Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Lima Cara Menyenangkan Kenalkan Huruf ke Si Kecil

Nov 25, 2016

Lima Cara Menyenangkan Kenalkan Huruf ke Si Kecil


Rate Produk ini

Merangsang minat si Kecil terhadap membaca bisa dilakukan Bunda sejak dini. Sebab ini juga bagian dari stimulasi kemampuannya dalam berbahasa. Karena di usia usia 1 tahun, ia tengah berada dalam fase bermain. Karena itu, Bunda bisa memberikan stimulasi bahasa melalui permainan. Misalnya:

1. Mengenalkan huruf dengan cara bernyanyi melalui lagu anak
Ada beberapa lagu anak yang liriknya mengenai alfabet. Bunda bisa menyanyikannya untuk si Kecil sembari menunjukkan bentuk dan hurufnya melalui balok huruf atau magnet huruf. Sambil bernyanyi, susun balok atau tempel magnet huruf di kulkas sesuai abjad.

2. Menggunakan flash card
Flash card adalah kartu bergambar yang akan menarik perhatian si Kecil. Biasanya, flash card memiliki gambar yang lengkap dengan tulisan nama benda itu. Ada pula yang hanya memuat gambar seperti hewan, buah, anggota tubuh, dan lain-lain. Jika ingin berkreasi, Bunda bisa membuat flash card sendiri. Caranya:

a) Flash card terbuat dari kertas putih kaku. Bunda bisa menggunakan kertas karton atau manila putih.
b) Tulis kata pada setiap kartu dengan spidol besar berwarna mencolok. Misalnya merah, sehingga menarik perhatian si Kecil.
c) Tulis huruf dengan rapi dan jelas, serta bentuk yang sederhana dalam huruf kecil.
d) Untuk gambar, Bunda sebaiknya memilih yang berukuran cukup besar. dan bisa mengambil gambarnya dari buku mewarnai. Agar lebih menarik, warnailah gambar tersebut.
e) Bunda bisa membuat kartu ini dengan tampilan bolak-balik. Satu sisi berisi gambar, sedangkan sisi lainnya tercantum kata.

3. Permainan jari sambil bernyanyi
Bunda bisa mengajak si Kecil mengenali huruf dengan melakukan permainan jari. Bagaimana caranya? Bentuklah huruf-huruf dengan menggunakan jari sambil bernyanyi. Misalnya, untuk membentuk huruf “A”, menggunakan dua jempol dan dua telunjuk membentuk segitiga yang menyerupai huruf “A”. Huruf “B”, dengan satu telunjuk kiri berdiri tegak, kemudian telunjuk kanan dan jempol kanan membentuk setengah lingkaran yang ditempelkan ke jari telunjuk kiri. Bentuknya akan menjadi huruf “B” kecil. Demikian huruf lainnya, sesuai kreasi Bunda.

4. Menggunakan karpet huruf
Karpet alas bermain si Kecil bisa pula menjadi media belajar huruf. Bunda bisa mencari karpet bergambar huruf-huruf dengan warna-warna cerah yang menarik perhatiannya. Metode ini, selain menarik, juga akan efektif mengenalkan huruf kepada dia sambil bermain.

5. Permainan mencari dan mengumpulkan huruf
Dalam permainan ini, Bunda bisa membuat huruf-huruf pada sebuah karton yang dipotong dengan ukuran yang sama. Setiap huruf A-Z dibuat dalam 3-4 potong. Tempelkan karton pada lidi, kemudian letakkan secara acak. Selanjutnya, Bunda bisa mengajak si Kecil mengumpulkan huruf yang sama dan memasukkannya dalam botol atau kaleng bekas yang telah disiapkan. Jangan lupa berikan pujian dan melakukan permainan ini dengan riang. Selamat mencoba, Bunda!

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi