Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Lindungi Saluran Cerna dengan Serat Pangan Inulin

Lindungi Saluran Cerna dengan Serat Pangan Inulin

Aug 28, 2015

Lindungi Saluran Cerna dengan Serat Pangan Inulin

Share Article ini

Salah satu manfaat serat inulin adalah menjaga saluran cerna agar tetap sehat. Serat inulin dapat diperoleh dari susu pertumbuhan DANCOW EXCELNUTRI+. Simak sumber asupan serat inulin lainnya dari buah-buahan ya!

Pada tahapan usia 1+, si Kecil harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Tidak hanya mengoptimalkan tumbuh kembang, tapi juga mendukung eksplorasinya dan meningkatkan kemampuan kognitifnya. Di samping itu, tidak mudah untuk bersikap tenang, saat membiarkan mereka bereksplorasi, sehingga salah satu cara yang paling tepat untuk mendukung proses belajarnya dengan memberikan perlindungan dari dalam, seperti asupan nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup dan aktivitas fisik yang teratur.

Salah satu nutrisi penting dalam menu harian si Kecil adalah serat pangan inulin. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jenis Serat Pangan Inulin

Menurut Pedoman Gizi Seimbang (PGS), serat pangan inulin banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Di samping itu, dalam jumlah yang tidak begitu banyak juga ditemukan dalam serealia seperti beras merah, gandum, dan biji-bijian. Sekitar 35% kandungan serat dalam pangan merupakan serat larut dan 45% termasuk ke dalam serat tak larut. Sedangkan sisanya berupa materi lain. Serat tidak larut dapat menyerap air tetapi tidak larut di dalamnya. Fungsinya untuk melancarkan proses pencernaan. Sebaliknya, serat larut akan larut dalam air dan mampu mengikat lemak, sehingga lemak tersebut tidak ikut terserap ke dalam tubuh melainkan dikeluarkan bersama feses.

Manfaat Serat Pangan Inulin bagi Kesehatan Tubuh

Akhir-akhir ini, obesitas pada anak-anak meningkat yang dapat menghambat kegiatan bermain dan bereksplorasi mereka. Memasukkan serat pangan inulin dalam menu sehari-hari, dapat membantu menjaga berat badan yang ideal, dengan cara membuat perut kenyang lebih lama, sehingga menekan nafsu makan.

Serat pangan inulin pada makanan dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Tingkatkan konsumsi serat pangan inulin secara bertahap dan imbangi dengan konsumsi cairan yang cukup.

Sumber Serat Pangan Inulin dari Buah-Buahan

Salah satu sumber serat inulin bisa didapatkan dari buah-buahan. Menyarankan untuk memasukkan buah-buahan dalam menu harian sekeluarga, seperti saat sarapan atau sebagai kudapan sehat. Selain itu, sajikan buah-buahan yang bisa dimakan dengan kulitnya, seperti apel, pir dan strawberry. Sumber serat pangan inulin lainnya yang tak kalah berlimpah, dapat Bunda peroleh dari pisang, jeruk dan juga alpukat.

Selain buah-buahan, asupan serat pangan inulin si Kecil bisa didapatkan dengan mengkonsumsi DANCOW EXCELNUTRI+. Di dalamnya juga terkandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum, Vitamin A, C, E, Selenium, dan Zink yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Pada akhirnya, perpaduan cinta Bunda dan nutrisi yang Bunda berikan dapat memberikan yang terbaik untuk si Kecil. DANCOW Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi.