Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Mencegah Si Kecil dari Obesitas

Nov 25, 2016

Mencegah Si Kecil dari Obesitas


Rate Produk ini

Si Kecil tumbuh dengan subur. Saking suburnya, Bunda terkadang merasa bila berat badan si Kecil bertambah secara tidak wajar. Kalau sudah begitu, Bunda sebaiknya waspada. Jangan-jangan si Kecil mengalami obesitas.

Apa itu obesitas? Menurut dokter spesialis anak Soedjatmiko, obesitas berbeda dengan gemuk. Dalam ilmu kedokteran, gemuk bisa terjadi karena faktor genetis. Bagi si Kecil, kondisi badan gemuk tidak akan bermasalah selama berat badannya tak berlebihan dan ia tetap aktif bereksplorasi.

Sementara ketika mengalami obesitas, bobot badan si Kecil akan meningkat secara tidak normal, pipi yang terlalu tembem, dagu berlipat, dan leher yang terkesan terlalu pendek akibat terlalu banyak makan. Pada umumnya, obesitas terjadi karena si Kecil mengonsumsi karbohidrat dan lemak yang tidak seimbang sesuai usia tumbuh kembangnya. Sehingga ia memiliki kelebihan lemak dalam tubuh. Lemak dalam tubuh ini menyebabkan si Kecil mudah terserang penyakit seperti kelainan hormon dan jantung.

Berikut beberapa penyebab obesitas yang perlu Bunda ketahui:

1. Riwayat Keluarga

Dalam penelitian Victoria Henuhili, berjudul Gen-gen Penyebab Obesitas dan Hubungannya dengan Perilaku Makan, salah satu faktor penyebab si Kecil obesitas adalah faktor keturunan. Dituliskan bila anak-anak yang berasal dari orang tua berbadan normal akan mempunyai peluang 10 persen menjadi gemuk.

Peluang itu akan bertambah menjadi 40-50% bila salah satu orang tua menderita obesitas. Dan akan meningkat menjadi 70-80% bila kedua orang tua menderita obesitas.

2. Kebanyakan Mengonsumsi Garam

Minim asupan garam bisa membuat si Kecil kekurangan yodium yang berguna untuk perkembangan otak si Kecil. Namun terlalu banyak mengonsumsi garam bisa memicu penyebab obesitas pada si Kecil. Kenapa? Karena zat yang terkandung di garam mampu mengikat lemak dalam tubuh.

3. Pola Makan yang Buruk

Seringnya si Kecil menyantap menu junk food makan dengan porsi berlebihan akan menyebabkan obesitas. Variasi menu junk food seperti kentang goreng dan hamburger memang dianggap enak oleh anak-anak. Tetapi makanan itu tidak memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh si Kecil.

4. Stres

Stres bisa menjadi penyebab obesitas pada si Kecil. Penyebab stres pada anak sendiri terpicu kejadian atau perubahan fundamental yang dialami si Kecil. Seperti berpisah dengan orang tua, perceraian orang tua, pindah ke lingkungan baru, dan lain-lain.

5. Kurangnya Aktivitas Fisik

Biasanya anak-anak suka bermain, baik kejar-kejaran, bermain bola, atau petak umpet. Tetapi zaman sekarang, si Kecil cenderung memilih bermain game online dan betah duduk berjam-jam di depan layar komputer atau gadget. Kurangnya aktifitas fisik seperti ini menyebabkan si Kecil bisa terkena obesitas.

Nah, agar si Kecil tidak menderita obesitas, berikut sejumlah hal yang harus Bunda perhatikan:

a. Selalu Sediakan Sayur dan Buah

Mengonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan bagi si Kecil. Namun banyak anak yang tidak doyan jenis makanan ini. Karenanya Bunda perlu menanamkan pemahaman sejak dini kalau buah sangat penting dan lebih baik ketimbang makanan manis atau junk food. Bunda bisa melindungi si Kecil dari obesitas bila membiasakannya memakan buah kala merasa lapar.

b. Periksa Berat Badan Si Kecil Secara Rutin

Memeriksa berat badan secara berkala dapat membantu Bunda mengetahui apakah si Kecil kelebihan berat badan atau tidak. Caranya mudah. Kali dua usia si Kecil lalu ditambah delapan ((2xumur)+8), hasilnya adalah berat ideal.

c. Hindari Makanan Junk Food

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu juga dengan masalah obesitas ini. Lebih baik Bunda mulai mengurangi atau menghentikan kebiasaan si Kecil makan menu junk food dan mulai menyajikan menu sehat di rumah.

Mungkin sesekali menyantap hidangan junk food boleh saja, tetapi jangan menjadi rutinitas. Terapkan peraturan kalau si Kecil bisa ke restoran cepat saji hanya sekali setiap sebulan. Tidak lebih.

d. Perbanyak Aktivitas Fisik

Si Kecil malas keluar rumah karena sibuk bermain game atau duduk di depan komputer? Nah, ini saatnya Bunda membawa si Kecil keluar rumah untuk olahraga, jalan-jalan, atau membersihkan kebun. Aktivitas ini bisa mengeluarkan keringat dan membuat si Kecil lebih bugar sekaligus menghindari obesitas.

e. Jaga Pola Makan Si Kecil

Disarankan Bunda memperhatikan asupan dan pola makan si Kecil seperti memperbanyak konsumsi buah dan susu. Berikan porsi makanan yang sesuai dan jangan terlalu berlebihan. Hindari minuman dan makanan manis dan selalu bekali si Kecil dengan makanan dari rumah bila bepergian. Cara ini cukup effektif untuk mencegah si Kecil jajan.

Memiliki si Kecil yang montok dan lucu memang menyenangkan. Namun Bunda pasti ingin si Kecil tumbuh sehat, tumbuh kuat dengan berat badan yang normal bukan?

DANCOW Bisa Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi