil akhirnya bisa berjalan. Sembari mengajarinya agar semakin lancar, yuk ajari juga belajar berbicara

Senangnya melihat tahap-tahap si Kecil yang berada di tahapan usia 1+. Biasanya tanda-tanda perkembangan kemampuan psikomotoriknya mulai terlihat jelas, seperti merangkak, berdiri, dan berjalan sendiri.

Nah, setelah menguasai kemampuan fisik tersebut, sudah waktunya Bunda mengasah kemampuan bahasanya dengan cara mengajari anak bicara. Tengok tips-tipsnya berikut ini ya.

Tanda Perkembangan Bahasa

Untuk mengetahui laju tumbuh kembang si Kecil, terutama dalam bidang bahasa, ada beberapa tanda, seperti menggunakan 2-3 kata pada umur 12-15 bulan, memahami dan mengikuti perintah sederhana saat berusia 14-16 bulan, dan dapat menyebutkan nama barang, hewan, atau namanya sendiri ketika menginjak usia 2 tahun.

Perkembangan kemampuan pada setiap anak berbeda-beda, jadi tidak perlu terlalu cemas jika merasa si Kecil tertinggal dari teman-teman seusianya. Konsultasikan pada dokter tentang apa yang Bunda khawatirkan untuk mendapatkan solusi cara mengajari anak bicara yang tepat.

Membacakan Cerita

Salah satu cara mengajari anak bicara yang efektif untuk menstimulasi kemampuan bahasanya adalah dengan membacakan cerita. Pilih buku yang ceritanya sederhana, bergambar besar, dan penuh warna untuk menarik perhatiannya. Dengan kebiasaannya yang masih suka menggigiti barang, lindungi si Kecil dari risiko tersedak dengan membeli jenis buku yang aman dan tahan lama, misalnya berbahan spons, kain, atau karton tebal.

Bacakan cerita kapan dan di mana saja, tidak hanya terbatas sebagai pengantar tidur, bisa juga saat makan, bermain, bahkan mandi. Semakin banyak kata-kata yang didengar, semakin baik pula kemampuan bicaranya.

Bernyanyi Bersama

Lagu bisa jadi media yang tepat untuk mengajar si Kecil cara berbicara yang baik. Nyanyikan lagu berdurasi singkat dan mudah diingat, seperti Burung KakakTua, Naik Naik Ke Puncak Gunung, atau Balonku. Selain menambah kosa kata baru, mendukung stimulasinya lewat bernyanyi terbukti efektif dan mudah dipahami. Tidak lupa tambahkan gerakan, suara-suara seru, dan ekspresi wajah yang lucu agar lebih menarik dan tidak membosankan.

Flash Card

Salah satu metode yang sedang populer akhir-akhir ini adalah bereksplorasi dengan flash card. Media ini menggunakan kartu bergambar yang ditunjukkan pada si Kecil untuk membantu penyebutan nama-nama benda yang dilihatnya, seperti hewan dan barang-barang yang ada di sekitarnya. Agar hasilnya lebih optimal, tunjukkan flash card saat ia dalam kondisi fit, kenyang, dan tidak rewel. Batasi durasi penggunaannya agar tidak cepat merasa bosan.

Agar lebih maksimal, Bunda bisa memberikan dukungan stimulasi berbahasa dengan aplikasi Stimulearn. Sebab, di dalamnya terdapat ide aktivitas interaktif baik online maupun offline untuk mengasah kemampuan kognitif si Kecil maupun bahasanya. Unduh aplikasinya dengan mudah di sini.