Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Kehabisan Ide Main Bersama Si Kecil? Coba Mainan DIY Ini!

May 16, 2018

Kehabisan Ide Main Bersama Si Kecil? Coba Mainan DIY Ini!

Share Article ini

Ciri pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal, bisa dilihat dari seberapa aktif Si Kecil bermain. Melalui aktivitas ini ia dapat belajar hal baru dan juga mengembangkan kreativitasnya. Oleh sebab itu, Bunda perlu mendukung Si Kecil aktif bermain dan juga meluangkan waktu untuk main bersamanya. Kira-kira permainan seru apa ya, yang bisa dilakukan di rumah?

Ada banyak permainan sederhana dan menyenangkan yang bisa Bunda lakukan bersama Si Kecil. Salah satunya, mainan edukasi yang bisa dibuat sendiri (Do It Yourself) oleh Bunda bersama Si Kecil. Melihat Si Kecil bermain dengan sesuatu yang merupakan hasil kreasi sendiri, tentunya sangat menyenangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa idenya, sudah siap mencatat?

  • Boneka Tangan & Jari 

Yuk, buat boneka sederhana! Bunda membutuhkan sarung tangan atau kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Tambahkan detail seperti mata dan mulut dengan menggunakan spidol berwarna. Bisa juga minta bantuan Si Kecil untuk melakukan tugas sederhana, misalnya menempelkan kancing sebagai mata, atau kain tak terpakai sebagai rambutnya menggunakan lem. Setelah selesai didekorasi, boneka siap digunakan untuk bermain. Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat pertunjukan boneka dengan cara mendongeng. Selain membantu mengembangkan imajinasi Si Kecil, menurut studi yang dilakukan Department of Science and Research Branch, Islamic Azad University, Iran, permainan ini juga dapat mendukung kemampuan bahasa, mengenalkan konsep kesadaran diri, dan rasa empati terhadap orang lain.

  • Kotak Tekstur

Mainan yang satu ini dapat melatih indera sentuh Si Kecil terhadap berbagai tekstur. Cara membuatnya, siapkan kotak dari kayu atau kardus bekas. Lalu, pilih beberapa bahan dengan tekstur yang berbeda-beda. Bunda bisa menggunakan kapas, bagian dalam dus yang bergelombang, hingga kertas kado bertekstur mirip kulit jeruk. Bantu Si Kecil menempelkan beragam bahan tersebut ke masing-masing sisi kotak. Lalu, ajak Si Kecil menyentuh bahan tersebut satu per satu, dan katakan padanya sensasi yang dirasakan kulit. Misalnya, “lembut” untuk kapas, “kasar” untuk bahan bertekstur kulit jeruk, dan seterusnya.

Lembaga nonprofit Australia yang fokus di bidang pendidikan anak, Goodstart, menyarankan agar Si Kecil melakukan permainan sensorik seperti ini. Tujuannya untuk mendukung perkembangan saraf dalam memroses imformasi ke otak, mengoptimalkan perkembangan motorik halus, dan melatih proses berpikir.

  • Color & Shapes

Permainan ini bisa Bunda buat dari bekas kardus yang digunting menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari lingkaran, kotak, segitiga, hingga bentuk bintang. Tempel masing-masing bentuk dengan kertas berwarna berbeda sesuai bentuknya. Ajari Si Kecil untuk mengelompokkan potongan kardus sesuai bentuk dan warnanya. Permainan ini dapat melatih konsentrasi Si Kecil, serta kemampuan motorik halusnya. Sambil bermain, perkenalkan juga warna apa yang sedang dikelompokkan Si Kecil ya, Bunda.

  • Stick Puzzle

​Salah satu ciri pertumbuhan anak satuh tahun adalah mengenal gambar dan mengingat namanya. Dukung perkembangan Si Kecil dengan permainan puzzle ini. Buatlah gambar dengan bentuk sederhana yang mudah dikenali Si Kecil, bisa mobil, rumah, atau pohon, pada stik es krim yang telah disusun. Lalu, beri nomor di tiap sisi ujung stik es krim. Ajak Si Kecil untuk mengurutkan susunan stik es krim berdasarkan nomor yang tertera. Dengan begitu Si Kecil bisa belajar berhitung dan sekaligus menyusun gambar menjadi bentuk yang seharusnya. Seru, kan Bunda?

Selain keempat ide permainan di atas, tentunya masih banyak permainan lainnya yang bisa Bunda buat sendiri di rumah. Yang terpenting, Bunda perlu terus mendukung tahapan tumbuh kembang Si Kecil dengan memastikan ia mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Untuk itu, berikan Si Kecil makanan sehat bergizi lengkap seimbang. Susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+  mengandung minyak ikan, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, untuk membantu mencukupi nutrisi Si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.

Asupan nutrisi yang tercukupi dapat mendukung perlindungan kesehatan Si Kecil dari risiko infeksi kuman penyebab penyakit. Dengan begitu Bunda bisa memberikan kesempatan Si Kecil untuk belajar banyak hal baru, tanpa perlu khawatir berlebihan. Jadi, jangan ragu katakan “Iya boleh” pada Si Kecil. Berbagai tips seputar mendukung Si Kecil dalam bereksplorasi bisa Bunda cek di #IyaBoleh.

Yuk, dukung eksplorasi Si Kecil melalui beragam permainan DIY! Ini menjadi salah satu cara menarik untuk mendorong Si Kecil makin aktif. Anak yang aktif bereksplorasi adalah salah satu ciri pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.